11 Tenaga Medis RSUP Haji Adam Malik Terpapar Covid-19

11 Tenaga Medis RSUP Haji Adam Malik Terpapar Covid-19
Ilustrasi ruang perawatan pasien positif "corona". (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / CAH Rabu, 15 Juli 2020 | 18:39 WIB

Medan, Beritasatu.com - Sebanyak 11 orang tenaga medis yang meliputi dokter, perawat dan tenaga administrasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Sumatera Utara (Sumut), dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Sub Bagiaj Humas RSUP Haji Adam Malik Medan, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, sebelas orang yang dinyatakan positif itu tidak terpapar saat menjalani tugasnya di rumah sakit milik pemerintah itu.

"Mereka tertular virus corona dari orang tanpa gejala saat bepergian. Dapat dipastikan bahwa tenaga medis kita itu terpapar di tempat lain, bukan di rumah sakit ini," ujar Rosario Dorothy, Rabu (15/7/2020). 

Baca Juga: GTPP Covid-19 Sumut Masih Gencar Lakukan Tes Swab

Rosario menambahkan, dari 11 orang yang terpapar virus corona, 6 orang di antaranya dirawat di ruang isolasi di rumah sakit tersebut. Sebanyak 5 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing - masing.

"Untuk 6 orang yang dirawat di ruang isolasi, terdiri dari seorang dokter dan 5 orang tenaga administrasi. Sedangkan 5 orang yang melakukan isolasi mandiri, terdiri dari seorang dokter, seorang perawat, serta 3 orang tenaga administrasi," jelasnya.

Baca JugaLonjakan Kasus Covid-19 di Sumut karena Pemeriksaan Masif

Selain menyampaikan tenaga medis yang dinyatakan terpapar, Rosario mengungkapkan, sebanyak 7 orang tenaga medis yang sebelumnya menjalani perawatan karena positif Covid-19, dinyatakan sudah sembuh.

"Tujuh orang dimaksud bukan dari 11 tenaga medis yang dinyatakan positif. Sebelum 11 orang terpapar, ada 7 orang tenaga medis kita yang menjalani perawatan. Mereka sudah pulang namun menjalani isolasi mandiri selama 14 hari," sebutnya. 



Sumber: BeritaSatu.com