Prabowo Berharap Hadirkan 500 Rantis Maung Saat HUT TNI

Prabowo Berharap Hadirkan 500 Rantis Maung Saat HUT TNI
Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, saat mengendarai kendaraan taktis (rantis) Maung, produksi PT Pindah. (Foto: Twitter Prabowo Subianto)
Markus Junianto Sihaloho / JAS Kamis, 16 Juli 2020 | 15:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mengikuti perintah Presiden Joko Widodo agar pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) mendahulukan produksi dalam negeri, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyatakan pihaknya menantikan datangnya 500 unit kendaraan taktis (rantis) Maung buatan PT Pindad.

"Kita berharap Oktober sudah selesai," kata Prabowo menjawab wartawan, Kamis (16/7/2020).

Menhan Prabowo Subianto saat menjajal kendaraan taktis (rantis) Maung produksi PT Pindad.

Diharapkan pada ultah TNI di Oktober mendatang, rantis itu sudah dapat dihadirkan. Menurut Prabowo, rantis Maung itu merupakan produk industri pertahanan dalam negeri. Dengan demikian, niat Pemerintahan Jokowi yang ingin menghidupkan industri dalam negeri serta lapangan kerja dalam negeri bisa tercapai.

"Kita ingin tingkatkan pendapatan bangsa kita. Jadi memang presiden garisnya industri dalam negeri harus dibangkitkan. Ya kita dukung lewat sektor pertahanan," kata Prabowo.

Sementara untuk alutsista yang memang belum bisa diproduksi di dalam negeri sesuai spesifikasi kebutuhan militer Indonesia, mau tak mau harus dipesan dari luar negeri. "Ada beberapa yang kita butuh dari luar negeri, ya kita cari dari luar negeri," kata Prabowo.

Diketahui, Maung merupakan kendaraan taktis yang bisa berfungsi dalam perang jarak dekat. Mobil tempur ini memiliki mesin berkapasitas 2.400 cc.

Selain itu, Maung pun dilengkapi sistem tenaga penggerak pada keempat rodanya (4WD), suspensi independen, serta dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, dan perangkat GPS.

Maung memiliki kecepatan aman hingga 120 km per jam, transmisi manual 6 kecepatan, dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Harga per unitnya sekitar Rp 600 juta.

Kendaraan taktis (Rantis) Maung, produksi PT Pindad.



Sumber: BeritaSatu.com