Permudah Layanan di Sektor Transportasi Laut, Kemhub Luncurkan Aplikasi Sehati

Permudah Layanan di Sektor Transportasi Laut, Kemhub Luncurkan Aplikasi Sehati
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan aplikasi Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi (Sehati) untuk memfasilitasi dan mempermudah seluruh proses layanan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. (Foto: Istimewa)
Thresa Sandra Desfika / JAS Kamis, 16 Juli 2020 | 16:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) meluncurkan aplikasi Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi (Sehati) untuk memfasilitasi dan mempermudah seluruh proses layanan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H Purnomo mengatakan, dengan aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengakses pelayanan secara online dengan lebih mudah, efektif, dan efisien sehingga dapat membantu memutus penyebaran Covid-19 dengan mengurangi frekuensi pemberian layanan kepada masyarakat secara tatap muka.

“Ini merupakan upaya kita menuju satu data Perhubungan Laut, melalui satu pintu untuk semua pelayanan yang ada pada Ditjen Perhubungan Laut, baik di pusat maupun daerah. Dengan demikian, hadirnya aplikasi Sehati ini diharapkan dapat membuat proses perizinan menjadi lebih mudah, transparan, dan realtime,” ujar Agus di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Agus menjelaskan, aplikasi Sehati juga telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain, baik internal Ditjen Perhubungan Laut maupun eksternal Kementerian Perhubungan, di antaranya Online Single Submition (OSS) milik BKPM dan Sistem Informasi PNBP Online (Simponi) milik Kementerian Keuangan.

"Proses pengajuan dan monitoring untuk semua pelayanan di bidang perhubungan laut pun dapat dilaksanakan secara terpadu melalui satu pintu, serta telah memiliki digital signature atau sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik,” tuturnya.

Agus menyadari bahwa pembangunan aplikasi Sehati ini tidak akan terlaksana tanpa adanya dukungan dan sinergi dari berbagai pihak. Untuk itu, Ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut beserta seluruh pihak yang telah bekerja keras melakukan sebuah inovasi dan integrasi pelayanan melalui aplikasi ini.

"Semoga aplikasi Sehati ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas, termasuk bagi jajaran Ditjen Perhubungan Laut untuk selalu bekerja dengan hati,” kata dia.



Sumber: BeritaSatu.com