2021, Kempupera Tetap Berikan Subsidi Rumah Bagi MBR

2021, Kempupera Tetap Berikan Subsidi Rumah Bagi MBR
Ilustrasi perumahan. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putera)
Imam Muzakir / JAS Kamis, 16 Juli 2020 | 21:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) memastikan bahwa anggaran subsidi perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) masih terus dilaksanakan, meski sudah ada Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

“Kami pastikan bahwa, anggaran subsidi untuk MBR dan pekerja informal ini masih ada, karena pemerintah masih menganggarkan dana subsidi pada tahun 2021,” ungkap Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kempupera, Eko Djoeli Heripoerwanto, dalam seminar Webinar, di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Jadi, kata Eko, PPDPP Kementerian PU sebagai pengelola dana FLPP masih ada sampai Tapera betul-betul siap dan bisa memberikan pelayanan bagi pekerja informal maupun formal di luar Aparatur Sipil Negara (ASN).

“BP Tapera belum berpisah penuh, PUPR (Kempupera) masih bekerja menjaga pelayanan kepada MBR di luar ASN tetap jalan dengan SSB, BP2BT, SBUM dan lainnya. Jadi tidak perlu perlu khawatir dana mengganggu pelayanan,” katanya.

Sementara itu, Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, BPT Tapera akan memfokuskan pembiayaan perumahan dalam ASN karena pegawai sipil ini sudah dilakukan pemotongan gaji lewat Bapertarum dan saat ini BPT Tapera melakukan pendataan ASN yang masih aktif dan pensiun. “Diharapkan semua sudah beres dan 2021 kita bisa jalan,” kata Adi.

Ditargetkan BP Tapera ini sampai dengan 2024 menargetkan bakal membangun 500.000 unit rumah dana yang dikhususkan ASN. ”Pada masa periode saat ini, Tapera akan fokus kredibilitas kepada masyarakat,” ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com