Bolos Setahun, 4 ASN Pemkab Kepahiang Dipecat

Bolos Setahun, 4 ASN Pemkab Kepahiang Dipecat
Ilustrasi aparatur sipil negara. (Foto: Antara)
Usmin / FMB Selasa, 21 Juli 2020 | 13:28 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Sebanyak empat aparatur sipil negeri (ASN) Pemkab Kepahiang, Bengkulu dipecat karena sudah lebih satu tahun tidak masuk kantor tanpa ada keterangan alias bolos.

Pejabat Inspektorat Kabupaten Kepahiang, Harun, di Bengkulu, Selasa (21/7/2020) membenarkan ada 4 ASN Pemkab Kepahiang diusulkan berhenti tidak hormat karena satu tahun lebih tidak masuk kantor tanpa keterangan.

"Ada empat ASN di Pemkab Kepahiang kita usulkan untuk dipecat karena sudah setahun lebih tidak masuk kantor tanpa keterangan. Sesuai Undang-Undang ASN bagi PNS tidak masuk kantor selama 40 hari berturut-turut langsung diproses untuk dipecat," ujarnya.

Pemecatan ASN ini untuk memberikan pelajaran bagi ASN lain agar tidak melakukan hal yang sama dikemudian hari. "Saya berharap kasus ini tidak kembali terulang di masa mendatang," ujarnya.

Namun, Harun tidak menyebutkan secara pasti identitas empat ASN yang akan dipecat tersebut. "Yang jelas, empat ASN tersebut, selama ini bertugas di lingkungan Sekretariat Pemkab Kepahiang," ujarnya.

Selain itu, seorang oknum Pemkab Kepahiang, HS yang tertangkap dalam kasus narkoba, juga diusulkan untuk dipecat secara tidak hormat dari PNS.

Sekda Kabupaten Kepahiang, Zamzmami mengatakan, setiap ASN yang melakukan kesalahan akan diberikan sanksi tegas sesuai hukum yang berlaku tanpa pandang bulu.

"Kita tidak memberikan toleransi kepada ASN yang melakukan kesalahan, termasuk empat ANS yang tidak masuk lebih dari satu tahun dipastikan kita tindak sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com