Wamenhan Buka Diksarmen Mahasiswa S1 Unhan

Wamenhan Buka Diksarmen Mahasiswa S1 Unhan
Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono didampingi Rektor Unhan Laksdya Amarulla Octavian saat membuka secara resmi Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) Chandradimuka Kadet Mahasiswa S1 Universitas Pertahanan (Unhan) di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis, 23 Juli 2020. (Foto: Istimewa)
Asni Ovier / AO Jumat, 24 Juli 2020 | 07:51 WIB

Magelang, Beritasatu.com - Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono membuka secara resmi Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) Chandradimuka kadet mahasiswa S1 Universitas Pertahanan (Unhan) di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/7/2020). Sebanyak 242 kadet mahasiswa S1 Unhan terdiri atas 10 program studi (prodi) S1 baru di bawah empat fakultas baru, yakni Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas Farmasi Militer, Fakultas MIPA Militer, dan Fakultas Teknik Militer.

Upacara yang berlangsung di Lembah Tidar tersebut berjalan dengan khidmat dihadiri oleh Rektor Unhan Laksamana Madya Amarulla Octavian berserta pejabat eselon 1 dan 2 Unhan, pejabat eselon 1 di lingkungan Kementerian Pertahanan, Pangdam IV/Diponegoro beserta staf, para pejabat Mabes TNI dan ketiga Mabes Angkatan, pejabat di lingkungan Akmil, Polda Jateng serta tamu undangan lainnya.

Setelah melalui seleksi yang ketat sejak awal Mei 2020, para kadet mahasiswa S1 akan ditempa fisik dan mental sebagai prajurit TNI untuk memulai langkah awal pengabdian mereka kepada negara dan bangsa Indonesia. Diksarmil akan berlangsung selama satu bulan yang bertujuan untuk membentuk karakter prajurit sejati intelektual bela negara.

Materi Diksarmil berikutnya adalah membentuk kecakapan militer perorangan dan jiwa korsa satuan serta kebanggaan sebagai prajurit pembela Pancasila dan UUD 1945.

"Prodi S1 baru Unhan ini sejalan dengan program pemerintah guna mewujudkan visi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan sumber daya manusia unggul Indonesia menuju 2045. Program pendidikan ini akan terus berlanjut setiap tahun untuk menghasilkan para perwira TNI dengan kualitas keilmuan yang tinggi menghadapi berbagai bentuk ancaman peperangan modern di masa mendatang. Program ini juga selaras dengan Peta Jalan Unhan menjadi World Class Defense University pada 2024," ujar Rektor Unhan Laksdya Amarulla Octavian.

Kegiatan Diksarmil akan diawasi secara ketat oleh para tenaga medis untuk memastikan semua protokol kesehatan menghadapi Covid-19 dipatuhi, seperti karantina, menjaga jarak, menggunakan masker, dan senantiasa mencuci tangan.



Sumber: BeritaSatu.com