Menpora Ingin Perguruan Tinggi Bangun Semangat Kewirausahaan

Menpora Ingin Perguruan Tinggi Bangun Semangat Kewirausahaan
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat membuka Kuliah Kewirausahaan Tahap I Tahun 2020 secara virtual, Kamis (23/7/2020). (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Sabtu, 25 Juli 2020 | 06:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap perguruan tinggi membangun semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswanya. Untuk itu, Kempora bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam menyelenggarakan Kuliah Kewirausahaan Tahap I Tahun 2020.

Kegiatan yang mengangkat tema "Menumbuhkan Minat Kewirausahaan dan Menguatkan Mindset Wirausaha" ini diselenggarakan secara virtual pada Kamis lalu (23/7/2020).

Dalam sambutannya, Menpora menyatakan mendorong kewirausahaan pemuda merupakan salah satu dari lima program prioritas Kempora untuk tahun 2020-2024. Kelima program prioritas ini telah menjadi panduan bagi Kempora dalam melaksanakan kegiatan.

"Alhamdulilah, satu demi satu program prioritas ini bisa kami lakukan secara perlahan tapi pasti," kata Menpora Zainudin.

Dirinya menyatakan, kementerian memiliki tugas untuk menangani pembangunan sumber daya manusia (SDM). Untuk mencetak SDM yang berdaya saing, dibutuhkan langkah-langkah strategis. Salah satunya adalah dengan mendorong semangat kewirausahaan.

"Minat kewirausahaan ini harus sudah ditumbuhkan sejak di bangku sekolah. Kenapa? Karena kita melihat para pemuda kita semangat untuk berwirausaha masih sangat rendah. Padahal di saat-saat seperti sekarang ini (pandemi Covid-19), justru usaha mandiri itulah yang bisa mempertahankan hidup kita," kata Menpora.

"Oleh kerana itu, untuk menumbuhkan semangat berwirausaha maka salah satu sasaran adalah perguruan tinggi," imbuhnya.

Ia berharap mata kuliah kewirausahaan ini diberikan untuk semua jurusan. Dengan ini begitu mereka lulus, semangat untuk wirausaha sudah tertanam dan bahkan dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

"Berwirausaha adalah pilihan utama dengan bekal ilmu yang didapatkan dari perguruan tinggi. Saya kira semangat ini harus kita jadikan semangat bersama. Dan itulah alasannya kami memilih perguruan tinggi menjadi tempat untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan," tuturnya.



Sumber: BeritaSatu.com