Menpora: Gerakan Pramuka Ujung Tombak Pembangunan Karakter

Menpora: Gerakan Pramuka Ujung Tombak Pembangunan Karakter
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Senin, 27 Juli 2020 | 18:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Gerakan Pramuka berperan penting dalam pembangunan karakter bangsa.

"Gerakan Pramuka jadi ujung tombak dari pembangunan karakter. Karena itu, Kempora senantiasa terbuka untuk bekerja sama. Kehadiran Gerakan Pramuka sangat erat bagi fase kepemimpinan secara individu," ungkap Menpora ketika membuka webinar bertajuk "Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga bagi Pramuka" pada Senin (27/7/2020).

Menurut Menpora, tantangan terbesar bagi pemuda saat ini adalah bagaimana mereka bisa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi namun tetap memiliki karakter dan berbudaya sebagai orang Indonesia.

Untuk itu, pembangunan sumber daya manusia dan penguatan ideologi Pancasila menjadi bagian dari program prioritas Kempora 2020-2024.

“Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi, kejadian yang di suatu tempat, di belahan dunia, dalam waktu singkat bisa diketahui. Demikian juga tentang perubahan gaya hidup, ini berpengaruh kepada kaum muda,” kata Menpora.

Pemuda diharapkan tetap bijak di tengah perkembangan teknologi.

“Menata pergaulan dengan panduan etika. Hindari narkoba, hindari cara hidup yang tidak baik. Ada aturan dan etika yang harus dijalankan di tengah kecanggihan teknologi. Dengan itu, maka terbentuk pemuda yang berkarakter,” kata Menpora.

“Ini penting disampaikan. Pramuka sebagai ujung tombak pembangunan karakter. Gerakan Pramuka dimulai sejak SD, SMP, SMA. Untuk tema hari ini, kepemimpinan pemuda dalam rumah tangga, jadi basis pembangunan karakter. Kalau di rumah tangga baik, maka selanjutnya akan baik. Sebaliknya juga begitu,” tambahnya.

Baca juga: Ini Lima Program Prioritas Kempora 2020-2024

Pada kesempatan tersebut, Menpora juga memaparkan lima program prioritas Kempora 2020-2024.

Pertama, perbaikan tata kelola, penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi dan peningkatan kecepatan pelayanan publik.

Kedua, lanjut Menpora, pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Ketiga, penguatan ideologi pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda.

Keempat, pemassalan dan pemasyarakatan olahraga yang menimbulkan kegemaran untuk hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat. 

Kelima, pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan.

Tak hanya itu, Menpora juga mengapresiasi keterlibatan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka dalam upaya pencegahan virus corona dengan membagikan masker hingga membuat cairan pembersih tangan (hand sanitizer) baik di tingkat pusat maupun daerah. Ia juga mengingatkan kembali kepada peserta webinar agar tetap mematuhi protokol kesehatan.



Sumber: BeritaSatu.com