Logo BeritaSatu

NSLIC Dukung Penguatan Kebijakan Ketahanan Pangan

Selasa, 28 Juli 2020 | 16:47 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - The National Support for Local Investment Climates/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED) menggelar rangkaian konsultasi publik terkait aturan konversi lahan bersama Kementerian Pertanian (Kemtan) dan perwakilan kementerian serta lembaga lainnya.

Baca Juga: RIF Dorong Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah

NSLIC/NSELRED merupakan proyek yang didanai pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC). Adapun mitra utama dari program ini adalah Kementerian PPN/Bappenas dan Cowater International Inc yang telah dipilih melalui proses kompetitif sebagai pelaksana proyek.

Konsultasi publik mengenai alih fungsi lahan dan stok daging sapi diadakan pada 22 Juli dan 27 Juli 2020, dengan melibatkan perwakilan dari kementerian terkait seperti Kemtan, Kemdagri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian ATR, dan KLHK.

Project Director NSLIC Indonesia, Cavelle Dove, mengatakan, rangkaian konsultasi publik ini bertujuan untuk mendapatkan masukan tentang dampak peraturan dan kebijakan konversi lahan pertanian.

“Selain itu, konsultasi publik juga ditujukan untuk menyetujui langkah-langkah strategis dan kebijakan atau peraturan bersama yang perlu diambil untuk mengurangi konversi lahan pertanian dengan hasil akhir memperkuat ketahanan pangan di Indonesia dan meningkatkan populasi sapi lokal untuk memenuhi permintaan nasional,” kata Dove dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Selasa (28/7/2020).

Baca Juga: Proyek NSLIC untuk Memajukan Daerah

Menurut Dove, masalah peraturan dalam memulai usaha dan perizinan sangat mempengaruhi perkembangan, kemajuan, dan keberlanjutan ekonomi regional termasuk pilot project Pengembangan Ekonomi Regional (PEL) yang telah diprakarsai oleh NSLIC/NSELRED.

"Peningkatan regulasi sangat diperlukan, karena peraturan maupun kebijakan nasional bertindak sebagai payung hukum untuk peraturan lokal,” jelasnya.

Dove menambahkan, proyek NSLIC/NSELRED mendukung Strategi Nasional Reformasi Regulasi di Indonesia, sebagai bagian dari tujuan untuk memperbaiki peraturan yang menghambat iklim investasi dan pembangunan ekonomi.

“Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7/2017 poin 7 (tentang Penyusunan, Implementasi, dan Pengawasan Kebijakan dan Peraturan), Kepala Lembaga atau Kementerian wajib melakukan analisis dampak kebijakan termasuk analisis resiko, dan konsultasi publik sebelum penetapan peraturan atau kebijakan,” tambahnya.

Baca Juga: Gandeng Kanada, Klungkung Dorong Kesejahteraan UMKM

Selain itu, tambah Dove, NSLIC/NSELRED menyediakan keahlian dalam analisis dampak kebijakan dan konsultasi publik terhadap regulasi yang dipilih menggunakan instrumen Regulatory Impact Assessment (RIA).

“Penggunaan instrumen untuk menganalisis peraturan termasuk konsultasi publik bertujuan untuk mengurangi konflik kepentingan yang mungkin terjadi selama penyusunan atau penyempurnaan peraturan,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rasa Syukur Disabilitas Terima SK Non-ASN dari Gubernur Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan surat keputusan non-ASN Pemprov Sulsel kepada 12 orang penyandang disabilitas.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rawat Korban Tragedi Kanjuruhan, Menkes Diminta Tak Persoalkan Biaya

Menkes Budi Gunadi Sadikin diminta tidak mempersoalkan biaya dalam merawat korban tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Jelaskan Alasan Nasdem Usung Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menjelaskan alasan pihaknya memilih mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Jenderal Andika Diminta Cek Video Tindakan Berlebih TNI di Tragedi Kanjuruhan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa diminta  melakukan tindakan cepat sesuai aturan terkait tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

Mahfud MD meminta Polri agar segera mengungkap pelaku yang harus bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Divisi Propam Akan Dirombak, Polri: Perlu Proses dan Kajian

Perombakan struktural secara terbatas terhadap Divisi Propam Polri membutuhkan proses, analisis, serta pengkajian terlebih dahulu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Tim Pencari Fakta Targetkan Rampung dalam 3 Pekan

Mahfud MD menyampaikan, tim pencari fakta menargetkan pengusutan tragedi Kanjuruhan rampung dalam tiga pekan ke depan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Terima Amanah Nasdem, Anies Baswedan: Saya Siap Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, dirinya menerima amanah dari Partai Nasdem untuk dicalonkan sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 3 Oktober 2022

Deklarasi Anies Baswedan Capres, Paloh Pimpin Hening Cipta Tragedi Kanjuruhan

Deklarasi Anies Baswedan capres dari Partai Nasdem, diawali dengan hening cipta atas tragedi Kanjuruhan yang dipimpin Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

NEWS | 3 Oktober 2022

Mahfud MD Pimpin Tim Pencari Fakta Usut Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) yang dipimpin Mahfud MD untuk mengusut tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rasa Syukur Disabilitas Terima SK Non-ASN dari Gubernur Sulsel

Rasa Syukur Disabilitas Terima SK Non-ASN dari Gubernur Sulsel

NEWS | 44 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings