PKB Juang 2020

TNI-Polri Siap Kawal Pembangunan Nasional

TNI-Polri Siap Kawal Pembangunan Nasional
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pembekalan pada acara pembekalan awal Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) 2020 di Grha Widya Dirgantara, Seskoau Lembang, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 28 Juli 2020. (Foto: Istimewa / Seskoau)
Asni Ovier / AO Selasa, 28 Juli 2020 | 17:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Seluruh proses pembangunan nasional membutuhkan stabilitas politik dan keamanan. Peran TNI, Polri, dan nelemen masyarakat lainnya sangat penting dalam mengawal proses pembanguna tersebut. Oleh karena itu, seluruh prajurit TNI dan Polri siap untuk berperan serta mengawal proses pembangunan tersebut.

Hal itu dikatakan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Danseskoau) Marsda Samsul Rizal pada acara pembekalan awal Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) 2020 di Grha Widya Dirgantara, Seskoau Lembang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/7/2020). PKB Juang 2020 bertema “TNI-Polri Bersama Komponen Bangsa Siap Mengawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju” tersebut diikuti Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-57.

Berbeda dari tahun sebelumnya dengan dihadapkan kondisi pandemi Covid-19, maka penyelenggaraan pembekalan ini diikuti secara daring oleh 1.543 orang, yang terdiri atas 267 pejabat lembaga pendidikan TNI dan Polri serta 1.276 pasis atau peserta didik. Para peserta didik itu terdiri atas 214 orang dari Sesko TNI, 103 orang dari Sespimti Polri, 251 orang dari Sespimmen Polri, 499 orang dari Seskoad, 241 orang dari Seskoal, dan 235 orang dari Seskoau.

Pasis Sesko TNI, Serdik Sespimti Polri, Pasis Sesko Angkatan, dan Serdik Sespimmen Polri yang mengikuti kegiatan pembekalan PKB Juang selama satu hari ini merupakan salah satu program kurikulum pendidikan di bawah Departemen Kejuangan. Sejumlah materi pembekalan yang diterima dari Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Aziz. Sementara, sebagai panelis adalah Rektor Universitas Padjajaran Rina Indiastuti serta pakar yang juga analis militer dan intelijen Susaningtyas NH Kertopati, dengan moderator Antik Bintari.

Dansesko TNI Marsdya Dedi Permadi berharap seluruh peserta memperhatikan dan menyimak seluruh materi pembekalan dengan baik sehingga dapat dijadikan pedoman dalam menyusun makalah seminar yang bernilai strategis. Hal itu guna mewujudkan peran TNI-Polri yang bermanfaat untuk mendukung tugas ke depan dalam pembangunan nasional.

Dikatakan, tema “TNI-Polri Bersama Komponen Bangsa Siap Mengawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju” sangat penting diangkat. Hal ini terkait rencana pembangunan jangka menengah 2020-2024, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangun struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung sumber daya manusia (SDM) berkualitas serta berdaya saing.

Danseskoau Marsda Samsu Rizal yang juga Ketua Pelaksana Proyek PKB Juang 2020 mengatakan, pembangunan SDM unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur. Sebab, tuturnya, melalui SDM yang unggul, tangguh, dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional dalam rangka terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Dalam pembangunan nasional, kata Danseskoau, diperlukan stabilitas keamanan negara yang kondusif dan ini tugas bersama untuk mewujudkannya. Upaya mewudujudkan stabilitas keamanan itu harus didukung seluruh komponen bangsa guna mempertahankan keutuhan NKRI menuju Indonesia maju.

“Di sinilah peran Pasis Sesko TNI/Polri dan Sesko Angkatan dalam meningkatkan peran TNI-Polri beserta komponen bangsa untuk mengantisipasi dan menangani berbagai ancaman serta membangun inisiatif kerja sama yang erat untuk menjaga persatuan kesatuan,” ujar Marsda.



Sumber: BeritaSatu.com