Logo BeritaSatu

Menhub Resmikan Layanan Tiket Daring Feri

Sabtu, 25 Juli 2020 | 16:11 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Merak, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meresmikan pembelian tiket kapal penyebrangan berbasis aplikasi maupun website bernama Ferizy di Terminal Eksekutif Merak, Banten, Sabtu (25/7/2020).

Sejak diterapkan mulai 1 Mei 2020 di empat pelabuhan utama PT ASDP Indonesia Ferry, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk, tercatat pada Juni-Juli, rata-rata transaksi di empat pelabuhan tersebut pada hari biasa (weekday) sebanyak 20.000 transaksi per hari, sedangkan pada akhir pekan (weekend) sebanyak 21.000 transaksi per hari.

Menurut Menhub Budi, digitalisasi layanan dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat ketika menggunakan jasa transportasi publik.

Layanan daring juga dapat menjadi solusi antrian panjang yang sering kali ditemukan di hari besar seperti Hari Lebaran maupun Natal-Tahun Baru (Nataru). Tak hanya itu, Ferizy juga dapat membantu meminimalisir kontak fisik dengan petugas loket di tengah pandemi Covid-19.

“Apa yang sudah kita nantikan bersama dalam rangka meningkatkan layanan angkutan penyeberangan akhirnya bisa diwujudkan. Dengan pembelian tiket secara online, masyarakat kini bisa membeli tiket jauh-jauh hari dan dapat merencanakan perjalanannya dengan baik. ASDP pun dapat memprediksi jam-jam puncak, sehingga kepadatan dapat dihindari,” kata Budi.

Tersambungnya tol Trans-Sumatera, lanjut Budi, tentunya akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menyebrang melalui lintasan Merak-Bakauheni. Dari pantauan angkutan Nataru 2019/2020, jumlah pengguna jasa dengan mobil pribadi melonjak sebanyak 50,3% di Pelabuhan Merak dan 62,3% di Pelabuhan Bakauheni.

Turut hadir dalam peresmian Ferizy adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Erick Thohir menyatakan, BUMN selaku penyedia jasa wajib memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat. Digitalisasi layanan tiket feri ini juga menjadikan penyebrangan laut menjadi lebih modern.

Wishnutama menuturkan, fokus pemerintah saat ini berpindah dari target kuantitas ke kualitas wisatawan yang dapat dicapai dengan peningkatan pelayanan. Berkat Ferizy, pemerintah dapat meningkatkan pelayanan bagi wisatawan maupun pelaku ekonomi kreatif dalam pergerakan antar pulau di Indonesia.

Adapun layanan berbasis website maupun aplikasi ini merupakan kerja sama antara ASDP dengan PT Telkom Indonesia.

Calon pembeli kini dapat membeli tiket H-60 hingga maksimal lima jam sebelum keberangkatan. Pencatatan data manifest juga semakin akurat sebagai dasar klaim asuransi sebagai bentuk perlindungan konsumen yang menjadi hak pengguna jasa melalui PT Jasa Raharja.

"Kami mengapresiasi antusiasme masyarakat, yang semakin familiar dengan layanan Ferizy yang memberikan kemudahan dan kenyamanan saat membeli tiket feri. Simpel, tidak perlu antre di pelabuhan, dan manifest penumpang lebih terjamin. Dalam dua tahun terakhir ini, ASDP mewujudkan upaya modernisasi layanan penyeberangan menjadi lebih baik lagi," tutur Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi.

Selain melalui Ferizy, pengguna jasa kini dapat membeli tiket feri di seluruh gerai Alfamart dengan biaya admin mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 5.000 disesuaikan dengan jumlah nominal per transaksi. Pembelian tiket di Alfamart hanya membutuhkan informasi identitas diri berupa nomor KTP/SIM/paspor penumpang dan jenis golongan kendaraan yang dibawa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Latihan Militer, AS Akan Kerahkan HIMARS ke Latvia

Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan sistem roket HIMARS untuk latihan militer ke Latvia, negara tetangga Rusia.

NEWS | 28 September 2022

KPK Cecar Zumi Zola soal Uang ke Anggota DPRD Jambi

KPK memeriksa eks Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai saksi, Selasa (27/9/2022) dugaan suap pada pembahasan RAPBD Jambi

NEWS | 28 September 2022

KPK Ungkap 3 Hal yang Dapat Buat Penyidikan Lukas Enembe Dihentikan

KPK memaparkan tiga hal yang dapat membuat penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua Lukas Enembe dihentikan.

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Minta Penyaluran Bantuan Subsidi Upah Terus Dipercepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) terus dipercepat, sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

NEWS | 28 September 2022

Sudah Berlarut-larut, ICW Desak KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

ICW terus mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan upaya jemput paksa terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe

NEWS | 28 September 2022

Ibu Negara Iriana Jokowi dan OASE KIM Kunjungi NTT

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) bertolak menuju NTT.

NEWS | 28 September 2022

Bawaslu Cek Laporan Dugaan Pelanggaran Tabloid KBA Newspaper

Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja menyatakan pihaknya akan mengecek laporan dugaan pelanggaran tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 28 September 2022

KPK Telusuri Sewa Private Jet Lukas Enembe dan Keluarga

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri penyewaan private jet atau pesawat pribadi oleh Gubernur Papua Lukas Enembe dan keluarga.

NEWS | 28 September 2022

Dukung BPJS Kesehatan, Good Doctor Antar Obat ke Pasien

(Good Doctor) siap mendukung BPJS Kesehatan dengan menyediakan layanan pengiriman untuk distribusi obat dalam uji coba telemedicine JKN

NEWS | 28 September 2022

Partai Demokrat Dukung Penegakan Hukum Kasus Lukas Enembe

Partai Demokrat mendukung penegakan hukum oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus Lukas Enembe.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Cecar Zumi Zola soal Uang ke Anggota DPRD Jambi

KPK Cecar Zumi Zola soal Uang ke Anggota DPRD Jambi

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings