Rektor Terjangkit Covid-19, Kampus IAIN Bengkulu Ditutup Sepekan
Logo BeritaSatu

Rektor Terjangkit Covid-19, Kampus IAIN Bengkulu Ditutup Sepekan

Jumat, 31 Juli 2020 | 17:01 WIB
Oleh : Usmin / CAH

Bengkulu, Beritasatu.com - Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, ditutup selama seminggu, menyusul rektor perguruan tinggi tersebut, Sirajuddin terjangkit positif virus corona atau Covid-19. Penutupan kampus ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Wakil Rektor I IAIN Bengkulu, Samsudin, di Bengkulu, Jumat (31/7/2020) membenarkan, kampus IAIN Bengkulu untuk sementara tutup. "Sesuai hasil rapat pimpinan Kampus IAIN Bengkulu, tutup selama seminggu terkait Rektor IAIN, Sirajudin positif terjangkit Covid-19," ujarnya.

Dengan ditutupnya kampus selama satu minggu terhitung sejak 30 Juli hingga 7 Agustus itu, seluruh ASN dan Non ASN melaksanakan kegiatan administrasi di rumah. Demikian pula kegiatan dosen dan mahasiswa di kampus juga dihentikan.

Ia menambahkan meski kampus IAIN Bengkulu, tutup selama satu pekan, tapi kegiatan administrasi dan akademisi di IAIN tetap berjalan seperti biasa dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring) atau dengan protokol kesehatan.

Sedangkan absensi pegawai selama WFH menggunakan SICAKEP dan pelaksanaan pekerjaan selama WFH diawasi oleh atasan langsung dan dimonitoring oleh satuan pengawas internal (SPI).

"Jadi, meski kampus IAIN tutup selama satu minggui 30 Juli sampai 7 Agustus 2020, tapi kegiatan administrasi dan akademik tetap jalan seperti biasa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni membenarkan, Rektor IAIN Bengkulu, Sirajuddin positif terjangkit virus korona atau Covid-19 setelah menjalani tes swab di laboratorium milik RSU Yunus Bengkulu.

"Saat ini, Pak Rektor IAIN menjalani perawatan secara intensif di Rumah Sakit Umum (RSU) Yunus Bengkulu. Kita doakan semoga Pak Rektor IAIN Bengkulu, segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa di kampus yang dipimpinya," ujarnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kampus IAIN Bengkulu, petugas Dinkes setempat, saat ini tengah melakukan contact tracing atau penelusuran kontak terhadap kasus positif Rektor IAIN daerah ini.

Contact tracing dilakukan baik terhadap rekan-rekan kerjanya, kerabat keluarga maupun pihak-pihak lain yang sudah pernah kontak erat dengan yang bersangkutan. "Saat ini contact tracing sedang kita dilakukan. Jika mereka reaktif maka akan dilakukan uji swab guna memastikan mereka terjangkit apa tidak virus corona," ujarnya.

Jika dari hasil uji swab ada di antara orang-orang yang sempat kontak fisik dengan Rektor IAIN Bengkulu, positif terjangkit virus corona, maka orang bersangkutan akan menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri di rumah.

Hal ini dilakukan agar sebagai upaya pencegahan penularan virus corona kepada orang lain. Karena itu, Dinkes Bengkulu bekerja sama dengan Dinkes Kota BengkuLU melakukan contak tracing dengan orang yang sempat kontak fisik dengan pasien covid-19 tersebut.

Hasil Upade Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, jumlah kasus positif Covid-19 di daerah ini sebanyak 118 orang. Pasien meninggal dunia sebanyak 18 orang, pasien dirawat sebanyak 21 orang dan pasien menjalani isolasi mandiri sebanyak 60 orang.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wapres Serahkan Sapi Kurban Seberat 878 Kg ke Masjid Agung Penata

Wapres berangkat menuju Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara (Penata), Kabupaten Serang, Banten, Jum'at (31/7/2020) pagi.

NASIONAL | 31 Juli 2020

Mendagri Apresiasi Keberhasilan Polri Tangkap Djoko Tjandra

Menurut Tito, keberhasilan jajaran Polri layak diapresiasi, sebab menangkap buronan di luar negeri itu tak gampang.

NASIONAL | 31 Juli 2020

Ketua MPR Ingatkan Banyak Buronan Koruptor Sembunyi di Singapura

Ketua MPR menilai keberhasilan Polri menangkap Djoko Tjandra merupakan angin segar bagi masyarakat Indonesia.

NASIONAL | 31 Juli 2020

Ketua Komisi III Apresiasi Gerak Cepat Kabareskrim Polri

Komisi III DPR bakal mengawal pengusutan kasus Djoko Tjandra hingga tuntas.

NASIONAL | 31 Juli 2020

ICW Desak Pengusutan Dugaan Suap Terkait Pelarian Djoko Tjandra

ICW menilai penangkapan Djoko Tjandra harus ditindaklanjuti dengan dugaan suap pelariannya ke luar negeri.

NASIONAL | 31 Juli 2020

Kembangkan Teknologi Medis, Daewoong Dorong Talenta Mahasiswa RI

Daewoong Foundation mendukung pengembangan teknologi kesehatan di Indonesia.

NASIONAL | 31 Juli 2020

Peroleh Opini WTP, Nagekeo Dapat Insentif Rp 48 M

Peningkatan opini dari WDP ke WTP merupakan prestasi luar biasa yang didapat dari kerja keras dan cerdas Pemerintah Kabupaten Nagekeo

NASIONAL | 31 Juli 2020

Tanam Ganja di Kebun Kopi, Petani Kepahiang Diamankan Polisi

Tersangka berikut barang bukti berupa pohon ganja sebanyqk 8 batang dan sebilah parang telah diamankan di Mapolres Kepahiang untuk kepentingan proses hukum.

NASIONAL | 31 Juli 2020

Djoko Tjandra Ditangkap, Yasonna: Ini Bukti Polisi Serius Tegakkan Hukum

Menkumham Yasonna menyampaikan apresiasi kepada Bareskrim Polri atas keberhasilan menangkap Djoko Tjandra, buronan yang kabur sejak 2009 tersebut.

NASIONAL | 31 Juli 2020

Djoko Tjandra Ditangkap, Ahmad Sahroni: Polri Sigap dan Cepat

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi kesigapan dan kecepatan Polri menangkap buronan kasus Bank Bali, Djoko Tjandra di Kuala Lumpur, Malaysia.

NASIONAL | 31 Juli 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS