Tim Penanganan Covid-19 Bengkulu Cek Kantor OPD Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan

Tim Penanganan Covid-19 Bengkulu Cek Kantor OPD Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan
Kantor Pemerintah Provinsi Bengkulu. (Foto: Pemprov Bengkulu)
Usmin / JAS Minggu, 2 Agustus 2020 | 16:22 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Tim Pengkajian Penanganan Covid-19 Bengkulu, akan sidak ke seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemprov setempat untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di kantor pemerintah.

"Kita akan cek semua kantor OPD di lingkup Pemprov Bengkulu guna memastikan apakah mereka sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar atau tidak," kata Tim Pengkajian Penanganan Covid-19 Bengkulu, Tommy di Bengkulu (2/8/2020)

Ia mengatakan, dalam sidak tersebut pihaknya tidak hanya memastikan penerapan protokol kesehatan di kantor OPD di lingkup Pemprov Bengkulu sudah standar Covid-19 tapi juga akan mengevaluasi jumlah ANS dalam satu ruang di masing-masing OPD bersangkutan.

Jika ruangan kerja 6x6 meter maka hanya bisa diisi maksimal enam orang. Sebab, jika diisi lebih dari enam orang maka ruangan tersebut tidak bisa menerapkan protokol kesehatan dengan jaga jarak satu sama lain maksimal 1 meter.

Selain itu pihaknya juga akan mengevaluasi penggunaan AC di kantor OPD apakah ada ventilasi udara di setiap ruangan. Jika tidak ada ventilasi udara maka udara di ruang tersebut lembap karena tidak ada sinar matahari.

Menurut WHO virus corona hidup di udara lembap, sehingga perkantoran pemerintah dan swasta yang selalu memakai AC rentan terhadap penularan Covid-19.

Untuk itu, pihaknya menyarankan seluruh ruangan AC di kantor pemda Bengkulu sebaiknya dipasang ventilasi udara agar dapat sinar matahari sehingga tidak menjadi penyebaran virus corona.

Sebaiknya kantor pemerintah dan swasta mengurangi penggunaan AC di saat masih berlangsung pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi klaster baru Covid-19 di daerah ini.

"Ruangan yang ada di kantor sebaiknya tidak menggunakan AC agar udara panas sehingga tidak menjadi tempat penyebaran virus corona. Dengan demikian, perkantoran pemerintah aman dari penularan Covid-19," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu, Herwan Antoni menyambut baik rencana Tim Pengkajian Penanganan Covid-19
melakukan sidak ke kantor di lingkup pemprov setempat.

"Kita dukung tim mendatangi kantor OPD dilingkup Pemprov Bengkulu untuk cek penerapan protokol kesehatan sesuai prosedur. Jika kurang baik akan ditingkatkan lagi sehingga ASN aman dari terjangkit virus corona," ujarnya.
.



Sumber: BeritaSatu.com