Lulus dari UGM, Mahasiswa Asal Kamboja Positif Covid-19

Lulus dari UGM, Mahasiswa Asal Kamboja Positif Covid-19
Gedung Pusat Kampus UGM Yogyakarta
Fuska Sani Evani / JAS Minggu, 2 Agustus 2020 | 17:40 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Seorang lulusan pasca-sarjana Magister Teknik Kimia di Fakultas Teknik UGM asal Kamboja dinyatakan positif Covid-19, setelah pulang ke negaranya.

Namun sebelum kembali, mahasiswa tersebut sempat mengurus ijazah di Kampus UGM dan kontak dengan rekan-rekannya di pondokan.

Ketua Satgas Covid-19 UGM Rustamadji menuturkan, mahasiswa asing asal Kamboja tersebut, baru saja menyelesaikan studi pada bulan Juli 2020. "Lulusan tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil swab yang dia lakukan di Kamboja keluar," kata Rustamadji pada Minggu (2/08/2020).

Sebelum kembali ke negara asalnya, alumnus tersebut diketahui sempat mengunjungi kampus untuk mengambil ijazah. Oleh karena itu, saat ini Satgas Covid-19 UGM melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat dengannya baik tenaga kependidikan, mahasiswa, maupun teman satu indekos.

"Kami masih melakukan pemeriksaan dengan rapid test dan pelacakan dengan siapa saja dia pernah melakukan kontak sebelum kembali ke Kamboja setelah kelulusannya," katanya.

Penelusuran kontak ini, lanjut dia, dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona di UGM. Pihaknya juga akan merekomendasikan fakultas untuk menutup layanan kampus selama tiga hari guna mendesinfeksi ruangan di kampus.

"Saat ini masih dalam tahap pemeriksaan, Senin [3/8/2020] depan data baru keluar. Apabila nantinya ada yang dinyatakan positif kita akan lakukan isolasi di tempat yang sudah disediakan oleh universitas," terangnya.

Rustamadji meminta kepada seluruh sivitas UGM untuk tetap tenang, namun terus meningkatkan kewasapadaan. Selain itu, lanjutnya, disiplin diri untuk mematuhi protokol kesehatan. 



Sumber: BeritaSatu.com