Satu Lagi Dokter di Medan Meninggal Akibat Covid-19
Logo BeritaSatu

Satu Lagi Dokter di Medan Meninggal Akibat Covid-19

Kamis, 13 Agustus 2020 | 11:27 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / JEM

Medan, Beritasatu.com - Kabar duka kembali menerpa Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Di mana, satu orang lagi dokter yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (12/8/2020) malam.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Medan dr Wijaya Juwarna mengatakan, dokter yang meninggal dunia itu adalah dokter Dennis, meninggal dunia setelah 5 hari menjalani perawatan oleh pihak medis.

"Dokter Dennis meninggal di usia 32 tahun. Almarhum merupakan dokter ke-7 anggota IDI Medan yang meninggal dunia, atau dokter ke-11 yang meninggal di Sumut," ujar Wijaya Juwarna, Kamis (13/8/2020) malam.

Sebelum dokter Dennis, 10 dokter lain yang lebih dulu meninggal akibat terpapar virus corona adalah dokter Ahmad Rasyidi, dr Ucok Martin SpP, dr Irsan Nofi Hardi Nara Lubis SpS, dr Anna Mari Ulina Bukit, dr Aldreyn Asman Aboet SpAN, KIC, dan juga dr Andika Kesuma Putra, SpP (K).

Kemudian, 4 orang dokter lainnya yang meninggal karena Covid-19 ini, yakni dr Herwanto SpB dari IDI Kisaran, dr Maya Norismal Pasaribu dari IDI Labuhanbatu Utara, dr M Hatta Lubis SpPD dari IDI Padang Sidimpuan, dan dr H Muhammad Arifin Sinaga MAP dari IDI Langkat.

"Semoga darmabakti, dedikasi, dan pengabdian dokter Dennis dan 10 rekan kami yang meninggal dunia, akan menjadi suri teladan dan menjadi pendorong semangat bagi tenaga kesehatan dan relawan medis lainnya yang sedang berjuang melawan Covid-19," kata Wijaya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan menyampaikan, gugus tugas bekerjasama dengan dinas kesehatan sudah melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang melakukan kontak erat dengan Dennis.

Whiko mengatakan, selama pandemi virus corona sejak bulan Maret sampai Agustus 2020, tercatat sebanyak 348 orang tenaga medis di Sumut, yang dinyatakan terpapar Covid-19. Sebanyak 10 orang di antaranya merupakan dokter yang meninggal dunia.

Angka tenaga medis yang dinyatakan terpapar tersebut, sudah termasuk dalam jumlah kasus positif Covid-19 di Sumut, sebanyak 4.948 orang. Di mana, sebanyak 2.097 orang dinyatakan sembuh, 226 orang meninggal dunia dan selebihnya masih menjalani penanganan medis.

"Adapun rincian 348 orang tenaga medis yang terpapar virus corona itu meliputi, 40 orang dokter spesialis, 13 orang peserta pendidikan dokter spesialis (PPDS), 29 orang dokter umum, 207 orang perawat, 29 orang bidan dan 30 orang analis di laboratorium. Sebagian dari mereka yang terpapar sudah sembuh," sebutnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Waspada, 23 Wilayah di Indonesia Akan Alami Cuaca Ekstrem

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara 50-100%.

NASIONAL | 20 September 2021

Tim SAR Lanjutkan Pencarian Korban Tenggelam di Pelabuhanratu

Tim SAR gabungan bersiaga dan melanjutkan pencarian korban tenggelam kecelakaan laut di Pantai Kebonkalapa Citepus, Pelabuhanratu, Sukabumi.

NASIONAL | 20 September 2021

Antisipasi Tsunami Terulang, BMKG Sempurnakan Sistem Peringatan Dini

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya dan kementerian/lembaga terkait sedang menyempurnakan sistem gempabumi dan peringatan dini tsunami.

NASIONAL | 19 September 2021

Dirtipidum: Napoleon Pukuli dan Lumuri M Kece dengan Kotoran

Hasil pemeriksaan perkara penganiayaan yang dialami Muhammad Kece di Rutan Bareskrim Polri terungkap bahwa Napoleon Bonaparte memukuli dan melumuri kotoran

NASIONAL | 19 September 2021

Komisi I DPR Dukung Peremajaan Alutsista Koamarda II Surabaya

Komisi I DPR mendukung peremajaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) Koarmada II Surabaya.

NASIONAL | 19 September 2021

9 Nakes Korban Kekerasan KKB Jalani Pemulihan Trauma

Sebanyak sembilan tenaga kesehatan korban kekerasan d Kiwirok, Pegunungan Bintang, Provinsi Papua pada Senin (13/9/2021)saat ini menjalani pemulihan trauma

NASIONAL | 19 September 2021

Mulai 25 September, Denpasar Terapkan Ganjil Genap di Daerah Tujuan Wisata

Polrestra Denpasar akan menerapkan peraturan lalu lintas berupa penyekatan ganjil genap bagi kendaraan di Daerah Tujuan Wisata (DTW) mulai 25 September 2021.

NASIONAL | 19 September 2021

Wasekjen Demokrat Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Guru Honorer

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Irwan meminta pemerintah memperhatikan nasib para guru honorer.

NASIONAL | 19 September 2021

BNPT: Sikap Intoleran Sebabkan Bencana, Hargai Perbedaan

Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, sikap intoleran terhadap agama dapat menyebabkan bencana sehingga mengajak masyarakat untuk menghargai perbedaan

NASIONAL | 19 September 2021

Ini Isi Lengkap Surat Terbuka Irjen Napoleon Soal Penganiayaan M Kece

Irjen Napoleon Bonaparte menuliskan surat terbuka terkait dugaan penganiayaan terhadap Muhammad Kece atau Muhammad Kace. Ini isi lengkap surat tersebut.

NASIONAL | 19 September 2021


TAG POPULER

# Myanmar


# Mujahidin Indonesia Timur


# Napoleon Bonaparte


# Pengobat Alternatif Ditembak


# Manchester United



TERKINI
IHSG Melemah di Awal Perdagangan

IHSG Melemah di Awal Perdagangan

EKONOMI | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings