PKB-TPP Peringati HUT Ke-75 RI Secara Daring
Logo BeritaSatu

PKB-TPP Peringati HUT Ke-75 RI Secara Daring

Senin, 17 Agustus 2020 | 22:35 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid 19 tak menghalangi peringatan dan perayaan HUT ke-75 RI pada hari ini, Senin (17/8/2020). Meski dalam keterbatasan, semua komponen bangsa tetap memberikan penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah berjuang.

Hal itu juga dilakukan Persatuan keluarga besar-Pelajar Pejuang Kemerdekaan (PKB-PPK) untuk memperingati perjuangan orang tua dan eyang-eyang mereka sebelumnya. Upacara kali ini pun cukup unik yakni secara daring atau online.

“Bahwa perjuangan kemerdekaan pada masanya tidak lepas dari peran serta pelajar yang berusaha mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” buka Gatut Putranto selaku perwakilan generasi ke-2 dan Ketua Presidium PKB-PPK dalam sambutannya.

Upacara juga dilengkapi dengan cuplikan penggalan-penggalan dokumentasi foto yang dijadikan video pada acara upacara virtual PKB-PPK.

Tentara Pelajar dan Pelajar Pejuang Kemerdekaan adalah suatu kesatuan militer yang ikut mempertahan kemerdekaan Indonesia, dimana para anggotanya terdiri dari sebagian besar pelajar SMP SMA dan sederajat yang pada saat itu masih berusia diantara 14-18 tahun dan sebagian kecil mahasiswa. Terdapat beberapa istilah untuk menyebutkan tentara pelajar. Di Jawa Timur disebut dengan TRIP (Tentara Republik Indonesia Pelajar). Di Jogja dan Solo disebut dengan Tentara Pelajar atau TP. Disebagian Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jogja ada Tentara Zeni Pelajar atau TGP.

Di Boyolali ada sung apriliung atau SA. Di Banyumas ada Mas Tepe dan pasukan pelajar IMAM MUDA. Di Jawa Barat ada Tentara Pelajar Siliwangi. Di Sumatera Selatan ada Tentara Pelajar Sriwijaya. Di Pati ada pasukan T serta diberbagai daerah di Pulau Sumatera, Jawa dan Bali.

Imam Sardjono, veteran yang merupakan eks tentara pelajar Detasemen II-17 berpesan kepada generasi penerus untuk terus berjuang baik melalui karya nyata ataupun jalan diplomasi.

“Bekerja, bekerja dan bekerja dengan cerdas, cermat dan cerdik. Sekali merdeka tetap merdeka,” ujar Imam Sardjono.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

PLN Berhasil Selamatkan Penerjun Payung Tersangkut di SUTT Tomohon-Taksiria

Seorang penerjun payung yang tersangkut di SUTT Tomohon-Taksiria berhasil diselamatkan berkat gerak cepat dari tim PDKB PLN UPT Manado, Senin (17/8/2020).

NASIONAL | 17 Agustus 2020

Ditjen Vokasi Siapkan Rp 7,2M untuk Program Wirausaha Mahasiswa

Ditjen Diksi menyiapkan paket bantuan untuk 180 kelompok dengan nilai dana kisaran antara Rp 10 juta hingga Rp 40 juta per kelompok mahasiswa.

NASIONAL | 17 Agustus 2020

IDAI: Zonasi Covid-19 Tidak Bisa Jadi Patokan Keamanan Pembukaan Sekolah

Hingga saat ini pemerintah belum mampu memenuhi standar minimal jumlah tes yang dianjurkan WHO, yaitu melakukan tes terhadap satu orang tiap 1.000 penduduk.

NASIONAL | 17 Agustus 2020

IDAI Tolak Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah

Pembukaan sekolah juga berisiko meningkatkan risiko pada guru dan civitas akademika lain di sekolah, selain juga kepada orang tua.

NASIONAL | 17 Agustus 2020

Suap Impor Bawang Putih, Politikus PDIP Tetap Dihukum 7 Tahun Penjara

Nyoman Dhamantra tetap dihukum tujuh tahun pidana penjara dan denda Rp 500 juta subsider tiga bulan kurungan dalam perkara suap pengurusan impor bawang putih.

NASIONAL | 17 Agustus 2020

Mahfud MD: 99,9 Persen Masyarakat Bangga Menjadi WNI

Mahfud MD menyatakan bahwa 99,9 persen masyarakat sangat bangga dengan statusnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

NASIONAL | 17 Agustus 2020

HUT Kemerdekaan Ke-75 RI, Ini Pesan Megawati kepada Pemuda Indonesia

Megawati Soekarnoputri mengatakan banyak sekali pelajaran yang diberikan ayahnya, proklamator RI yang juga Presiden pertama, Ir Soekarno.

NASIONAL | 17 Agustus 2020

Peringati HUT Ke-75 RI, Ahmad Sahroni Center Salurkan Sembako

ASC ingin mengisi kegiatan 17 Agustus dengan hal-hal positif, di antaranya berbagi pada yang membutuhkan.

NASIONAL | 17 Agustus 2020

BPOM Diharapkan Beri Izin Obat Covid-19 Temuan Unair, BIN, dan TNI AD

Komisi IX selalu mendorong supaya BPOM mempercepat proses, terutama terkait penemuan untuk pengobatan Covid-19, baik obat terkait Unair ini maupun herbal.

NASIONAL | 17 Agustus 2020

Sekretariat Presiden Terima Rekor Muri

Sekretariat Presiden menerima penghargaan Muri atas rekor Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI secara Daring dengan Peserta Terbanyak.

NASIONAL | 17 Agustus 2020


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS