Okupansi Hotel di Kawasan Wisata Danau Toba Mendekati 80%
Logo BeritaSatu

Okupansi Hotel di Kawasan Wisata Danau Toba Mendekati 80%

Minggu, 23 Agustus 2020 | 16:43 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / FER

Medan, Beritasatu.com - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, Deni S Wardhana, mengatakan, okupansi hunian hotel di kawasan wisata Danau Toba yang mencakup wilayah Simalungun, Toba, Samosir dan Berastagi, Tanah Karo, sudah mendekati normal pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

"Tingkat hunian hotel di daerah yang memiliki wilayah pariwisata Danau Toba mendekati 80 persen. Jika weekend apalagi saat menyambut hari besar keagamaan, seperti memperingati Tahun Baru Islam, sulit untuk mendapatkan kamar untuk menginap," ujar Deni S Wardhana kepada wartawan Suara Pembaruan, di Medan, Minggu (23/8/2020).

Baca Juga: 1.500 Hotel di Indonesia Terkena Dampak Covid-19

Deni menyebutkan, jumlah hotel yang ada di Sumut berkisar 500 hotel. Seluruh hotel ini sudah beroperasi saat AKB. Berdasarkan jumlah 500 hotel itu, sebanyak 200 hotel di antaranya ada di Medan. Namun, okupansi hotel di ibu kota Sumut itu tidak sebanyak di daerah pariwisata unggulan.

"Berbeda dengan di daerah pariwisata, tingkat hunian hotel di Medan masih sekitar 20 persen. Ini disokong oleh gelaran Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE). Gelaran MICE di Medan masih tergolong yang kecil dengan peserta 50 orang hingga 100 orang," katanya.

Menurut Deni, okupansi hotel di daerah pariwisata, penuh karena masyarakat yang mencari ketenangan dari keindahan alam di daerah pariwisata. Meski hunian hotel hampir mendekati kenormalan, seluruh hotel yang sudah beroperasi diwajibkan menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi klaster baru di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Pihak hotel rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan hotel, menyediakan sarana mencuci tangan menggunakan cairan sabun. Pegawai maupun hotel diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak dan diminta tidak melakukan kerumunan," ungkapnya.

Baca Juga: Aston Bellevue Bidik Okupansi 40%

Meski demikian, Deni mengakui bahwa masih banyak pengunjung yang memiliki kesadaran rendah saat masuk ke dalam hotel. Untuk menyikapi masalah ini, petugas hotel mengikuti standar operasional prosedur (SOP) melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan membagikan masker.

"Harapan terbesar kami untuk okupansi hotel dari MICE. Gelaran acara secara otomatis mendongkrak keterisian kamar hotel. Kolaborasi antara pemerintah dan pengusaha dibutuhkan agar MICE itu bisa berjalan kembali. Ekonomi akan semakin terasa jika hunian hotel bisa meningkat," sebutnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Waspada, 23 Wilayah di Indonesia Akan Alami Cuaca Ekstrem

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara 50-100%.

NASIONAL | 20 September 2021

Tim SAR Lanjutkan Pencarian Korban Tenggelam di Pelabuhanratu

Tim SAR gabungan bersiaga dan melanjutkan pencarian korban tenggelam kecelakaan laut di Pantai Kebonkalapa Citepus, Pelabuhanratu, Sukabumi.

NASIONAL | 20 September 2021

Antisipasi Tsunami Terulang, BMKG Sempurnakan Sistem Peringatan Dini

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya dan kementerian/lembaga terkait sedang menyempurnakan sistem gempabumi dan peringatan dini tsunami.

NASIONAL | 19 September 2021

Dirtipidum: Napoleon Pukuli dan Lumuri M Kece dengan Kotoran

Hasil pemeriksaan perkara penganiayaan yang dialami Muhammad Kece di Rutan Bareskrim Polri terungkap bahwa Napoleon Bonaparte memukuli dan melumuri kotoran

NASIONAL | 19 September 2021

Komisi I DPR Dukung Peremajaan Alutsista Koamarda II Surabaya

Komisi I DPR mendukung peremajaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) Koarmada II Surabaya.

NASIONAL | 19 September 2021

9 Nakes Korban Kekerasan KKB Jalani Pemulihan Trauma

Sebanyak sembilan tenaga kesehatan korban kekerasan d Kiwirok, Pegunungan Bintang, Provinsi Papua pada Senin (13/9/2021)saat ini menjalani pemulihan trauma

NASIONAL | 19 September 2021

Mulai 25 September, Denpasar Terapkan Ganjil Genap di Daerah Tujuan Wisata

Polrestra Denpasar akan menerapkan peraturan lalu lintas berupa penyekatan ganjil genap bagi kendaraan di Daerah Tujuan Wisata (DTW) mulai 25 September 2021.

NASIONAL | 19 September 2021

Wasekjen Demokrat Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Guru Honorer

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Irwan meminta pemerintah memperhatikan nasib para guru honorer.

NASIONAL | 19 September 2021

BNPT: Sikap Intoleran Sebabkan Bencana, Hargai Perbedaan

Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, sikap intoleran terhadap agama dapat menyebabkan bencana sehingga mengajak masyarakat untuk menghargai perbedaan

NASIONAL | 19 September 2021

Ini Isi Lengkap Surat Terbuka Irjen Napoleon Soal Penganiayaan M Kece

Irjen Napoleon Bonaparte menuliskan surat terbuka terkait dugaan penganiayaan terhadap Muhammad Kece atau Muhammad Kace. Ini isi lengkap surat tersebut.

NASIONAL | 19 September 2021


TAG POPULER

# Myanmar


# Mujahidin Indonesia Timur


# Napoleon Bonaparte


# Pengobat Alternatif Ditembak


# Manchester United



TERKINI
Studi: Tinggi Badan Orang Belanda Mulai Menyusut

Studi: Tinggi Badan Orang Belanda Mulai Menyusut

DUNIA | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings