Dukung Kampus Merdeka, BI Beri Kesempatan Mahasiswa untuk Magang
Logo BeritaSatu

Dukung Kampus Merdeka, BI Beri Kesempatan Mahasiswa untuk Magang

Senin, 24 Agustus 2020 | 19:50 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, pihaknya mendukung kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui program Kampus Merdeka. Untuk itu, BI memberikan kesempatan bagi mahasiswa perguruan tinggi (PT) di Indonesia untuk mengikuti program magang selama maksimal dua semester.

Selama magang, mahasiswa akan mengikuti program integrasi yang meliputi aktivitas pembelajaran, proyek penelitian, dan pengalaman bekerja, khususnya di area kebanksentralan di BI.

“Program Kampus Merdeka merupakan wujud kontribusi BI dalam menciptakan SDM unggul di era digital,” kata Perry pada peluncuran program Kampus Merdeka di Bank Indonesia Jakarta, Senin (24/8/2020).

Berdasarkan siaran pers yang diterima Suara Pembaruan, Perry menyebutkan, terdapat tiga hal penting yang melandasi BI berpartisipasi dalam program Kampus Merdeka.

Pertama, BI ingin berkontribusi dalam merealisasikan visi pemerintah yaitu membangun sumber daya manusia (SDM) unggul dalam mencapai Indonesia Maju.

Kedua, BI memiliki ilmu yang mendukung program Kampus Merdeka khususnya kebanksentralan dan ekonomi digital yang dapat mendukung implementasi SDM unggul dari sisi konsep, praktik, pengalaman, dan karakter sejalan dengan visi BI.

Ketiga, pentingnya kolaborasi untuk menciptakan SDM unggul yang meliputi pihak akademisi, bisnis, dan government.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, sebagai pilot project program, BI bersama Kemdikbud bekerja sama dengan tujuh kampus di Indonesia untuk mengimplementasikan inovasi pembelajaran. Ketujuh kampus tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Bina Nusantara (Binus).

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi Gubernur BI dan seluruh jajaran, terutama Bank Indonesia Institute atas peluncuran program Kampus Merdeka di BI, yang pada tahap awal ini bekerja sama dengan tujuh perguruan tinggi,” ucap Nadiem.

Nadiem menjelaskan, program Kampus Merdeka di BI dirancang bagi mahasiswa dari berbagai jurusan untuk belajar di BI maksimal selama dua semester atau setara dengan 40 satuan kredit semester (SKS). Program akan dimulai pada semester ganjil 2020 yang ditetapkan masing-masing perguruan tinggi.

Sebagai tahap awal, program Kampus Merdeka di BI akan diikuti oleh 37 mahasiswa dari ketujuh kampus. Ke depan, seiring tahap pengembangannya, program ini akan semakin diperkuat dan diperluas secara berkesinambungan dengan mengikutsertakan perguruan tinggi lainnya.

Menurut Nadiem, kompetensi mahasiswa tidak bisa hanya disiapkan di kampus. Mahasiswa harus mengalami sendiri dunia kerja yang sesungguhnya sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja setelah lulus.

“Kegiatan selama enam bulan di perusahaan sebagai trainee atau intern tentu memberikan pengalaman kerja yang amat berharga bagi mahasiswa. Pengalaman yang mereka peroleh selama enam bulan akan membentuk hard skills dan soft skills yang menjadi bagian dari kompetensinya setelah lulus,” jelas Nadiem.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wahyu Setiawan Dihukum 6 Tahun Penjara

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman 6 tahun pidana terhadap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

NASIONAL | 24 Agustus 2020

KPK Dalami Uang yang Diterima Wahyu Setiawan dari Gubernur Papua Barat

KPK akan mengembangkan uang Rp 500 juta yang diterima mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan dari Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

NASIONAL | 24 Agustus 2020

Galon Sekali Pakai Praktis dan Mudah Didaur Ulang

Kemasan plastik PET juga menghadirkan benefit lain yakni membantu menggerakkan roda perekonomian.

NASIONAL | 24 Agustus 2020

329.641 Kendaraan Menuju Jakarta Sepanjang Libur Tahun Baru Islam

Sebanyak 329.641 kendaraan kembali menuju Jakarta pada H+2 dan H+3 Tahun Baru Islam 1442 H (22-23 Agustus 2020).

NASIONAL | 24 Agustus 2020

Hadapi Praperadilan Anita Kolopaking, Polisi Tak Kendur

Penyidik tetap memeriksa Anita Kolopaking saat pengacara Djoko Tjandra itu mempraperadilankan langkah polisi.

NASIONAL | 24 Agustus 2020

Yasonna Usulkan Batas Usia Minimum Hakim Konstitusi dalam Pembahasan RUU MK

Pemerintah sampaikan lima usulan pemerintah terkait pembahasan RUU MK.

NASIONAL | 24 Agustus 2020

Ganjar: Mal Tentrem Kalau Tidak Siap Tutup Saja

Ratusan pengunjung Mal Tentrem berdesak-desakan tanpa memperhatikan physical distancing atau jaga jarak.

NASIONAL | 24 Agustus 2020

Polisi Amankan 7 Pelaku Teror Molotov di Kantor PDIP Bogor

Polres Bogor berhasil meringkus tujuh pelaku pelemparan bom molotov yang terjadi akhir Juli lalu di salah satu kantor ranting PDIP di Kabupaten Bogor.

NASIONAL | 24 Agustus 2020

Sejuta Masker Mendarat di Aceh

Satu juta masker bantuan Presiden Joko Widodo tiba di Sultan Iskandar Muda International Airport, Nanggroe Aceh Darussalam.

NASIONAL | 24 Agustus 2020

Satgas Covid-19 Kirim Bantuan Alat Kesehatan ke Aceh

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengirimkan bantuan alat-alat kesehatan untuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

NASIONAL | 24 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS