9 Juta Fakir Miskin Dapat Bansos Tunai dari Pemerintah
Logo BeritaSatu

9 Juta Fakir Miskin Dapat Bansos Tunai dari Pemerintah

Senin, 31 Agustus 2020 | 19:33 WIB
Oleh : Dina Manafe / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 menyebabkan menurunnya daya beli sebagian masyarakat. Untuk menyelamatkan mereka yang dalam kondisi rentan ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemsos) menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Tunai Sembako Non PKH. Bansos ini diberikan kepada 9 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Mereka adalah kelompok rentan yang belum mendapatkan program keluarga harapan (PKH). Bansos ini diluncurkan secara resmi sekaligus penyerahan secara simboli oleh Menteri Sosial Juliari P. Batubara kepada beberapa KPM di Gedung Konvensi TMP Kalibata, Jakarta, Senin (31/8/2020).

Mensos dalam sambutannya mengatakan, Bansos Tunai Sembako Non PKH merupakan bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 500.000 untuk satu KPM. Bansos tunai tersebut disalurkan kepada 9.000.0000 KPM yang tersebar di semua daerah. Ini sebagai bantuan tambahan yang diberikan karena dampak Covid-19 masih dirasakan dan sangat berpengaruh terhadap KPM program sembako. Bantuan Sosial Tunai Kartu Sembako Non PKH dilaksanakan di seluruh Indonesia pada 34 provinsi di 514 kabupaten dan kota dengan total anggaran mencapai Rp 4,5 triliun.

Bantuan ini disalurkan melalui Himbara yaitu BNI, BRI, Mandiri dan BTN. Dana ditransfer pada Kartu KKS, dan dapat ditarik tunai di ATM merah putih sehingga tidak dikenakan biaya administrasi. Para KPM adalah fakir miskin yang tidak menerima manfaat PKH.

“Dananya dapat dimanfaatkan untuk menambah pembelian sembako atau untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Tidak boleh untuk beli pulsa, rokok dan barang lainya yang tidak berguna,” kata Mensos.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, penyaluran Bantuan Sosial Tunai Kartu Sembako Non PKH diharapkan berjalan dengan baik, dan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan KPM.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Himbara, Pemerintah Daerah Provinsi pada 12 Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota pada 514 lokasi, Pendamping Bansos Pangan dan pihak-pihak yang telah berperan aktif untuk mensukseskan dan memonitor penyaluran bansos ini,” kata Mensos.

Menurut Mensos, bansos tunai KPM non PKH ini sudah disalurkan sejak beberapa waktu lalu, dan hari ini telah menjangkau semua penerima manfaat. Namun, peluncuran bansos ini baru dilakukan hari ini dengan harapan masyarakat mendapatkan informasi mengenai bantuan tersebut, sehingga segera mencairkannya lewat ATM.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Provinsi Jawa Barat Gelorakan Kembali Potensi Wisata

Dengan slogan Smiling West Java, pembukaan sektor pariwisata di Jawa Barat dilakukan bertahap sesuai dengan level kewaspadaan dan Pergub Jabar Nomor 46/2020

NASIONAL | 31 Agustus 2020

Indosat Ooredoo Dukung Indonesia Hadapi Pandemi dengan Inovasi Teknologi

Indosat Ooredoo terus berusaha menghadirkan inovasi-inovasi demi menggerakkan kembali Indonesia pada era pandemi Covid-19.

NASIONAL | 31 Agustus 2020

Kebakaran Kejagung, Bareskrim Polri Periksa 105 Saksi

Mereka yang diperiksa mulai dari pejabat Kejagung hingga office boy (OB) Kejagung.

NASIONAL | 31 Agustus 2020

Tentukan Derajat Luka Korban Terorisme Masa Lalu, LPSK Gandeng PDFI

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menggandeng Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) untuk menentukan derajat luka korban terorisme.

NASIONAL | 31 Agustus 2020

Penyidik Jadwalkan Panggil Pelapor Mantan Jubir HTI

Penyidik menjadwalkan pemanggilan terhadap pelapor kasus dugaan pelanggaran Undang-undang Ormas dan ITE dengan terlapor mantan juru bicara HTI.

NASIONAL | 31 Agustus 2020

Ketua DPR Ajak Pemerintah Revisi UU Penyakit Menular

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menjadikan pandemi Covid-19 sebagai momentum memperbaiki sistem kesehatan nasional.

NASIONAL | 31 Agustus 2020

Pimpinan DPR: Kasus Penyerangan Polsek Ciracas Pembelajaran untuk Teliti Informasi

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta agar para prajurit TNI dan Polri belajar dari kasus penyerangan Polsek Ciracas, Jakarta.

NASIONAL | 31 Agustus 2020

Azis Syamsuddin Apresiasi Langkah Kasad

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengapresiasi langkah tegas Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa.

NASIONAL | 31 Agustus 2020

Baleg Minta Panja Harmonisasi RUU Kejaksaan Segera Dibentuk

Badan Legislasi DPR akan segera membentuk Panitia Kerja (Panja) harmonisasi RUU tentang Kejaksaan.

NASIONAL | 31 Agustus 2020

Olly Dondokambey: Kami Siap Lanjutkan Pembangunan

Deklarasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey-Steven Kandouw akan digelar di Manado, Sulut, Rabu (2/9/2020).

NASIONAL | 31 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS