Tumbuh 2,15 Persen di Tengah Pandemi, Ganjar Kucurkan Rp 10 Miliar untuk Pertanian
Logo BeritaSatu

Tumbuh 2,15 Persen di Tengah Pandemi, Ganjar Kucurkan Rp 10 Miliar untuk Pertanian

Selasa, 1 September 2020 | 23:21 WIB
Oleh : Stefi Thenu / EHD

Purworejo, Beritasatu.com - Di tengah Pandemi ini, sektor pertanian dan perikanan jadi salah satu tumpuan perekonomian di Jawa Tengah. Untuk memperkuat tumpuan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bakal menggelontorkan bantuan Rp 10 miliar untuk dua sektor tersebut.

Di triwulan kuartal kedua tahun ini pertumbuhan sektor pertanian dan perikanan di Jawa Tengah mencapai 2,15 persen. "Hasil dari APBD perubahan setidaknya pada sektor yang membutuhkan perhatian khusus seperti pertanian, perikanan itu juga mendapat porsi yang bagus," kata Ganjar, saat rapat virtual evaluasi penanganan COVID-19 dengan Presiden Joko Widodo, Selasa (1/9).

Ganjar mengutarakan akan menggenjot kedua sektor tersebut sebagai salah satu instrumen peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Total anggaran yang akan Ganjar kucurkan untuk pertanian dan perikanan dalam APBD Perubahan itu mencapai Rp 10 miliar. Selain bantuan tersebut, Ganjar juga telah membuka kran bantuan keuangan untuk pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah desa.

Mulanya, bantuan keuangan tersebut sempat ditahan sebagai langkah antisipatif jika kondisi Pandemi di luar kendali. Total anggaran Bankeu untuk Pemkab/Pemkot dan Pemdes tersebut mencapai Rp 2 triliun lebih.

"Ternyata sampai hari ini masih terkontrol, maka kita genjot dengan cara mengucurkan Bankeu dengan cara padat karya," kata Ganjar.

Dengan dikeluarkannya jurus-jurus tersebut, lanjut Ganjar, agar pertumbuhan ekonomi di triwulan ketiga kembali naik dan jangan lagi tambah terpuruk. Kalau kemarin Jawa Tengah minus 5,9, Ganjar berharap tren negatifnya bisa turun mendekati nol syukur-syukur bisa positif.

"Selain cara-cara itu, aktivitas setiap sektoral kita minta untuk melihat situasi secara proaktif. Setiap dua hari sekali semua dinas melaporkan terus menerus pada sisi sektornya," tandas Ganjar.

Ganjar mengatakan, selain sektor perekonomian yang jadi bahan evaluasi Presiden adalah aspek kesehatan serta pengawalan program Pemerintah Pusat, khususnya yang berkaitan dengan penyaluran bantuan, apakah itu bantuan untuk tenaga kerja, subsidi penghasilan ataupun untuk UMKM.

"Presiden juga minta dilakukan tes rutin dan sosialisasi terus menerus sehingga targetnya bisa tercapai. Untuk Jawa Tengah akan terus kita dorong karena masih di bawah target. Dari target 4.900 an kita masih di angka 3 ribuan. Itu karena reagennya agak telat. Nah kita juga sudah minta Pemkab dan Pemkot untuk mencapai target di wilayah masing-masing," kata Ganjar. (142)



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Rambah Hutan, Perusahaan Nikel Dijerat Pasal Korporasi

Bareskrim Polri menerapkan pasal korporasi terhadap PT Bososi Pratama yang di wakili AU selaku direktur utama.

NASIONAL | 1 September 2020

Wacana PAUD Dibuka Oktober, FSGI Sebut Kemdikbud Gegabah

Apabila tetap ingin membuka kembali PAUD, maka sebelum pembukaan PAUD sebaiknya Kemdikbud berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

NASIONAL | 1 September 2020

Kemdikbud: PAUD Akan Dibuka Kembali Oktober

Kepala sekolah harus memastikan kesiapan sekolah memenuhi protokol kesehatan dan mengisi daftar periksa kesiapan sekolah yang telah disiapkan Kemdikbud.

NASIONAL | 1 September 2020

Tentang Subsidi Kuota Internet, Rektor Masih Tunggu Arahan Kemdikbud

Sebab pada umumnya, perguruan tinggi negeri (PTN) telah memiliki kebijakan subsidi kuota bagi mahasiswa.

NASIONAL | 1 September 2020

Kapolri Mutasi Lima Wakapolda

Mutasi Polri sesuai dengan ST/2558/IX/Kep/2020 tanggal 1 September 2020 yang ditandatangani oleh As SDM Irjen Sutrisno Yudi.

NASIONAL | 1 September 2020

Sekda Aceh: Peserta Gebrak Masker Aceh Capai Belasan Ribu

Tercatat 19.735 masyarakat akan ikut membagikan masker kepada seluruh kabupaten/kota di Aceh pada 4 September mendatang.

NASIONAL | 1 September 2020

Karo Watpers SSDM Polri Andhi Hartoyo Berpulang

Andhi Hartoyo, lulusan Akpol 1989 ini berpulang di usia 54 tahun

NASIONAL | 1 September 2020

Aceh Kampanyekan Penggunaan Masker Lewat Stiker Mobil

Stiker yang bertuliskan "Ingat Covid, Ingat Masker" diharapkan bisa menumbuhkan keinginan untuk selalu mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

NASIONAL | 1 September 2020

Pemerintah Aceh Siap Bagikan Satu Juta Masker Pemberian Jokowi

Pemerintah Aceh akan segera membagikan satu juta lembar masker kain bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke seluruh kabupaten/kota di Aceh.

NASIONAL | 1 September 2020

Erwin Aksa Akui Positif Covid-19

Mendapati dirinya terpapar Covid-19, Erwin Aksa langsung melakukan isolasi mandiri.

NASIONAL | 1 September 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS