Alumni GMNI Bertekad Terus Lawan Ideologi Transnasional
Logo BeritaSatu

Alumni GMNI Bertekad Terus Lawan Ideologi Transnasional

Rabu, 2 September 2020 | 07:04 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) bertekad untuk senantiasa melawan ideologi transnasional. Segenap komponen bangsa, termasuk generasi muda perlu untuk mewaspadai gerakan yang menyimpang dari Pancasila. Demikian ditegaskan mantan Sekjen Presidium GMNI, Sonny T Danaparamita.

“Sebagai alumni GMNI, kita harus terus melawan ideologi transnasional. Pancasila sudah final. NKRI sudah menjadi harga mati. Bangsa ini harus kokoh dan tidak boleh terpecah. Waspadai setiap gerakan yang merongrong dasar negara Pancasila,” kata Sonny, kepada Beritasatu.com, Rabu (2/9/2020).

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut optimistis paham-paham radikal tidak akan berkembang jika semangat nasionalisme dikobarkan. Menurut Sonny, berbagai isu dan tatanan politik lintas sektoral adab ketimuran yang berupaya masuk ke Tanah Air, sepatutnya disikapi secara tegas. “Waspadai dan cermati. Lawan ideologi transnasional,” tegas Sonny.

Rakernas

PA GMNI telah mengadakan rapat kerja nasional (rakernas) bertema “Posisi Alumni GMNI dalam Menghadapi Tantangan Pancasila di Tengah Ancaman Ideologi Transnasional”. Rakernas pada 29-30 Agustus 2020 dibuka Wakil Ketua MPR yang juga Ketua Umum PA GMNI Ahmad Basarah dan ditutup Sekjen Ugik Kurniadi.

Basarah menyatakan, kaum nasionalis harus selalu menjaga dan merawat sejarah dan nilai-nilai luhur bangsa. “Kita tidak ingin anak bangsa lupa dengan sejarah bangsanya. Bila tidak selalu diingatkan, bukan tidak mungkin generasi millenial suatu saat nanti menjadikan Pancasila dan budaya nasional sekadar masa lalu,” ungkap Basarah.

Rakernas menghasilkan sejumlah keputusan penting antara lain pelaksanaan Kongres pada 2021. Selain itu juga program perjuangan yang menyangkut pembumian ideologi. Kemudian sikap politik terkait proses perjalanan berbangsa dan bernegara, serta sejumlah agenda strategis lainnya dalam menghadapi berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dipicu oleh ideologi transnasional.

Rakernas pun menelurkan sikap organisasi yang mendorong terwujudnya prinsip Trisakti dalam penyelenggaraan pemerintahan. Mengimplementasikan Trisakti dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu berdaulat di bidang politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

PA GMNI mendorong agar penyelenggaraan negara dan pemerintahan berkomitmen untuk melawan kemiskinan, termasuk segala bentuk ketimpangan sosial. Mulai dari pendidikan dan kesehatan. Selain itu mencegah berbagai bentuk penghisapan guna melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, dan menjamin terpenuhinya hak-hak dasar warga negara Indonesia.

Rakernas menghadirkan para narasumber dari kalangan alumni GMNI dalam acara Webinar. Para narasumber itu antara lain Arief Hidayat (Hakim Mahkamah Konsitusi), Benny Riyanto (Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional), Hariyono (Wakil Kepala BPIP), Bayu Dwi Anggono (pakar hukum tata negara), dan Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UMKM).

Kebijakan Pemerintah

Teten membeberkan sejumlah kebijakan pemerintah di bidang koperasi dan UMKM dalam menghadapi pandemi Covid-19. Teten mengatakan, pemerintah telah melakukan sejumlah langkah untuk menanggulangi dampak pandemi Covid-19 di sektor koperasi dan UMKM. Misalnya, insentif bantuan sebesar Rp. 600.000-/perbulan selama 4 bulan kepada 12 juta UMKM di Indonesia.

Teten menambahkan, Kementerian Koperasi dan UMKM pun tengah melakukan pendampingan dan pelatihan kepada pelaku UMKM. Tujuannya supaya produk UMKM dapat masuk dalam satu “icloud”, sehingga harga jual produknya menjadi premium. Pihaknya juga membangun kerja sama dengan kementerian dan lembaga lain.

Harapannya agar proyek pembangunan dengan nilai Rp14 miliar ke bawah, di prioritaskan untuk UMKM. “Kebijakan ini merupakan salah satu terobosan baru dalam pemberdayaan usaha kecil. Kami saat ini juga sama-sama bertekad agar dalam masa pandemi ini, pelaku usaha kecil dapat segera bangkit kembali,” ujar Teten.

Sementara itu, Sonny menilai, Teten merupakan salah satu menteri yang cukup memahami dan mengerti rencana pembangunan pemerintahan saat ini. Sonny mengungkap pada 2014, Teten menjadi bagian dari tim yang menyusun visi, misi, dan program Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sonny pun mengajak seluruh alumni GMNI tetap tetap bersinergi dengan pihak lain dalam menghadapi dampak Covid-19.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Polda Sumut Tetapkan Rektor UINSU Sebagai Tersangka

Penanganan kasus dan penetapan tersangka setelah penyidik melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, termasuk menghadirkan ahli.

NASIONAL | 2 September 2020

Tumbuh 2,15 Persen di Tengah Pandemi, Ganjar Kucurkan Rp 10 Miliar untuk Pertanian

Sektor pertanian dan perikanan jadi salah satu tumpuan perekonomian di Jawa Tengah.

NASIONAL | 1 September 2020

Rambah Hutan, Perusahaan Nikel Dijerat Pasal Korporasi

Bareskrim Polri menerapkan pasal korporasi terhadap PT Bososi Pratama yang di wakili AU selaku direktur utama.

NASIONAL | 1 September 2020

Wacana PAUD Dibuka Oktober, FSGI Sebut Kemdikbud Gegabah

Apabila tetap ingin membuka kembali PAUD, maka sebelum pembukaan PAUD sebaiknya Kemdikbud berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

NASIONAL | 1 September 2020

Kemdikbud: PAUD Akan Dibuka Kembali Oktober

Kepala sekolah harus memastikan kesiapan sekolah memenuhi protokol kesehatan dan mengisi daftar periksa kesiapan sekolah yang telah disiapkan Kemdikbud.

NASIONAL | 1 September 2020

Tentang Subsidi Kuota Internet, Rektor Masih Tunggu Arahan Kemdikbud

Sebab pada umumnya, perguruan tinggi negeri (PTN) telah memiliki kebijakan subsidi kuota bagi mahasiswa.

NASIONAL | 1 September 2020

Kapolri Mutasi Lima Wakapolda

Mutasi Polri sesuai dengan ST/2558/IX/Kep/2020 tanggal 1 September 2020 yang ditandatangani oleh As SDM Irjen Sutrisno Yudi.

NASIONAL | 1 September 2020

Sekda Aceh: Peserta Gebrak Masker Aceh Capai Belasan Ribu

Tercatat 19.735 masyarakat akan ikut membagikan masker kepada seluruh kabupaten/kota di Aceh pada 4 September mendatang.

NASIONAL | 1 September 2020

Karo Watpers SSDM Polri Andhi Hartoyo Berpulang

Andhi Hartoyo, lulusan Akpol 1989 ini berpulang di usia 54 tahun

NASIONAL | 1 September 2020

Aceh Kampanyekan Penggunaan Masker Lewat Stiker Mobil

Stiker yang bertuliskan "Ingat Covid, Ingat Masker" diharapkan bisa menumbuhkan keinginan untuk selalu mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

NASIONAL | 1 September 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS