Gunungkidul Antisipasi Pemudik PSBB Jakarta
Logo BeritaSatu

Gunungkidul Antisipasi Pemudik PSBB Jakarta

Jumat, 11 September 2020 | 17:03 WIB
Oleh : Fuska Sani Evani / FMB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Menyiasati Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta, Bupati Gunungkidul, Badingah menginstruksikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk cepat mengantisipasi gelombang kedua pemudik.

Menurut Badingah, kalau PSBB kembali diterapkan, akan ada gelombang pemudik lagi dan hal itu justru menjadi beban bagi Pemkab dalam mengantisipasi penularan Covid-19.

Sebab menurutnya, saat ini masyarakat yang terpapar namun tanpa gejala menunjukkan peningkatan dan untuk langkah antisipasi, penanganan arus pemudik ini akan diterapkan, tidak jauh berbeda pada saat awal-awal penyebaran virus corona.

Setiap orang yang masuk Gunungkidul, harus mau didata dan dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Desa. “Semua harus patuh dan melapor. Petugas di tingkat desa harus aktif mencari warganya yang memang baru datang dari luar kota,” ujarnya, Jumat (11/09/2020).

Selain itu, juga wajib menerapkan proses karantina mandiri selama 14 hari pascakedatangan dan melapor untuk diawasi petugas kesehatan.

Badingah mengakui bahwa ratusan ribu warganya memang merantau ke kota-kota besar, termasuk DKI Jakarta. Diketahui, sejak awal April sudah ada 20.390 pemudik yang bertahan di kampung halamannya seperti Karangmojo, Semin, Wonosari, dan Playen.

Sementara itu, sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X juga menegaskan, Pemda DIY juga tetap akan mengantisipasi gelombang kedatangan warga DIY dari perantauan akibat PSBB DKI Jakarta, seperti pengetatan pendataan dan pemantauan setiap orang yang masuk ke wilayah DIY.

”Sekarang ini yang perlu kita waspadai justru PSBB Jakarta. Kita khawatir sebelum tanggal tersebut, mungkin orang Yogya yang ada di Jakarta kembali seperti kemarin. Itu yang semestinya harus kita waspadai,” ujar Sultan HB X.

Sultan juga meminta, pemerintah desa di seluruh DIY menerapkan kembali sistem pemantauan seperti saat awal pandemi Covid-19. “Tidak masalah jika ada penjagaan lagi di desa-desa, karena itu untuk memudahkan penelusuran jika ada kasus positif,” ujarnya.

Berkaca pada pemberlakuan PSBB beberapa waktu lalu, banyak warga yang tidak mampu beraktivitas secara ekonomi memilih pulang kampung dan akibatnya Pemda juga ikut menanggung dampak ekonominya, termasuk pengobatan, jika ada yang posiif Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Ke Banten, Jokowi Resmikan Pabrik Industri Baja dan Tinjau Vaksinasi

Presiden dan rombongan akan menuju Puskesmas Singandaru, Kota Serang, untuk meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

NASIONAL | 21 September 2021

Peringatan BMKG: 26 Wilayah Alami Cuaca Ekstrem Hari Ini

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara 50-100%.

NASIONAL | 21 September 2021

Balap Liar di Bekas Lapangan Terbang Zaman Kolonial Tewaskan 2 Remaja

Keputusan penutupan lapangan terbang peninggalan zaman kolonial tersebut sudah berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat.

NASIONAL | 21 September 2021

Nakes Korban Penyerangan KKB di Papua Bantah Dokter Restu Pegang Senjata

Saat insiden pembakaran dan perusakan terjadi mereka berempat melarikan diri dengan melompat ke dalam jurang yang ada di dekat puskesmas.

NASIONAL | 20 September 2021

Komisi VIII DPR Setujui Anggaran BNPB Tahun 2022 Sebesar Rp 1,127 Triliun

Kegiatan prioritas nasional tersebut di antaranya pendampingan pengelola infrastruktur darurat, penyaluran DSP atau dana siap pakai, distribusi logistik.

NASIONAL | 20 September 2021

Dipanggil KPK Besok, Anies: Insyaallah, Saya Hadir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) besok, Selasa (21/9/2021)

NASIONAL | 20 September 2021

Siti Nurbaya: Masyarakat Berkesadaran Hukum Bagian Solusi Permanen Kendalikan Karhutla

Siti menjelaskan sejak tahun 2020 sudah mulai disempurnakan langkah-langkah penanganan karhutla menuju solusi permanen.

NASIONAL | 20 September 2021

Jokowi Beri Bantuan Rp 100 Juta untuk Mantan Ratu Bulutangkis Indonesia yang Sakit Kanker

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan kepada Verawati Fajrin, legenda bulutangkis Indonesia yang sedang sakit kanker.

NASIONAL | 20 September 2021

Wagub Riza Yakin Anies dan Prasetio Tidak Terlibat Kasus Korupsi Tanah di Munjul

Wagub DKI, Ahmad Riza Patria meyakini Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi tidak terlibat kasus dugaan korupsi tanah di Munjul.

NASIONAL | 20 September 2021

Anies dan Prasetio Dipanggil KPK Soal Korupsi Tanah Munjul, Wagub Riza: Mereka Taat Hukum

Wagub DKI, Ahmad Riza Patria meyakini Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi taat hukum terkait pemanggilan KPK soal korupsi tanah.

NASIONAL | 20 September 2021


TAG POPULER

# Rocky Gerung vs Sentul City


# Napoleon Bonaparte


# Anies Baswedan


# PPKM


# Bangga Buatan Indonesia



TERKINI
Semester I 2021, Jasa Raharja Catat Laba Rp 877,84 Miliar

Semester I 2021, Jasa Raharja Catat Laba Rp 877,84 Miliar

EKONOMI | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings