Logo BeritaSatu

Eduard Depari: ATVI Lahirkan Profesional Penyiaran melalui Pendidikan Vokasi

Minggu, 13 September 2020 | 12:52 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Akademi Televisi Indonesia ( ATVI) Eduard Depari menyatakan, ATVI merupakan perwujudan tanggung jawab untuk menghadirkan profesional penyiaran melalui program pendidikan vokasi yang memadukan keterampilan teknis dengan pembentukan karakter peserta didik.

“Tantangan terbesar yang dirasakan saat ini adalah bagaimana menyiasati agar ciri dan karakter pendidikan vokasi tidak dikorbankan, apalagi dikesampingkan karena berubahnya model pembelajaran dari metode tatap muka menjadi metode daring atau online,” ujar Eduard Depari ketika pada acara “Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021” bertema ‘Tetap Belajar dan Berkarya di Masa Pandemi’ di Studio 2 ATVI, Jakarta, Sabtu (12/9/2020).

Sejumlah dosen hadir di Studi 2 ATVI dan para mahasiswa serta orang tua mengikuti secara daring dari rumah.
Eduard Depari yang dikenal sebagai pakar komunikasi ini menegaskan, satu hal yang pasti, pengurus ATVI tidak akan pernah mengambil risiko mengorbankan kesehatan demi terselenggaranya praktikum tatap muka . Kebijakan sementara yang kami tempuh adalah memberi prioritas utama pada penyelenggaran praktikum, saat kondisi krisis pandemi telah memungkinkan dijalankannya pembelajaran tatap muka.

Lebih jauh mengenai ATVI, Eduar Depari menjelaskan, sebagai akademi vokasi, ATVI akan berusaha agar nilai tambah yang dimilikinya, dapat dinikmati seluruh peserta didik. Nilai tambah yang dimaksud, antara lain, staf pengajar yang berlatar belakang akademis sekaligus praktisi dunia penyiaran, kesempatan praktikum bersama pelaku penyiaran, baik proses produksi maupun kegiatan siaran atau proses learning by doing.

“Selain itu, yang cukup penting penggunaan fasilitas studio yang dimiliki oleh stasiun TV komersial baik Indosiar maupun SCTV memungkinkan mahasiswa berkenalan dengan state of art of technology. Di samping itu, praktik kerja lapangan di berbagai industri penyiaran , rumah produksi, maupun bisnis digital yang bernaung di bawah perusahaan induk, Elang Mahkota Teknologi (Emtek),” papar Eduard Depari.

Dalam acara penyambutan mahasiswa baru ini, Ketua Yayasan Indosiar, Irma Suryani ikut memberikan sambutannya dan menyatakan rasa bangganya karena alumni ATVI telah berkiprah di sejumlah stasiun televisi nasional, televisi daerah, lembaga penyiaran lain, dan industri digital yang sangat berkembang saat ini.

“Rasa memiliki terhadap kampus ini harus ditumbuhkan, demi kemajuan bersama. Saya berpesan agar para mahasiswa baru lebih rajin belajar, ulet, dan kreatif, untuk masa depan yang kalian idamkan,” kata Irma Suryani.
Semangat Belajar

Ikut memberiksan sambutan dan pembekalan, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III), Prof Agus Setyo Budi . Dia menyarankan para mahasiswa baru ini untuk membuat agenda, apakah secara mingguan maupun bulanan. Dalam agenda itu dicantumkan sejumlah capaian yang akan diraih. “Agenda ini jadi acuan kalian dalam melangkah menuju keberhasilan,” katanya.

Agus Setyo Budi mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini seluruh jajaran ATVI harus memiliki jiwa dan semangat militant dalam kontek menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan mendasar yakni rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menggunakan masker, dan menjaga jarak. “Corona belum sirna, kita harus menjadi contoh penerapan protokol kesehatan,” tambahnya.

Dalam acara penyambutan mahasiswa baru ATVI ini, tampil pula artis peran Marsela Zalianti untuk membagi pengalaman dan memberikan semangat belajar dan berkreativitas di masa pandemi.

Marcella Zalianty, yang pernah meraih piala citra, dan kini Ketua Umum Parfi56, telah mewujudkan gagasannya membentuk Indiskop, bioskop independen Indonesia - yang berkonsep “Beyond Cinema for Everyone”. Ini juga merupakan jaringan bioskop pertama yang menyasar segmen ekonomi menengah (middle low).

Menurut Marsela, dunia penyiaran merupakan wahana bagi kreativitas banyak orang dengan beragam talenta untuk menghasilkan segudang karya kreatif bidang film, penyiaran, dan konten lainnya.

“Dunia penyiaran atau broadcast akan terus berkembang dan tak akan mati. Masa pandemi hanya jeda sejenak saja. Jadi manfaatkan jeda ini untuk lebih meningkatkan kemampuan dan pada saat pandemi sirna, kita makin berkembang.

Keberadan ATVI, kata artis yang juga Direktur Utama Keana Films ini, sangat membantu perkembangan dunia broadcast di Tanah Air, sebab dari ATVI lahir tenaga terampil bidang penyiaran yang diperlukan banyak stasiun TV dan juga bidang penyiaran lainnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings