Gubernur Khofifah Apresiasi Mobil Listrik SMK Model PGRI 1 Mejayan
Logo BeritaSatu

Gubernur Khofifah Apresiasi Mobil Listrik SMK Model PGRI 1 Mejayan

Minggu, 20 September 2020 | 20:54 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi apresiasi dan dukungan yang luar biasa untuk hasil cipta inovasi dan kreativitas guru dan siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan yang telah berhasil merakit mobil listrik UMKM Mokasi.

“Saya berharap apa yang telah dilakukan guru dan siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan ini dapat dikembangkan, dan bisa lebih maju lagi,” ujarnya saat berkunjung ke SMK Model PGRI I Mejayan, Jumat (18/9/202).

Dalam kunjungan itu Khofifah didampingi Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, Wakil Bupati Madiun, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Kepala Dinas Infokom Jawa Timur, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Bakorwil Madiun, Kodim 0803, Kapolres Madiun, Kepala Kejaksaan Kabupaten Madiun, Kepala Pengadilan Madiun, dan Perwakilan Forkompinda Lanud Iswahjudi.

Menurut Kepala SMK Model PGRI 1 Mejayan, Sampun Hadam, kunjungan orang nomor 1 di Jatim itu dalam rangka peninjauan percobaan penyelenggaraan pendidikan normal baru, dan pembangunan gedung industri mobil listrik UMKM Mokasi (Mobil Kampung Pesilat) yang merupakan hasil inovasi dan kreativitas siswa SMK ini.

Kegiatan tersebut diawali dengan peninjauan ruang kelas tempat diselenggarakannya proses pendidikan, penerapan protokol kesehatan, dan pencegahan Covid-19.

Selanjutnya, menuju tempat produksi mobil listrik UMKM Mokasi yang yang saat ini sudah ada 4 unit, dan 3 unit merupakan pesanan dari SMK PGRI 13 Surabaya.

“Secara teknis Mobil Listrik UMKM Mokasi mengalami peningkatan pada sistim suspense bodi mobil disesuaikan pada kebutuhan paket usaha yang dibimbing langsung oleh PT Reka Global Jasa, salah satu anak perusahaan PT Inka Madiun,” ujar Hadam dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9/2020).

Mobil Listrik UMKM Mokasi sebagai wujud riil SMK untuk pengabdian kepada masyarakat, dan menjadi salah satu alternatif pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19 ini.

Ditambahkan sinergi antar SMK dan UMKM se-Jawa Timur merupakan upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat sekaligus sebagai upaya peningkatan pendidikan kejuruan di SMK serta menumbuhkan entrepreneurship pada generasi milenial.

“Kehadiran Gubernur Jawa Timur mampu menjadi support untuk menyelesaikan pesanan Mobil Listrik UMKM Mokasi yang sampai saat ini telah mencapai 186 pesanan,” paparnya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Khofifah juga berkenan memotong tumpeng sebagai pembukaan dilakukannya pembangunan gedung industri mobil listrik UMKM Mokasi.

Rangkaiam kegiatan diakhiri dengan penyerahan masker dan face shield dari Gubernur Jawa Timur kepada SMK PGRI 1 Mejayan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kabar Baik, IPB dan BPI-BRIN Ciptakan Oxygen Concentrator Berbahan Baku Lokal

IPB University dan Balai Pengembangan Instrumentasi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BPI-BRIN) berhasil menciptakan oxygen concentrator.

NASIONAL | 28 September 2021

Habib Luthfi: Indonesia Raya Bukan Sekadar Lagu, tetapi Ikrar

Dengan mengetahui dan mengenal sejarah maka masyarakat akan paham bagaimana para pendahulu bangsa ini berjuang dan bagaimana mereka mencintai bangsanya.

NASIONAL | 28 September 2021

Ini Upaya Sub PB PON Klaster Mimika Tertibkan Penonton PON di Papua

Jumlah tiket yang dijual saat ini sebagian besar atau 60% dijual melalui aplikasi di atas dan sisanya sebanyak 40% melalui offline.

NASIONAL | 27 September 2021

Hunian Kamar Hotel di Sumut Sudah Capai 50%

Kenaikan hunian hotel di Sumut terjadi secara bertahap sejak 24 Agustus 2021.

NASIONAL | 27 September 2021

Akhiri Masa Jabatan di APJII, Ini Catatan Kesuksesan Jamalul Izza

Ketua Umum APJII, Jamalul Izza menyebut pengurus yang dipimpinnya telah merealisasikan 94 persen amanat Munas tahun 2018.

NASIONAL | 27 September 2021

Banjir Bandang Hantam Puluhan Rumah Warga di Sumsel

Tidak ada korban jiwa untuk warga yang rumahnya rusak berat.

NASIONAL | 27 September 2021

Ini Para Sesepuh yang Memutuskan Siapa Pengganti Mangkunegara IX

Penentuan penerus takhta Mangkunegaran Solo kemungkinan setelah 100 hari wafatnya Mangkunegara IX atau sekitar akhir November.

NASIONAL | 27 September 2021

Menag: Insentif Guru Bukan PNS Madrasah Segera Cair

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, insentif ini secara bertahap akan segera cair

NASIONAL | 27 September 2021


Fahri Hamzah Apresiasi Kinerja Kejagung dalam Pemberantasan Korupsi

Fahri Hamzah mengapresiasi kinerja Kejgung dalam pemberantasan korupsi. Tolak ukurnya, penyelamatan uang negara sebesar Rp 26,1 triliun.

NASIONAL | 27 September 2021


TAG POPULER

# Rocky Gerung vs Sentul City


# Jalur Puncak 2


# PSI


# SBY


# PKI



TERKINI
Awali Perdagangan IHSG di Sekitar Garis Datar

Awali Perdagangan IHSG di Sekitar Garis Datar

EKONOMI | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings