Logo BeritaSatu

Kemendikbud Salurkan Bantuan Kuota Internet Tahap 2

Selasa, 29 September 2020 | 13:07 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai menyalurkan bantuan kuota internet gratis tahap dua pada Senin (28/9/2020).

Penyaluran kuota tahap dua akan berlangsung hingga 30 September esok. Kuota berlaku 30 hari terhitung sejak diterima oleh nomor ponsel. Bantuan kuota tahap pertama sudah di bulan ini sudah disalurkan pada 22-24 September lalu.

Pemerintah telah meluncurkan kebijakan bantuan kuota internet gratis selama dari September hingga Desember 2020 bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen guna mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Total anggaran kebijakan ini mencapai Rp 7,2 triliun.

Adapun kebijakan ini merupakan hasil koordinasi antara Kemendikbud dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Kementerian BUMN, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

“Saya bersyukur atas kerja sama dan koordinasi yang baik lintas kementerian dan lembaga sehingga kebijakan bantuan kuota data internet dapat terealisasi. Seluruh penerima manfaat yakni peserta siswa, guru, mahasiswa, dan dosen akan mendapatkan kuota internet sesuai yang diperlukan selama empat bulan,” kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/9/2020).

Bantuan kuota internet ini terdiri dari dua jenis yakni kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sementara itu, kuota belajar hanya memberikan akses ke laman dan aplikasi pembelajaran tertentu sesuai dengan yang tercantum pada tautan berikut ini.

Alokasi kuota yang diberikan juga disesuaikan dengan jenjang pendidikan.

Siswa PAUD akan menerima 20 GB per bulan. Peserta didik di pendidikan dasar dan menengah akan mendapatkan 35 GB per bulan. Guru mendapatkan jatah 42 GB per bulan. Kuota terbesar yakni 50 GB per bulan diberikan ke mahasiswa dan dosen.

Seluruhnya mendapatkan kuota umum sebesar 5 GB per bulan dan sisanya adalah untuk kuota belajar.

Nadiem memastikan kuota internet akan dibagikan merata kepada seluruh pendidik dan peserta didik yang terdaftar.

“Saya meminta masyarakat untuk tidak khawatir karena seluruh pendidik dan peserta didik akan mendapatkan bantuan karena penyaluran dilakukan secara bertahap dan masa berlaku terhitung sejak bantuan kuota belajar diterima,” ungkap Nadiem.

Untuk bulan kedua, bantuan kuota diberikan pada 22-24 Oktober di tahap pertama dan 28-30 Oktober di tahap kedua.

Bantuan kuota di bulan ketiga dan keempat (November dan Desember) akan diberikan secara bersamaan.

Penyaluran tahap pertama akan dilakukan pada 22-24 November dan dilanjutkan dengan tahap kedua pada 28-30 November. Berbeda dari sebelumnya, kuota akan berlaku selama 75 hari sejak diterima nomor ponsel.

Diketahui, mekanisme pemberian bantuan kuota ini diawali dengan pendataan dan verifikasi nomor ponsel. Kemudian, Kemendikbud melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel oleh operator seluler. Dilanjutkan dengan penerbitan surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM). Terakhir adalah pemutakhiran nomor ponsel.

Bagi yang belum menerima bantuan kuota belajar bisa segera melaporkan ke pimpinan satuan pendidikan. Peserta didik atau pendidik bisa menginfokan nomor ponsel yang akan didaftarkan dan segera mengecek ke operator sekolah atau kampus untuk memastikan nomor telah terdaftar dan aktif.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggia/Laras Sabet Gelar di Indonesia International Challenge

Anggia/Laras Sabet Gelar di Indonesia International Challenge

SPORT | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings