Kemhub Terapkan Padat Karya untuk Pemeliharaan PJU Indramayu
Logo BeritaSatu

Kemhub Terapkan Padat Karya untuk Pemeliharaan PJU Indramayu

Minggu, 4 Oktober 2020 | 11:06 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Indramayu, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemhub) fokus melibatkan pekerja setempat dalam kegiatan pemeliharaan lampu penerangan jalan umum (PJU) di Jalur Pantura Indramayu.

“Pemeliharaan PJU di ruas Pantura ini ditargetkan penyerapan tenaga kerja program padat karya sebanyak 10 orang selama 30 hari dengan jumlah upah sebesar Rp28,5 juta yang bertujuan untuk membantu perekonomian warga sekitar. Selain itu, dapat memberikan pembelajaran dan pengalaman bekerja dalam bidang pemeliharaan lampu penerangan,” jelas Dirjen Hubdat Budi Setiyadi, Sabtu (3/10/2020).

Menurut Budi, keterlibatan pekerja setempat sesuai dengan Permenhub No 73 tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di lingkungan Kemhub. Permenhub ini menjelaskan dalam mendukung ketahanan perekonomian masyarakat, diharapkan pada pelaksanaannya dapat mengikutsertakan pekerja setempat.

Berdasarkan pantauan Dirjen Budi, sebanyak 815 unit PJU yang tidak berfungsi di sepanjang wilayah Kadanghaur, Indramayu.

Oleh karena itu, Ditjen Hubdat di bawah Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Provinsi Jawa Barat akan melakukan perbaikan 255 unit alat PJU di Jalur Pantura Indramayu.

“Dalam tahun 2020, telah dialokasikan anggaran untuk perbaikan 255 unit PJU. Sedangkan nanti pada tahun 2021, telah kami programkan pemeliharaan untuk 338 unit lainnya," jelas Budi.

Sementara itu, pemeliharaan PJU ini diapresasi Anggota Komisi V DPR Daniel Muttaqin.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kemhub atas respon yang cepat terhadap aspirasi masyarakat Indramayu di mana jalur Pantura ini adalah jalur yang tetap harus diperhatikan karena menjadi salah satu jalur utama perekonomian," jelas Daniel.

"Maka itu, terkait rambu-rambu yang tidak berfungsi dengan baik pada hari ini telah diperbaiki oleh Kemhub,” tambahnya.

Daniel menjelaskan, keberadaan Tol Cipali membuat jalur Pantura mulai jarang dilalui dan sepi. Hal ini berdampak pada usaha-usaha sekitar Jalur Pantura.

"Kemudian, berefek juga terhadap tingginya tingkat kriminalitas yang disebabkan penerangan yang kurang. Hal tersebut yang mendorong saya untuk memerhatikan PJU di wilayah Pantura dapat diperbaiki agar mengurangi kerawanan,” tutur Daniel.

Daniel juga berharap dengan adanya perbaikan PJU ini masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam menjaga fasilitas-fasilitas yang terpasang.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

HUT Ke-75, TNI Dituntut Tingkatkan Kemampuan Hadapi Ancaman Hibrida

Kemampuan TNI menghadapi ancaman senjata biologis pada gilirannya juga bisa diimplementasikan untuk menghadapi senjata pemusnah massal lainnya.

NASIONAL | 4 Oktober 2020

Buku Autobiografi Soy Martua Pardede Diluncurkan

Dengan menerbitkan buku Autobiografi, Soy Pardede ingin berbagi gagasan, kerja keras, pengalaman, dan prinsip-prinsip dalam kehidupan.

NASIONAL | 4 Oktober 2020

Ditjen Hubdat Akan Perbaiki Ratusan PJU di Jalur Pantura Indramayu

Di tahun 2020, pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan 255 unit penerangan jalan umum di Jalur Pantura Indramayu.

NASIONAL | 4 Oktober 2020

Perlu Transparansi Informasi Agar Pembangunan KSPN Tepat Sasaran

Berbagai pihak di NTT harus aktif mencari informasi pembangunan infrastruktur.

NASIONAL | 4 Oktober 2020

Bupati Bangka Tengah Meninggal Dunia Setelah Dinyatakan Positif Covid-19

Ibnu Saleh merupakan calon bupati petahana yang kembali maju dalam Pilkada 2020, mengalami sakit pada 27 September 2020 setelah uji swab.

NASIONAL | 4 Oktober 2020

Dosen dan Mahasiswa DItuntut Interaktif dalam Kuliah Daring

Kuliah daring sebagai implementasi pembelajaran jarak jauh tidak sekadar membagikan materi, tetapi juga harus terjadi interaksi selama proses berlangsung.

NASIONAL | 4 Oktober 2020

Banyak Anak Jateng yang Bercita-cita jadi Musisi atau Youtuber

Menurut survei Yayasan Setara, 28,49 persen anak-anak di Jawa Tengah usia 6-19 tahun ingin menjadi musisi, sementara 16,65 persen ingin menjadi youtuber.

NASIONAL | 4 Oktober 2020

TNI Sergap Gerombolan KKSB di Nduga, Satu Tewas

Kontak tembak tersebut berhasil menewaskan salah seorang anggota KKSB anak buah Egianus Kogoya.

NASIONAL | 4 Oktober 2020

Ditarik ke Polda Jatim, Kasat Sabhara Polres Blitar Tidak Jadi Mundur

AKP Agus Hendro Tri Susetyo ditarik ke Polda Jatim untuk dilakukan penyegaran sementara, namun dia juga masih menjabat sebagai Kasat Sabhara Polres Blitar.

NASIONAL | 3 Oktober 2020

PB IDI Ungkap Tiga Dokter Kembali Gugur karena Pandemi Covid-19

Hingga Sabtu (3/10/2020), sebanyak 130 orang dokter telah meninggal dunia akibat pandemi Covid-19.

NASIONAL | 3 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS