Bawaslu Bengkulu Temukan Kampanye Pilkada Langgar Protokol Kesehatan
Logo BeritaSatu

Bawaslu Bengkulu Temukan Kampanye Pilkada Langgar Protokol Kesehatan

Jumat, 9 Oktober 2020 | 11:40 WIB
Oleh : Usmin / JEM

Bengkulu, Beritasatu.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Bengkulu masih menemukan kampanye tatap muka calon kepala daerah (cakada) baik bupati maupun gubernur dihadiri lebih dari 50 orang peserta, sehingga kampanye tersebut telah melanggar protokol kesehatan (prokes).

Sebab, sesuai ketentuan kampanye tatap muka ditengah pandemi Covid-19 hanya dihadiri maksimal 50 orang, termasuk tim pemenangan cakada bersangkutan.

Bawaslu Bengkulu juga menemukan kebanyakan peserta kampanye terbuka Pilkada Seretak 2020 tidak memakai masker, dan tidak menerapkan jaga jarak atau physical distancing sebagaimana ketentuan KPU Pusat.

Koordinator Devisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Bengkulu, Fatimah Siregar, di Bengkulu, Jumat (9/10/2020), membenarkan pihaknya masih menemukan cakada menggelar kampanye terbuka atau pertemuan dengan masyarakat dihadiri lebih dari 50 orang, sehingga pertemuan ini berpotensi menimbulkan penyebaran virus corona.

Menyakapi masalah ini, Bawaslu Bengkulu sudah meminta Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten dan kota untuk membubarkan kampanye cakada yang melanggar prokes, seperti peserta pertemuan tetap muka lebih dari 50 orang, peserta tidak memakai masker dan tempat duduk tidak menerapkan jaga jarak.

"Kita sudah minta Satgas Penanganan Covid-19 di kabupaten dan kota bersikap tegas jika menemukan cakada kampanye melanggar proskes langsung direkomendasikan untuk dibubarkan karena melanggar ketentuan," ujarnya.

Sikap tegas ini dilaksanakan Bawaslu selain dalam rangka menegakan peraturan pemilu juga mencegah terjadinya penyebaran virus corona di klaster pilkada. "Kita tidak mau muncul klaster pilkada di Bengkulu, akibat cakada kampanye melanggar prokes, makanya jika cakada melanggar aturan saat kampanye langsung kita bubarkan," ujarnya.

Fatimah Siregar mengimbau para kacada peserta pilbup dan pilgub Bengkulu untuk rajin memakai masker dan menjaga jarak saat berfoto dengan masyarakat. Sebab, kita temukan cakada baik bupati maupun gubernur ketika melakukan kampanye tatap muka dan blusukan tidak memakai masker.

Demikian pula saat berfoto dengan masyarakat selain tidak memakai masker juga tidak menerapkan jaga jarak atau physical distancing. Pelanggaran prokes ini tidak hanya dilanggar oleh cakada penantang, tapi kebanyakan oleh cakada pertahana baik bupati maupun gubernur.

Padahal, cakada petahana merupakan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 di daerahnya, tapi disayangkan saat kampanye pilkada mereka tidak memberi contah yang baik kepada masyarakat dalam menerapkan prokes guna menekan peningkatkan kasus Covid-19 di Bengkulu.

Sementara itu, anggota KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto mengimbau para cakada sebaiknya saat kampanye tatap muka tidak usah membagikan baju kaos kepada warga, tapi bagusnya membagikan masker kepada peserta kampanye sehingga bisa dipakainya guna mencegah terpapar virus corona.

"Kita mengimbau para peserta cakada baik bupati maupun gubernur sebaiknya saat menggelar kampanye rapat umum tidak membagikan baju kaos, tapi membagikan masker dan hand sanitazer kepada masyarakat yang hadir dalam kampanye tersebut," ujarnya.

Dengan pembagian masker tersebut, katanya otomatis peserta kampanye tatap muka Pilkada Serentak 2020, yang hadir langsung meemakainya, sehingga mereka aman dari ancaman terpapar virus mematikan tersebut.

"Jadi, kita minta benar para cakada di Bengkulu, yang menggelar kampanye tatap menyediakan masker gratis untuk para peserta, sehingga massa yang hadir di kampanye tersebut telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jubir Pemerintah: Masyarakat Jangan Terjebak Mitos Vaksinasi

masyarakat tak perlu khawatir akan vaksinasi karena itu adalah proses awal pembentukan antibodi terhadap suatu penyakit tertentu

NASIONAL | 9 Oktober 2020

Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta Transformasi Logo, Himne dan Mars

Himne dan Mars merupakan sebuah kekuatan dan ciri khas yang dikumandangkan di hampir seluruh acara penting yang diadakan universitas.

NASIONAL | 9 Oktober 2020

Kementerian Agama Sulteng Maksimalkan Peran Tokoh Agama Kampanyekan Protokol Kesehatan

Memerangi pandemi Covid-19 bukan peran pemerintah saja melainkan diperlukan keterlibatan semua pemangku kepentingan.

NASIONAL | 9 Oktober 2020

Pilkada Medan, KITA Deklarasikan Kemenangan untuk Bobby-Aulia

Deklarasi itu juga dihadiri oleh Ketua Pedagang Pasar Medan, Puan Maharani, presenter televisi sekaligus seniman, Tere Marbun, dan Ketua Pesada Medan Vivico.

NASIONAL | 9 Oktober 2020

Debat SDGs Virtual Fokus Keterlibatan Pemuda di Tengah Pandemi Covid-19

Acara tahun ini menyoroti bagaimana kaum muda Indonesia merespon tantangan Covid-19 dan bagaimana mereka bertindak dalam agenda SDGs.

NASIONAL | 9 Oktober 2020

BMKG: Sejumlah Wilayah RI Diguyur Hujan Lebat Hari Ini dan Besok

Hujan lebat disertai angin kencang serta kilat/petir berpotensi terjadi pada 8 - 10 Oktober 2020.

NASIONAL | 9 Oktober 2020

Menteri LHK: UU Cipta Kerja untuk Penyelesaian Konflik Kehutanan dan Penciptaan Lapangan Kerja

"Dengan begitu, sangat jelas bahwa dalam UU Cipta Kerja ini, pemerintah berpihak pada rakyat,” tegas Siti Nurbaya.

NASIONAL | 9 Oktober 2020

5 Pendemo Reaktif Covid-19, 2 Positif Ganja

Sebanyak lima pendemo reaktif Covid-19 berdasarkan hasil tes cepat, dan dua orang positif menggunakan narkoba jenis ganja.

NASIONAL | 9 Oktober 2020

Sekjen PDIP: Prioritaskan Tindakan Hukum Pelaku Anarkistis dan Aktor di Belakangnya

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto meminta aparat penegak hukum menindak pelaku anarkistis dan aktor di belakangnya.

NASIONAL | 9 Oktober 2020

Lewat Senam Sundul Langit, Menpora Ajak Anak Muda Berolahraga

Gerakan Senam Sundul Langit terinspirasi dari gerakan sepak bola seperti mengoper bola hingga selebrasi gol.

NASIONAL | 9 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS