Kasus Streaming Ilegal Tayangan Sepakbola Diproses Kejaksaan
Logo BeritaSatu

Kasus Streaming Ilegal Tayangan Sepakbola Diproses Kejaksaan

Rabu, 14 Oktober 2020 | 13:35 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Berkas perkara streaming ilegal siaran langsung sepakbola di wilayah Jawa Tengah dinyatakan telah lengkap (P-21) oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Ini adalah tindak lanjut dari penetapan tersangka oleh pihak kepolisian Daerah Jateng.

Atas perbuatan tersebut, tersangka mendapat ancaman pidana maksimal hingga 10 tahun penjara dan denda Rp4 miliar, sesuai dengan ketentuan Pasal 118 dan/atau Pasal 113 Undang-Undang nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, berdasarkan laporan dari Mola TV selaku pemegang lisensi MOLA TV Content & Channels. Perbuatan pidana dilakukan melalui laman bolasiar.live, bolasiar.net, bolasiar.xyz, dan 62.210.88.55.

Kanit I Subdit I Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Kompol Edi Purnomo, mengatakan telah menyerahkan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah awal Oktober 2020.

“Hasil Penyidikan perkara website Bolasiar yang dilakukan oleh Penyidik Unit I Subdit I Ditreskrimsus Polda Jateng berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B/253/VII/2020/Jateng/Ditreskrimsus tanggal 9 Juli 2020 dengan Terlapor Sdr. IW telah dinyatakan lengkap (P-21) oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah," tutur Edi Purnomo.

Tim kuasa hukum MOLA TV, Uba Rialin menerangkan, upaya hukum terpaksa diambil. Sejak awal pihaknya telah beritikad baik dengan mengumumkan hak atas tayangan MOLA Content & Channels di surat kabar nasional dan melakukan sosialisasi serta melakukan pendekatan persuasif kepada khalayak umum secara intensif.

Mereka melakukan itu di beberapa kota, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Medan, Batam, Makassar, dan Balikpapan. Mereka juga telah memberikan peringatan kepada pihak-pihak yang diduga melakukan pelanggaran, tapi upaya-upaya sebagaimana disebutkan di atas tetap diabaikan.

"Langkah ini sebagai bukti kalau kita harus berjuang dengan tindakan nyata khususnya terkait kasus pelanggaran Hak Cipta atas tayangan yang dimiliki secara sah ini,” tutur Uba Rialin ketika dihubungi media, Rabu (14/10/2020).

“Kami sangat menyayangkan kejadian ini karena kami sudah berusaha bersikap kooperatif, di mana sebelum memulai suatu prosedur hukum atas kasus dugaan pelanggaran tertentu kami memastikan untuk selalu membuka pintu dialog dan kerjasama, namun apa daya usaha tersebut tidak diindahkan dan pelanggaran tetap terjadi,” imbuhnya.

Ditegaskan seluruh tayangan MOLA Content & Channels lekat dengan hak-hak ekonomi MOLA TV yang tidak dapat dipergunakan tanpa kerja sama, izin, ataupun persetujuan tertulis. Segala bentuk penayangan, publikasi, atau kegiatan apapun terkait di wilayah Negara Republik Indonesia melalui media apapun juga yang dilakukan tanpa ijin, persetujuan tertulis di area atau dengan tujuan komersil adalah pelanggaran hukum yang memiliki konsekuensi hukum.

Aparat penegak hukum secara intensif akan terus melakukan investigasi dan menindak secara hukum termasuk sanksi pidana terhadap para terduga pelaku pelanggaran hak cipta atas tayangan MOLA Content & Channels di Indonesia, seperti misalnya para penyelenggara layanan streaming ilegal/pembajak konten, penyelenggara kegiatan nonton bareng tanpa izin, pengedar, penyebar, pelaku endorsement di media sosial maupun pengguna/pembeli konten ilegal atas tayangan tersebut.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

BPN Bandung Tegaskan Pemkot Bandung Pemilik Sah Lahan di Kiara Condong

Pemkot Bandung, sangat mendukung upaya penegakan hukum dalam kasus dugaan pemalsuan verponding atas lahan di Kiara Condong, Kota Bandung.

NASIONAL | 13 Oktober 2020

Satgas: Persentase Kasus Aktif Covid-19 Nasional Terus Alami Penurunan

Persentase kasus aktif Covid-19 di tingkat nasional terus mengalami penurunan hingga mencapai 19,17 persen per 14 Oktober 2020.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

UU Cipta Kerja Disebut Memudahkan UMKM

Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) disebut akan memberi kemudahan terhadap sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

NASIONAL | 14 Oktober 2020

Politikus PKB Minta FPI Jelaskan soal Rizieq Syihab Akan Pimpin Revolusi

Front Pembela Islam (FPI) diminta menjelaskan pernyataan bahwa Rizieq Syihab akan memimpin revolusi di Indonesia.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

Database Peraturan BPK Permudah Proses Pemeriksaan

Layanan informasi peraturan.bpk.go.id merupakan database peraturan di tingkat pusat dan daerah yang membantu BPK dalam melakukan pemeriksaan.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

KPK Analisis Laporan Dugaan Korupsi Terkait Lapangan Migas Jatinegara

Komisi Pemberantasan Korupsi memastikan telah menerima laporan masyarakat mengenai dugaan penyimpanangan dana pengelolaan keuangan lapangan Migas Jatinegara.

NASIONAL | 13 Oktober 2020

Kuasa Hukum Terdakwa Jiwasraya Nilai Putusan Hakim Bombastis

Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (tipikor) Jakarta sangat bombastis, bahkan terkesan sekadar menyenangkan publik.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

Penanggulangan Covid-19, Jawa Barat Rekrut Relawan Medis

Pendaftaran relawan medis Jawa Barat akan dibuka hingga 31 Oktober mendatang.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

Kapal Ro-Ro 300 GT Lintas Pecah Buyung-Alai Insit Mulai Dibangun

Pembangunan kapal diperkirakan akan memakan waktu selama 17 bulan.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

3.517 Wartawan Lolos Seleksi Fellowship Perubahan Perilaku

Masih tersedia 2.283 kuota peserta program untuk semua platform media, yakni cetak, online, televisi, dan radio.

NASIONAL | 14 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS