Komplotan Begal Menyaru Satgas Covid-19 Berhasil Diamankan
Logo BeritaSatu

Komplotan Begal Menyaru Satgas Covid-19 Berhasil Diamankan

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:25 WIB
Oleh : YUD

Bengkulu, Beritasatu.com - Tim Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Bengkulu menangkap dua orang pelaku pembegalan berinisial FA dan FB dengan modus menjadi anggota Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

Direskrimum Polda Bengkulu Kombes Pol Teddy Suhendyawan dalam ekspose perkara, Rabu (14/10/2020), mengatakan empat pelaku telah melancarkan aksinya di 15 tempat kejadian perkara (TKP) berbeda.

Pelaku membegal korbannya dengan modus berpura-pura sedang menjalani operasi yustisi penegakan protokol kesehatan Covid-19 dengan menyasar korban remaja yang tidak menggunakan masker saat berkendara.

Kemudian, pelaku memberhentikan korban dan berpura-pura menanyakan kartu identitas dan menanyakan alasan mengapa korban tak menggunakan masker.

Setelah korban teperdaya, pelaku kemudian menodongkan senjata api rakitan dan meminta korban menyerahkan kendaraan dan barang berharga lainnya seperti telepon genggam.

"Jadi pelaku ini mengaku menjadi anggota Satgas Covid-19 dan mengaku menjadi polisi, modusnya mereka melakukan razia masker dan membegal korbannya," ujar Teddy.

Ia menjelaskan, penyidik telah menetapkan pelaku sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 365 ayat 1 dan ayat 2 ke-2e KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun.

Selain itu, pelaku juga dijerat dengan Undang-Undang Darurat atas kepemilikan dan penyalahgunaan senjata api.

Teddy menambahkan, kedua pelaku melancarkan aksinya bersama dua orang rekan lainnya yang saat ini masih dalam pengejaran pihak kepolisian dan telah dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Setelah melancarkan aksinya, tersangka FA dan FB melarikan diri ke Jakarta, dan ditangkap pada Sabtu (3/10) lalu, di Jalan Jelambar Utama, Jakarta Barat.

"Penangkapan kedua tersangka ini bermula dari penangkapan dua orang penadah di Kabupaten Seluma dan di tangan mereka disita sejumlah barang bukti," katanya lagi.

Selain menangkap dua orang tersangka pembegalan dan dua orang penadah, polisi juga menyita satu unit mobil minibus yang digunakan tersangka dalam melancarkan aksinya.

Kemudian barang bukti lainnya, yakni satu pucuk senjata api rakitan beserta amunisi, satu pucuk air softgun, empat unit telepon genggam, satu unit sepeda motor, dua bilah senjata tajam dan tas ransel berwarna hitam.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Gugatan Perdata terhadap Gubernur dan Manajemen Bank Banten Dicabut

Penggugat Moch Ojat Sudrajat mengatakan bahwa pencabutan gugatan perdata terhadap Bank Banten dan para tergugat bersifat sementara.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

Kementerian BUMN: Vonis Kasus Jiwasraya Peringatan bagi Semua Pihak

Vonis pidana penjara seumur hidup kepada empat terdakwa kasus korupsi di Asuransi Jiwasraya harus menjadi peringatan bagi semua pihak.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

FPI Ungkap Rizieq Syihab Akan Pulang untuk Pimpin Revolusi Selamatkan NKRI

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) akan pulang ke Tanah Air untuk memimpin revolusi.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

BKPM kepada Apkasi: UU Ciptaker Tidak Kurangi Kewenangan Daerah

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) tidak mengurangi kewenangan daerah.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

Kasus Streaming Ilegal Tayangan Sepakbola Diproses Kejaksaan

Perbuatan pidana dilakukan melalui laman bolasiar.live, bolasiar.net, bolasiar.xyz, dan 62.210.88.55.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

BPN Bandung Tegaskan Pemkot Bandung Pemilik Sah Lahan di Kiara Condong

Pemkot Bandung, sangat mendukung upaya penegakan hukum dalam kasus dugaan pemalsuan verponding atas lahan di Kiara Condong, Kota Bandung.

NASIONAL | 13 Oktober 2020

Satgas: Persentase Kasus Aktif Covid-19 Nasional Terus Alami Penurunan

Persentase kasus aktif Covid-19 di tingkat nasional terus mengalami penurunan hingga mencapai 19,17 persen per 14 Oktober 2020.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

UU Cipta Kerja Disebut Memudahkan UMKM

Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) disebut akan memberi kemudahan terhadap sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

NASIONAL | 14 Oktober 2020

Politikus PKB Minta FPI Jelaskan soal Rizieq Syihab Akan Pimpin Revolusi

Front Pembela Islam (FPI) diminta menjelaskan pernyataan bahwa Rizieq Syihab akan memimpin revolusi di Indonesia.

NASIONAL | 14 Oktober 2020

Database Peraturan BPK Permudah Proses Pemeriksaan

Layanan informasi peraturan.bpk.go.id merupakan database peraturan di tingkat pusat dan daerah yang membantu BPK dalam melakukan pemeriksaan.

NASIONAL | 14 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS