Logo BeritaSatu

Banyak Kalangan Belum Paham Tahapan Kerja Arsitektur

Rabu, 21 Oktober 2020 | 22:42 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Karya arsitek selalu identik dengan keindahan dan keunikan yang khas, sekaligus menggambarkan sosok di balik karya cipta tersebut.

“Apalagi, jika pekerjaan itu merupakan hasil kerja para arsitek yang hidup di era modern, sejak awal perancangan sampai ke proses pembuatan desain sampai pembuatan produk arsitekturalnya,” kata Direktur PT Kenari Djaja, Hendry Sjafrudin, dalam seminar online bertema Design and Build Menuju Era 4.0, di Jakarta, Rabu (21/10/2020).

Seminar yang diikuti lebih dari 500 peserta dari seluruh Indonesia ini, membahas karya arsitek baik berupa bangunan perumahan, gedung serta produk pendukung arsitektur dan interior.

"Ketiga narasumber dengan latar belakang arsitek juga memiliki permasalahan dalam proses pekerjaan mereka yang bisa diselesaikan dengan baik, sehingga masalah design and build yang dihadapi tanpa menimbulkan conflict of interest,” kata Hendry.

Salah satu narasumber yang berkontribusi membagi pengalaman di seminar ini, adalah Ir Handayanto Sundojo, yang memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun di dunia rancang bangun dengan karya arsitektur dan interior yang dipuji konsumennya.

“Masih banyak konsumen arsitek belum paham tentang dua tahapan kerja pada kegiatan arsitektur yaitu perencanaan (design) dan pembuatan atau pembangunan (build),” ungkap Handayanto Sundojo.

Direktur utama PT Parama Dharma ini, memperlihatkan bagaimana arsitek construction dapat pula mengejar tuntutan masa kini, dengan menerapkan perangkat teknologi digital.

“Kadang pemberi tugas atau pekerjaan ingin tahapan ini disatukan untuk memudahkan urusan. Hal itu bukan tidak mungkin dilakukan arsitek bila proporsional, jelas lingkup tugas dan pengaturannya,” tandasnya.

Pembicara lainnya, Andhika Perdana ST, memperlihatkan sebagai generasi muda sudah bisa mewarnai dunia arsitektur di Indonesia lebih cepat dan kreatif, karena keahliannya didukung teknologi modern sesuai tuntutan era industri 4.0 untuk kegiatan arsitektur dan Interior.

“Arsitek harus memiliki banyak pengalaman pekerjaan perencanaan yang dikerjakan secara digitalisasi, jika tidak ingin tertinggal dalam kegiatan jasa konstruksi yang penuh tantangan,” kata arsitek senior di PT Hadiprana Design Consultant ini.

Berbeda halnya dengan Ir Halistya Pramana. Arsitek yang juga Direktur Utama Vinoti Living ini, lebih fokus pada masalah kelengkapan arsitektur dan interior ini, melihat desain produk arsitektural tak kalah penting dalam membentuk suasana ruang dalam memenuhi kenyamanan dan keindahan.

“Tetap diperlukan keahlian arsitek dalam mendesain sebuah produk elemen arsitektur. Problem yang dihadapi hampir sama dengan pekerjaan arsitek dalam menghadapi perencanaan dan pembuatan bangunan,” tandas Halistya Pramana



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mbah Mijan Sebut Lesti Kejora dan Rizky Billar Jodoh Panjang, Warganet Bereaksi

"Lesti Kejora dan Rizky Billar berjodoh panjang, Mbah doakan yang terbaik," kata Mbah Mijan dalam akun Twitter pribadinya.

NEWS | 29 September 2022

HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

Ketua UmumPerindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dikukuhkan sebagai ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dikeluarkan dari RUU Sisdiknas

PB PGRI meminta pemerintah untuk mengeluarkan Undang-Undang Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

NEWS | 29 September 2022

Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

Pertemuan Airlangga-Puan akan membuka peluang koalisi PDIP dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 29 September 2022

Pakar Hukum Nilai Putri Candrawathi Seharusnya Ditahan

Pakar hukum pidana dari Unsoed, Prof Hibnu Nugroho menilai istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi seharusnya ditahan sebagai bentuk kesamaan di mata hukum.

NEWS | 29 September 2022

Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

Satgas Madago Raya berhasil melumpuhkan satu orang anggota terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Ungkap Hal Fundamental agar Indonesia Bisa Bersaing

Presiden Jokowi menyebutkan 3 hal fundamental yang harus terus dibenahi dan dibangun agar Indonesia mampu bersaing di kancah global.

NEWS | 29 September 2022

Soal Lapas Kelebihan Kapasitas, Ini Kata Menteri Yasonna

Menteri Yasonna menyatakan mengirimkan tahanan ke lapas yang tidak padat serta melakukan program asimilasi integrasi guna mengatasi lapas kelebihan kapasitas.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Aura Lesti Kejora Mengarah ke KDRT

Paranormal Mbah Mijan turut berkomentar terkait pelaporan Lesti Kejora atas tindakan sang suami Rizky Billar dalam dugaan kasus KDRT tersebut.

NEWS | 29 September 2022

Inovasi Pengganti Kayu, Conwood Komitmen Jaga Kelestarian Hutan

Guna menandai 10 tahun kehadiran PT Conwood Indonesia, inovasi pengganti kayu diluncurkan sebagai produk dekoratif terbarunya yaitu Conwood Beyond.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings