Logo BeritaSatu

Ekspansi ke Padang, Noka Coffee Gandeng Alko Berdayakan Petani

Jumat, 23 Oktober 2020 | 12:16 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Padang, Beritasatu.com - Kedai kopi, Noka Coffee melakukan ekspansi dengan membuka outlet kedua di kota Padang, Sumatera Barat Jumat (23/10/2020) setelah sebelumnya hadir di Bandung. Perluasan bisnis kali ini bekerja sama dengan Koperasi Petani Alam Korintji (Alko) yang menaungi petani kopi Kerinci, di sekitar Jambi.

"Dengan 625 petani kopi di bawah naungan Alko yang menangani lahan seluas 430 hektare (ha) yang tersebar di 24 desa, kolaborasi ini menjadi titik tolak memberdayakan petani di hulu produksi kopi," kata Co-Founder sekaligus Chief Marketing Officer Noka Coffee, Rendrian Maharsya dalam keterangan yang diterima.

Koperasi Petani Alam Korintji (Alko) dilengkapi aplikasi kopi traceability dengan mengadopsi teknologi blockchain yang dikembangkan perusahaan asal Jepang, Emurgo. Teknologi ini memungkinkan konsumen mengetahui proses kopi dari petik, roasting, hingga penyajian.

Petani tradisional dengan keterbatasan akses teknologi sebelumnya kerap tidak mendapatkan harga jual dari pengepul sesuai ekpektasi. Dengan edukasi oleh Alko, kini sebagain besar petani kopi Kerinci dapat mengetahui fluktuasi harga kopi dunia secara real time. "Noka Coffee melihat dedikasi Alko di sektor agribisnis ini sebagai aset utama untuk kolaborasi jangka panjang," kata Rendrian Maharsya.

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 membuat pendapatan petani kopi menurun seiring berkurangnya demand, baik di pasar domestik maupun global. Banyak yang berpindah menjadi petani musiman, belum lagi pengepul yang membeli biji kopi dengan harga rendah. "Cara Alko mengedukasi petani dan meningkatkan kesejahteraan membuat kami bersemangat memulai project ini,” ujar dia.

CEO Alko yang juga merangkap petani dan prosesor Suryono Bagastani menambahkan kolaborasi ini sejalan misi koperasi mengangkat derajat petani dan menarik minat generasi muda Kerinci untuk membangun daerahnya melalui sektor agribisnis. “Kami mengapresiasi Noka yang mengangkat cerita petani dalam setiap produk mereka, dan ini baru permulaan," kata dia.

Setelah Padang, Alko juga akan mengerjakan Noka Coffee Jambi yang melibatkan mahasiswa berprestasi Universitas Jambi (Unja), tak hanya sebagai karyawan tapi juga pemegang saham outlet Jambi.

Dalam kesempatan ini Noka sebagai brand yang mengedepankan tema “The Infinite Story of Farmers” ini juga meluncurkan produk kopi susu terbaru mereka, Kopi Susu “Specialty Arabica Natural” Mbak Erna. Mbak Erna sendiri adalah seorang petani binaan Alko dari desa Giri Mulyo Kayu Aro, yang telah mengekspor biji kopi specialty miliknya ke berbagai negara, seperti Jepang, Norwegia, dan Selandia Baru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rumah Sakit Sempat Tarik Biaya ke Korban Tragedi Kanjuruhan

Salah satu suporter Arema FC mengungkapkan, pihak rumah sakit sempat menarik biaya kepada para korban tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Putri Dipindah ke Rutan Salemba, Ini Respons Pengacara

Tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, Putri Candrawathi dipindah ke Rutan Salemba

NEWS | 5 Oktober 2022

Bogor Siapkan Rp 1,8 Miliar untuk Beli 7 Kendaraan Listrik

Pemkot Bogor mengalokasikan anggaran untuk membeli 7 unit kendaraan listrik yang akan digunakan sebagai mobil operasional pada tahun ini.

NEWS | 5 Oktober 2022

BPBD: 3 RT di Jakarta Masih Tergenang

BPBD menyatakan, genangan akibat hujan deras di DKI Jakarta pada Selasa (4/10/2022) malam diketahui masih melanda 3 RT di DKI Jakarta.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Sempat Ditolak Dibawa dengan Ambulans

Salah satu suporter Arema FC mengeklaim, ada aparat keamanan menghalangi suporter yang menjadi korban ketika tragedi kerusuhan Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Genangan Surut di Sejumlah Tempat, BPBD: Kerja Seluruh Petugas

Genangan akibat hujan deras di DKI Jakarta pada Selasa (4/10/2022) malam diketahui telah surut sejak pukul 07.00 WIB.

NEWS | 5 Oktober 2022

Butuh Dana Lima Kali Lipat, Pakistan Kehabisan Uang untuk Pemulihan Banjir

Pakistan kehabisan uang untuk pemulihan banjir karena dana yang dibutuhkan negara itu meningkat lima kali lipat.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar, Polisi Bakal Periksa 2 Saksi Lagi

Terkait kasus KDRT yang diduga dilakukan Rizky Billar kepada Lesti Kejora, aparat kepolisian bakal memeriksa dua saksi lagi.  

NEWS | 5 Oktober 2022

Tahun 2022, Digidata Sukses Raih 3 Prestasi Global

Sepanjang 2022, Digidata menyabet tiga prestasi global. Kali ini, teknologi perusahaan asal Indonesia berhasil lolos sertifikasi internasional dari NIST.

NEWS | 5 Oktober 2022

Saat Prajurit Penjaga Perbatasan Tak Berani Jawab soal Tunjangan ke Jokowi

Jokowi berkesempatan menyapa prajurit TNI yang sedang bertugas menjaga di sejumlah kawasan perbatasan dengan negara-negara tetangga.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rumah Sakit Sempat Tarik Biaya ke Korban Tragedi Kanjuruhan

Rumah Sakit Sempat Tarik Biaya ke Korban Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings