Waspada Cuaca Ekstrem di Masa Libur Panjang
Logo BeritaSatu

Waspada Cuaca Ekstrem di Masa Libur Panjang

Jumat, 23 Oktober 2020 | 22:05 WIB
Oleh : Ari Supriyanti Rikin / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hingga akhir Oktober 2020 sejumlah provinsi berpotensi terjadi cuaca ekstrem yang ditandai hujan sedang hingga lebat. Oleh karena itu, masyarakat perlu mewaspadai dampak dari potensi bencana ini pada periode libur panjang, khususnya di akhir Oktober 2020. Bahkan BMKG pun meminta masyarakat waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor.

Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Agie Wandala Putra, kepada Suara Pembaruan, Jumat (23/10/2020) mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat, petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Wilayah yang berpotensi dilanda hujan sedang-lebat yaitu Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan untuk potensi curah hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek ) pada sepekan ke depan bervariasi antara intensitas ringan hingga lebat, terutama di periode antara 24 Oktober hingga 26 Oktober 2020.

"Konsentrasi hujan intensitas sedang-lebat terjadi terutama di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan," katanya di Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Sementara berdasarkan prakiraan curah hujan sepekan ke depan maka provinsi yang berpotensi terjadi longsor akibat curah hujan tinggi antara lain Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Maluku.

Mengingat sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan, ditambah dengan peluang aktifnya fenomena La Nina maka BMKG mengimbau masyarakat agar selalu meng-update informasi prakiraan cuaca dan informasi peringatan dini cuaca di wilayahnya masing-masing.

"Bisa melalui website BMKG, media sosial seperti Twitter, Facebook, YouTube, serta mobile app BMKG di @InfoBMKG," imbuhnya.
Masyarakat juga diminta tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat, petir, hujan es, dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.



Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Bertemu Paus Fransiskus, JK Sampaikan Salam Hangat dari Masyarakat Indonesia

JK menyampaikan apresiasinya pada Paus yang bekerja sama dengan Grand Syeikh, Universitas Al Azhar Kairo untuk mengangkat persaudaraan kemanusiaan.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Libur Panjang, Pengelola Wisata di Bengkulu Batasi Pengunjung

Pembatasan pengunjung untuk mencegah terjadi penyebaran Covid-19.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Banten Dapat Jatah 8,1 Juta Vaksin Covid-19

Jumlah tersebut dialokasikan untuk tenaga kesehatan sebanyak 45.829 vaksin, untuk petugas Satpol PP, TNI dan Polri se-Provinsi Banten sebanyak 17.088 vaksin.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Mendagri: Rp 252,78 Triliun Dana Pembangunan Daerah Disimpan untuk Dapat Bunga

Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan, ada pemda yang tidak membelanjakan uang untuk pembangunan tetapi disimpan di bank untuk mendapatkan bunga

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Periksa Dirut PT Treasure Fund Investama

Kejagung kembali melakukan pemeriksaan kepada empat orang saksi yang terkait perkara dugaan korupsi Jiwasraya

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Tekan Pengangguran, Sumbawa Butuh Pemimpin Cerdas

Tingginya angka pengangguran menjadi persoalan Kabupaten Sumbawa.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

KPK Tegaskan Masih Usut Kasus Suap Bos BORN Samin Tan

KPK menegaskan terus mengusut kasus dugaan suap terminasi Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup di Kementerian ESDM

NASIONAL | 23 Oktober 2020

KPK Dalami Temuan Anggaran Pembangunan Daerah Sebesar Rp 252 Triliun

KPK memastikan akan mendalami temuan Mendagri Tito Karnavian adanya dugaan anggaran daerah sebesar Rp 252 triliun yang sengaja diendapkan di bank

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Klaster Bank di Bantul, 9 Orang Positif Covid-19

Bermula dari satu orang karyawan di sebuah bank swasta di Kabupaten Bantul yang positif Covid-19, akhirnya sembilan orang juga positif.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Libur Panjang, Pemprov Jateng Pantau Obyek Wisata

Ada enam wilayah yang menjadi perhatian di antaranya, seputar Bandungan an Dusun Semilir, Belik, Owabong, Dieng. Gunung Sikunir dan Candi Arjuna.

NASIONAL | 23 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS