Logo BeritaSatu

Sragen Buka Layanan dan Perlindungan Anak Berstatus Rentan

Rabu, 28 Oktober 2020 | 04:11 WIB
Oleh : Stefy Thenu / JEM

Sragen, Beritasatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen kini siap memberikan pelayanan dan perlindungan kepada puluhan ribu anak yang berstatus rentan di wilayahnya. Ini setelah Pemkab Sragen meresmikan berdirinya Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI).

Saat meresmikan berdirinya PKSAI, Plt. Bupati Sragen Dedy Endriyatno mengatakan, pusat kesejahteraan sosial anak ini merupakan unsur pelayanan yang memiliki tugas pelayanan sosial, dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara terintegrasi dan terpadu lintas sektor.

“Pelayanan terhadap anak rentan yang diberikan PKSAI ini selain bersifat terpadu juga bersifat berkelanjutan. Disamping itu, pelayanan sosial harus lebih menjangkau masyarakat di tingkat akar rumput. Menjangkau seluruh warga yang mengalami masalah sosial, sistem dan program kesejahteraan sosial yang melembaga dan profesional, serta mengedepankan peran dan tanggungjawab keluarga dan masyarakat,” ujar Plt Bupati Sragen Dedy Endriyatno saat meresmikan berdirinya PKSAI di Pendopo Kabupaten Sragen, Selasa (27/10/2020).

Diakui oleh Dedy Endriyatno, selama ini pelayanan sosial dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang diberikan Pemkab Sragen, masih bersifat pelayanan sosial sektoral dengan jangkauan yang terbatas. Pelayanan sosial selama ini hanya merespons masalah aktual secara reaktif, fokus pelayanan masih berbasis institusi dan belum memiliki rencana strategis nasional untuk keterpaduan pelayanan.

Plt. Bupati Sragen juga menjelaskan, situasi anak rentan di wilayah mereka merujuk data Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bulan Januari 2020, mencapai 72.180 anak rentan. Sementara jumlah total anak-anak sesuai data tahun 2019 mencapai 258.807 anak.

“Konsekuensinya bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus lebih memahami permasalahan sosial di daerahnya, sekaligus mampu memberikan solusi layanan yang dibutuhkan masyarakat secara tepat, cepat, efektif, efisien, terintegrasi serta lebih mampu menjangkau sasaran secara proaktif.,” terang Dedy.

Plt. Bupati Sragen berharap dengan diluncurkannya PKSAI Kabupaten Sragen ini, bisa membantu mencegah dan mengurangi resiko resiko anak dengan status rentan. Selain itu bisa memberikan pelayanan pengaduan dan atau rujukan sosial di seluruh Jawa Tengah.

“Maka saya berharap PKSAI ini tidak hanya sekedar launching lalu selesai, tapi inilah awal pekerjaan kita. Ini awal kita untuk berkarir,” tukas Dedy.

Di tempat sama, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sragen Drs. Joko Saryono, M.Pd mengungkapkan bahwa rencana launching PKSAI ini sudah dirancang sejak bulan Januari lalu. Namun terjadinya pandemi membuat dinas yang dipimpinnya lebih memfokuskan terhadap penanganan pembagian bantuan sosial.

“Lalu kita ingatkan lagi komitmen awal dan sekarang baru terlaksana. Ini semua sudah dikoordinasikan dengan lintas institusi, seperti dari Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Satpol PP, hingga yang instansi lain dan berharap semua memahami demi kepentingan anak-anak kita,”ujar Joko Saryono.

Sementara itu dalam sambutannya yang disampaikan melalui sambungan daring, Child Protection Specialist UNICEF Indonesia Astrid Gonzaga Dionisio sangat menyambut baik peluncuran PKSAI Kabupaten Sragen.

Menurutnya saat ini tidak hanya sistem kesehatan saja yang melemah, sistem pendidikan yang terganggu akibat pandemi Covid-19, namun kasus-kasus
ekerasan terhadap anak tetap terjadi. Termasuk kasus kekerasan seksual.

PKSAI menurut Astrid memiliki fungsi memberikan pelayanan kesejahteraan dan perlindungan anak secara terarah, komprehensif, terpadu dan berkelanjutan. Layanan ini disediakan bagi anak dalam situasi rentan atau anak yang beresiko mengalami kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan perlakuan salah, serta anak yang membutuhkan perlindungan khusus (AMPK), termasuk anak yang berhadapan dengan hukum.

“Kondisi saat ini sangat membutuhkan satu support system yang komprehensif. Karena persoalan dari temuan daripada kelainan, juga karena adanya persoalan multidimensi kerentanan bagi anak-anak kita,”terang Astrid Gonzaga Dionisio.

Astrid melihat ini adalah waktu yang tepat untuk membangun satu layanan, dimana semua stakeholder bisa bekerjasama dengan baik untuk pelayanan yang lebih sistematis, mudah, terjangkau dan hanya mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak-anak.

“Kami berharap dengan adanya PKSAI ini tidak ada lagi satu anakpun di Kabupaten Sragen yang tertinggal,”kata Astrid. (142)

Plt Bupati Sragen Dedy Endriyatno saat meresmikan berdirinya PKSAI di Pendopo Kabupaten Sragen, Selasa (27/10/2020).

Dikirim dari Yahoo Mail di Android



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
September Kelabu di Wall Street, S&P 500 Turun 9%

September Kelabu di Wall Street, S&P 500 Turun 9%

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings