Logo BeritaSatu

Peringati Sumpah Pemuda, Relawan Pramuka Siap Kawal Vaksinasi Covid-19 agar Berjalan Baik

Kamis, 29 Oktober 2020 | 12:07 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 ini berlangsung dalam suasana prihatin. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia bahkan dunia sedang dalam keadaan krisis, akibat adanya pandemi Covid-19. Bermula dari krisis kesehatan, kini menjadi krisis ekonomi.

"Itulah sebabnya, kami mendukung tema Hari Sumpah Pemuda tahun ini, yaitu Bersatu dan Bangkit. Tema tersebut sejalan dengan apel kesiagaan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 yang diselenggarakan hari ini. Kita semua harus bersatu dan bangkit untuk menanggulangi dampak pandemi," ujar Budi Waseso dalam keterangan tertulis yang diterima SP, Kamis (29/10/2020).

Budi mengatakan dalam memperingati hari Sumpah Pemuda, Gerakan Pramuka menggelar Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, pada Rabu (28/10).

Budi menyebutkan, mengingat kondisi pandemi yang masih terus berlangsung dan belum bisa dipastikan waktu berakhirnya, Gerakan Pramuka akan terus mendukung keterlibatan dan peran serta para relawan. Salah satu yang terdekat adalah program vaksinasi Covid-19 yang harus dikawal dengan baik agar dapat berjalan sesuai prosedur sehingga masyarakat yakin bahwa vaksin yang akan diberikan sudah sesuai dengan aturan.

Budi Menuturkan dalam upacara Hari Pramuka ke-59 beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional, telah mengingatkan agar Gerakan Pramuka menumbuhkan dua gerakan penting, yaitu gerakan kedisiplinan nasional dan gerakan kepedulian nasional. Dalam hal ini, pramuka diharapkan dapat menjadi suri tauladan perilaku disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada.

"Melalui gerakan kepedulian nasional, para pramuka diharapkan terus dapat peduli untuk membantu sesama warga masyarakat yang mengalami kesulitan di tengah pandemi Covid-19 ini," tambah Budi Waseso.

Selanjutnya, Budi juga menuturkan, hal yang tidak kalah penting adalah, upaya bagaimana meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi masa pancaroba dalam waktu dekat, seperti diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, pada hingga Maret 2021, akan ada fenomena alam La Nina.

Ia menyebutkan, sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia pada awal Maret 2020 hingga saat ini, relawan Pramuka Peduli telah ikut serta secara aktif dalam membantu pemerintah dan masyarakat melalui berbagai bentuk aktivitas di bidang kesehatan, logistik pangan, serta psikososial.

“Satuan Tugas Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 yang dipimpin Bachtiar hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 4.500 orang relawan yang secara aktif melakukan penanggulangan Covid-19. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah, mengingat jumlah anggota Gerakan Pramuka hingga saat ini berjumlah lebih dari 20 juta orang,” ucapnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang melibatkan 300 orang relawan Pramuka Peduli se-Jabodetabek ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta wajib melaksanakan rapid test, mengenakan masker, face shield, dan dibekali hand sanitizer.

Di lokasi acara juga disediakan puluhan keran air bersih dan wastafel portable, serta tersedia pula disinfectant chamber. Sementara jarak antar personil dalam barisan minimal 2 meter dan dilarang keras berkerumun saat sebelum dimulainya maupun sesudah acara.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia akan mencabut aturan wajib masker di dalam penerbangan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan Wajib Masker Masih Berlaku

Satgas Covid-19 menyatakan, pemerintah belum berencana mencabut kebijakan wajib masker seperti yang dilakukan negara lain.

NEWS | 29 September 2022

Tiongkok Tolak Keras Perbandingan Ukraina dengan Taiwan

Tiongkok bereaksi terhadap perbandingan antara Ukraina dengan Taiwan. Hal itu ditegaskan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

NEWS | 29 September 2022

Kebanjiran Pengungsi Rusia, Latvia Nyatakan Negara Darurat

Latvia mengumumkan keadaan darurat di dekat perbatasannya dengan Rusia pada Rabu (28/9/2022) setelah kebanjiran pengungsi Rusia.

NEWS | 29 September 2022

TNI AU Selidiki Penemuan Granat Asap dan Peluru di Bekasi

TNI AU masih mendalami penemuan granat asap dan peluru yang ditemukan di sebuah rumah, di Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa, 27 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG DKI Jakarta menerangkan, potensi hujan disertai petir terjadi di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari.

NEWS | 29 September 2022

Pabrik Keramik di Bekasi Diberi Waktu Perbaiki Pengolahan Limbah

Pabrik keramik PT Sarana Griya Lestari Keramik diberi batas waktu untuk memperbaiki manajemen pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). 

NEWS | 29 September 2022

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings