Menko Polhukam: Protes terhadap Pernyataan Macron Harus Dilakukan dengan Tertib
Logo BeritaSatu

Menko Polhukam: Protes terhadap Pernyataan Macron Harus Dilakukan dengan Tertib

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 15:35 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan toleransi beragama dalam meresponi peristiwa yang terjadi di Prancis.

Dikatakan Mahfud, di Indonesia, tidak ada satu institusi atau orang atau siapapun yang harus dianggap ikut bertanggung jawab dengan pernyataan Presiden Macron. Namun pemerintah dikatakannya mempersilakan kepada warganya untuk mengajukan aspirasi dan pendapat terkait pernyataan Macron, dengan syarat dilakukan dengan tertib.

"Oleh sebab itu, dipersilahkan kalau mau mengajukan aspirasi, menyatakan pendapat, menyampaikan kritik, tapi sampaikan itu dengan tertib dan tidak melanggar hukum. Sekali lagi, tidak ada di sini yang harus bisa dianggap ikut bertanggung jawab, apakah itu institusi apakah itu perusahaan apakah itu orang yang harus dianggap ikut bertanggung jawab atau mendukung pernyataan Presiden Macron," tegas Mahfud MD.

"Bisa melalui media-media yang tersedia. Karena di sini tidak ada yang boleh dirusak atau boleh diperlakukan secara anarkis," lanjutnya.

Dikatakan Mahfud, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para pemuka agama dari berbagai ormas keagamaan telah menggelar pertemuan untuk menentukan sikap Indonesia terhadap aksi kekerasan dan pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron.

"Sikap presiden dan pimpinan umat beragama tadi di mana butir yang terakhir itu merupakan seruan kepada seluruh umat beragama agar menjaga persatuan dan toleransi," kata Mahfud MD seusai pertemuan tersebut di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (31/10/2020).

Karena itu, lanjut Mahfud MD, untuk menjaga situasi politik dan keamanan di Indonesia, pemerintah menyerukan setiap upaya mengekspresikan atau menyatakan pendapat terkait dengan apa yang diucapkan Presiden Prancis supaya dilakukan dengan tertib dan tidak merusak.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemdes Terima Penghargaan Mitra Pengabdian Masyarakat dari IPB

Kemdes PDTT menerima penghargaan Mitra Pengabdian pada Masyarakat dari Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB).

NASIONAL | 31 Oktober 2020

UU Ciptaker Dinilai Berdampak Positif untuk Kesejahteraan Petani

Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) dinilai berdampak positif untuk kesejahteraan petani.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Olly Teguhkan Komitmen Membangun Sulut

Calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey melakukan serangkaian kegiatan konsolidasi pemenangan di Bumi Nusa Utara.

NASIONAL | 30 Oktober 2020

KPK Harap Nota Kesepahaman Koordinasi dan Supervisi Segera Diteken

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengambil baik terbitnya Peraturan Presiden 102/2020 tentang Supervisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

NASIONAL | 30 Oktober 2020

Didampingi Putrinya, Siti Fadilah Terima Keputusan Bebas Murni

Mantan Menteri Kesehatan (Menkes), Siti Fadilah Supari, didampingi putri pertamanya, Tia Nastiti Purwitasari, saat dinyatakan bebas murni.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Mantan Menkes Siti Fadilah Supari Bebas

Siti Fadilah Supari telah bebas murni usai menjalani hukuman selama 4 tahun penjara dalam perkara korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) pada 2005.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Ini Berbagai Alasan San Diego Hills Layak Jadi Pilihan untuk Keluarga

San Diego Hills mengadopsi sistem pemakaman forest lawn di mana di dalamnya terdapat banyak sekali jenis-jenis pemakaman berdasarkan pada agama dan kepercayaan.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Karo Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Abdullah, Meninggal

Sempat dirawat di rumah sakit di Surabaya, sepekan terakhir.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Hadapi La Nina, PDIP Lakukan Gerakan Menanam Pohon

"Merawat alam termasuk menanam pohon akan menjadi salah satu indikator penilaian terhadap kinerja bagi kader yang duduk di eksekutif," kata Hasto.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Walhi Ingatkan Dampak Buruk BBM Oktan Rendah

BBM RON rendah berdampak buruk terhadap kesehatan paru-paru.

NASIONAL | 31 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS