Perkuat Kaderisasi, PMKRI Madiun Gelar MPAB

Perkuat Kaderisasi, PMKRI Madiun Gelar MPAB

Jumat, 30 Oktober 2020 | 22:08 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WM

Madiun, Beritasatu.com – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Madiun Santo Ambrosius menggelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB).

Kegiatan itu diselenggarakan di Aula SMAK Bonavantura Madiun pada Kamis, 29 Oktober 2020. Kegiatan yang dikemas dengan tema “Fides et Ratio” itu diikuti oleh belasan mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Madiun.

MPAB merupakan kegiatan pendidikan dan kaderisasi formal PMKRI bagi seorang mahasiswa sebelum menjadi anggota PMKRI. Seluruh kegiatan yang dijalankan selama MPAB telah diatur dalam silabus pembinaan dan pendidikan PMKRI.

Sidang Kehormatan pembukaan kegiatan MPAB PMKRI Madiun dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PMKRI Cabang Madiun, Vridolin Suryani. Suryani menegaskan proses kaderisasi esensinya adalah proses pendewasaan kemampuan pribadi-pribadi yang bergabung di PMKRI. Melalui kaderisasi di PMKRI, seorang mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara untuk turut mewujudkan keadilan, kemanusiaan dan persaudaraan sejati.

“Pendewasaan selalu berhubungan dengan capacity building. Baik itu kemampuan intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Dengan kemampuan ini, seorang kader PMKRI diharapkan dapat turut serta dan berperan aktif dalam upaya mewujudkan apa yang menjadi visi PMKRI; keadilan, kemanusiaan dan persaudaraan sejati. Itulah esensi kaderisasi,” kata Suryani di sela-sela acara.

Suryani pun mengapresiasi para calon anggota PMKRI Madiun yang telah mengikuti rangkaian kegiatan, sejak perekrutan di masing-masing kampus maupun selama pembukaan kegiatan MPAB. Suryani berharap, keinginan kuat untuk bergabung di PMKRI itu dapat diwujudkan dengan keseriusan mengikuti seluruh proses selama MPAB berlangsung.

“MPAB ini adalah tahap awal. Ada tahapan-tahapan kaderisasi setelah MPAB bagi setiap calon anggota PMKRI,” ujar Suryani.

Presidium Hubungan Perguruan Tinggi DPC PMKRI Cabang Madiun Asep Afron menjelaskan, selain menjadi ruang memperkenalkan PMKRI kepada calon anggota, seluruh rangkaian kegiatan selama MPAB juga diarahkan untuk memperkuat keterampilan berorganisasi bagi setiap calon anggota.

“MPAB merupakan tahap awal yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa yang hendak menjadi anggota PMKRI. Selain menjadi ruang sosialisasi dasar-dasar PMKRI, MPAB juga menjadi wadah penguatan keterampilan berorganisasi bagi peserta,” kata Asep di Madiun.

Vikaris Episkopal Madiun, RD Antonius Wahyuliana. CM dalam sambutannya menilai penyelenggaraan MPAB PMKRI Madiun adalah hal yang positif dan perlu terus dipertahankan.

Vikep yang akrab disapa Romo Wahyu itu berharap agar sebagai organisasi mahasiswa Katolik, PMKRI dapat terus menjadi wadah penguatan daya kreatif mahasiswa agar mampu menjawab tantangan zaman yang terus berganti.

“PMKRI perlu terus berupaya menjadi wadah pembinaan dan penguatan kreatifitas mahasiswa Katolik agar mampu menjawab tantangan zaman yang sangat cepat berubah. Untuk itu, saya berharap PMKRI konsisten mengisi waktu kita setiap hari dengan kegiatan-kegiatan positif dan berorientasi pada pengembangan kemampuan setiap anggota yang bergabung di PMKRI,” ungkap Romo Wahyu.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan MPAB PMKRI Madiun dan selalu siap untuk berdiskusi dengan teman-teman PMKRI.”

Salah seorang alumni PMKRI, Yakobus Wasit Supodo, mengapresiasi pelaksanaan MPAB PMKRI Madiun. Menurut Wasit, setiap proses kaderisasi di PMKRI perlu terus didukung penuh oleh semua stakeholders, baik hirarki Gereja, para alumni, maupun pemerintah.

“PMKRI adalah tempat pembinaan kader-kader, calon pemimpin masa depan. Untuk itu, saya kira sangat lah penting untuk terus didukung. Apresiasi saya untuk adik-adik PMKRI Madiun yang hari ini menggelar MPAB. Selamat,” kata Wasit.



Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jokowi Dorong Budayawan dan Pekerja Seni Tetap Berkreasi di Masa Pandemi

Menurut Jokowi, pandemi Covid-19 seharusnya tidak menjadi penghalang kalangan budayawan dan pekerja senu untuk tetap berkreasi.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Dirjen PSLB3 KLHK : Limbah dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dilarang Dibuang di TPA

TPA Sampah Rumah Tangga atau sejenis sampah rumah tangga, tidak diperbolehkan sebagai tempat pembuangan limbah medis.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Perkuat Kedaulatan Pangan, Hasto dan Risma Sampaikan Komitmen PDIP Laksanakan Gerakan Menanam

Kedaulatan pangan ini bisa dijadikan untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19 yang banyak disebut akan memicu krisis pangan.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Polres Bukittinggi Tahan 2 Anggota Moge Pengeroyok Prajurit TNI

Meski sejumlah anggota klub motor itu sudah menyampaikan minta maaf, namun proses hukumnya tetap jalan terus.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Ini Jawaban Mengapa Vaksinasi Covid-19 Diperlukan

Vaksinasi Covid-19 diperlukan guna memutus mata rantai penularan virus SARS Cov-2.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Olly-Steven Sulit Dibendung pada Pilgub Sulut

Pemilih PDIP solid menyatakan petahana kuat, di mana 83,2% pemilih dari partai itu menyatakan pasangan tersebut sulit dikalahkan.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Imbau Wisatawan Patuhi Protokol Kesehatan

Satgas Covid-19 mengimbau masyarakat yang ingin berwisata ke kawasan Puncak untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Megawati: PDIP Siap Bantu BMKG Sebar Informasi Potensi Kebencanaan

Menurut Megawati, PDIP memiliki Baguna yang sudah terbukti berkali-kali berkolaborasi dengan unsur pemerintah dalam membantu masyarakat.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Urai Kepadatan di Tol Japek, Petugas Berlakukan Contraflow

Contraflow diberlakukan mulai KM 65 hingga KM 47 arah Jakarta.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Banjir di Lumbir, Jalur Selatan Jateng Sempat Tersendat

Arus lalu lintas di jalur selatan Jawa Tengah dilaporkan sempat tersendat akibat banjir di Lumbir, Kabupaten Banyumas.

NASIONAL | 31 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS