Kejaksaan Tangkap Buronan Kasus Penyalahgunaan Anggaran Kanwil Departemen Agama Sulsel
Logo BeritaSatu

Kejaksaan Tangkap Buronan Kasus Penyalahgunaan Anggaran Kanwil Departemen Agama Sulsel

Rabu, 4 November 2020 | 22:29 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Tabur Kejaksaan Agung (Kejagung) bersama dengan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Tim Tabur Kejaksaan Negeri Makassar kembali berhasil mengamankan terpidana yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) atas nama Ahmad Rasyidi yang telah buron selama empat tahun.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono, menjelaskan, Ahmad Rasyidi sebelumnya merupakan terpidana dalam kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Penyalahgunaan Anggaran Dana Block Grant Tahun Anggaran 2007 pada Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Sulawesi Selatan yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 1.041.541.463,18.

"Terpidana diamankan oleh Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Koordinator Bidang Intelijen," kata Hari Setiyono, di Jakarta, Rabu (4/11/2020).

Dijelaskan Hari, berdasarkan putusan MA Nomor : 2550 K/Pid.SUS/2015 tanggal 09 Agustus 2016, terpidana diputuskan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi secara bersama sama sebagaimana dalam surat dakwaan melanggar Pasal 2 Ayat 1 Jo. Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diuabah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Karena perbuatannya yang bersangkutan dihukum dengan pidana penjara selama lima tahun dan denda sebesar Rp. 2 miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama enam bulan dan dihukum membayar uang pengganti sebanyak Rp 332,25 juta subsidiair 1 (satu) tahun penjara jika uang pengganti tidak dibayar oleh terpidana.

Awalnya ketika Putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 2550 K/Pid.SUS/2015 tanggal 09 Agustus 2016 diterima oleh Jaksa pada Kejaksaan Negeri Makassar, kepada terpidana dilakukan pemanggilan untuk melaksanakan isi putusan, namun yang bersangkutan tidak mengindahkan walaupun sudah dipanggil secara patut 3 kali berturut turut dan oleh karena itu kemudian terpidana dimasukan dalam DPO dan dinyatakan buron.

Selanjutnya ketika diintensifkan pencarian buronan oleh Tim Tabur Kejaksaan diperoleh informasi bahwa terpidana sedang berada di rumahnya di Jalan Al Markaz Al Islami Kelurahan Lembo Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Setelah dapat dipastikan keberadaan Terpidana di dalam rumahnya kemudian Tim Tabur langsung melakukan penangkapan untuk selanjutnya dibawa ke Kantor Kejaksaan Negeri Makassar untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan serta rapid test dengan hasil Terpidana dinyatakan sehat/non-reaktif.

"Selanjutnya Terpidana dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I A Makassar untuk menjalani hukuman pidana penjara," ucap Hari.

Keberhasilan penangkapan buronan pelaku kejahatan oleh Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Tim Tabur Kejaksaan Negeri Makassar ini, merupakan keberhasilan Tangkap Buronan (Tabur) yang ke-106 di tahun 2020.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ganjar Tak Ingin Terapkan PSBB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak mau melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya.

NASIONAL | 4 November 2020

Zudan: Ada Tata Nilai Baru dari Jokowi

Ada tata nilai baru yang dilahirkan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NASIONAL | 4 November 2020

Prabowo Disebut Menteri Jokowi Paling Berkinerja Bagus

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dinilai sebagai menteri yang memiliki kinerja paling baik di pemerintahan Presiden Joko Widodo

NASIONAL | 4 November 2020

6 Tahun Pemerintahan Jokowi, Dukungan di Sektor Pertahanan Belum Maksimal

Enam tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), sudah ada cukup banyak kemajuan yang diperoleh.

NASIONAL | 4 November 2020

Kunjungi Sekolah di Palu, Mendikbud Disambut Curhat Guru

PJJ bukan kebijakan yang diinginkan, namun kebijakan ini terpaksa dilakukan untuk menjaga keselamatan semua pihak.

NASIONAL | 4 November 2020

Survei Indo Barometer: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi

Mayoritas masyarakat Indonesia mengaku merasa puas dengan setahun kinerja Presiden Joko Widodo pada periode kedua.

NASIONAL | 4 November 2020

PSI: Jadikan Kasus Djoko Tjandra sebagai Momentum Bersih-bersih Penegak Hukum

Kasus korupsi yang melibatkan Djoko Tjandra sangat menyedihkan dan mencoreng kinerja penegakan hukum.

NASIONAL | 4 November 2020

Jumlah Pemeriksan Spesimen PCR di Jabar, Turun Drastis

Secara rata-rata spesimen yang diperiksa Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Jabar pada Oktober 2020 mencapai 5.223 spesimen per hari.

NASIONAL | 4 November 2020

Panglima TNI: Penanganan Pandemi Covid-19 Sudah Lebih Baik

Disiplin menjadi kunci agar masyarakat dapat tetap produktif dalam kegiatannya sehari-hari namun tetap aman dari Covid-19.

NASIONAL | 4 November 2020

BNN Jateng Temukan Permen Mengandung Narkotika

Barang terlarang ini disita petugas dari tersangka HNF (32) warga Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupten Pekalongan yang ditangkap pihak BNNP Jawa Tengah.

NASIONAL | 4 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS