BPPTKG Sebut Guguran Material Merapi Fenomena Biasa

BPPTKG Sebut Guguran Material Merapi Fenomena Biasa

Senin, 9 November 2020 | 20:35 WIB
Oleh : Fuska Sani Evani / FER

Yogyakarta, Beritasatu.com - Gempa vulkanik dangkal yang bersumber dari pergerakan magma Gunung Merapi, terdeteksi 10 kali terjadi dalam enam jam terakhir, dengan amplitudo 40-75 mm, dan durasi 15-48 detik.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat aktivitas Gunung Merapi hari ini, Senin (9/11/2020) mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, Gunung Merapi sempat mengalami guguran dengan jarak luncur 3.000 meter mengarah ke barat pada Minggu, (8/11/2020) sekitar pukul 12.50 WIB. Meski ada guguran, menurut Hanik, tidak disertai munculnya awan panas atau wedhus gembel.

"Guguran yang terjadi itu adalah fenomena yang biasa Gunung Merapi aktif. Guguran tadi tidak disertai dengan kejadian awan panas," kata Hanik.

Berdasar hasil pengamatan BPPTKG. Periode pengamatan Senin, (9/11/2020) pukul 00:00-06:00 WIB, laju rata-rata deformasi atau penggembungan tubuh Gunung Merapi yang teramati melalui electronic distance measurement (EDM) Babadan adalah sebesar 12 centimeter perhari.

Sedangkan secara kegempaan, terjadi 71 gempa guguran, 2 gempa low frequency, 351 gempa hybrid/fase banyak, 31 gempa vulkanik dangkal, 1 gempa tektonik, dan 88 gempa hembusan. Secara visual, asap berwarna putih, intensitas tebal dengan ketinggian 20-150 m di atas puncak.

Dengan status Siaga (level III) tersebut, BPPTKG menyimpulkan prakiraan daerah bahaya meliputi Kabupaten Sleman, DIY, di Kecamatan Cangkringan; Desa Glagaharjo (Dusun Kalitengah Lor), Desa Kepuharjo (Dusun Kaliadem), dan Desa Umbulharjo (Dusun Palemsari).

Selanjutnya, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, di Kecamatan Dukun; Desa Ngargomulyo (Dusun Batur Ngisor, Gemer, Ngandong, Karanganyar); Desa Krinjing (Dusun Trayem, Pugeran, Trono); dan Desa Paten (Babadan 1, Babadan 2).

Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah di Kecamatan Selo; Desa Tlogolele (Dusun Stabelan, Takeran, Belang); Desa Klakah (Dusun Sumber, Bakalan, Bangunsari, Klakah Nduwur); dan Desa Jrakah (Dusun Jarak, Sepi).

Selain itu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah di Kecamatan Kemalang; Desa Tegal Mulyo (Dusun Pajekan, Canguk, Sumur); Desa Sidorejo (Dusun Petung, Kembangan, Deles); dan Desa Balerante (Dusun Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang).

Hanik menambahkan, penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana (KRB) III direkomendasikan untuk dihentikan.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Puluhan Inovasi di Masa Pandemi Dipamerkan Secara Virtual

Misalnya, untuk penanganan Covid-19, sejak Maret 2020 konsorsium riset telah menghasilkan 61 produk. inovasi.

NASIONAL | 9 November 2020

SiCepat Ekspres Dukung Program Rantai Kebaikan Senilai Rp 1,2 M

SiCepat Ekspres menyalurkan anggaran CSR melalui program Rantai Kebaikan yang dilaksanakan Anak Indonesia Bersatu dalam bentuk makanan siap saji dan sembako.

NASIONAL | 9 November 2020

Rizieq Syihab Sedang Boarding Menuju Jakarta

Rizieq Syihab dan keluarga saat ini sudah berada di Bandara King Abdul Azis, Arab Saudi.

NASIONAL | 9 November 2020

Bahas Upaya Pembebasan Djoko Tjandra, Pinangki Sempat Singgung King Maker

Pinangki meyakinkan Tjandra yang telah buron selama 11 tahun untuk ditahan sementara.

NASIONAL | 9 November 2020

Bersaksi di Sidang Pinangki, Djoko Tjandra Menangis

Djoko Tjandra tak kuasa menahan tangis saat menjelaskan mengenai hukuman dua tahun penjara yang dijatuhkan kepadanya dalam perkara cessie Bank Bali.

NASIONAL | 9 November 2020

600.000 Hektare Hutan Mangrove di Tanah Air Rusak Berat

Kegiatan padat karya mangrove di Bengkulu seluas 50 hektare melibatkan empat kelompok tani di Kota Bengkulu dan Kabupaten Seluma

NASIONAL | 9 November 2020

Soal Hibah Tanah untuk Rachmat Yasin, KPK Konfirmasi Aktor Rudy Wahab

KPK memeriksa Rudy sebagai saksi untuk tersangka Rachmat dalam penyidikan kasus korupsi terkait pemotongan uang dan gratifikasi.

NASIONAL | 9 November 2020

970 Petugas Avsec Bandara Soetta Siap Kawal Kepulangan Rizieq Syihab

Petugas Avsec akan mengawal Rizieq Syihab mulai dari turun pesawat hingga meninggalkan Bandara Soetta.

NASIONAL | 9 November 2020

Mahfud: Rizieq Punya Hak dan Kewajiban Hukum di Indonesia

Begitu tiba di Tanah Air, Rizieq punya hak dan kewajiban hukum sama seperti masyarakat Indonesia lainnya.

NASIONAL | 9 November 2020

Densus 88 Kembali Tangkap 1 Terduga Teroris

Penangkapan terduga teroris merupakan langkah pencegahan yang dilakukan Densus 88 Antiteror Polri untuk mencegah aksi teror yang akan dilakukan mereka.

NASIONAL | 9 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS