Logo BeritaSatu

Pengacara Maybank Ungkap Kejanggalan Raibnya Uang Nasabah

Selasa, 10 November 2020 | 13:15 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Kuasa hukum PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) Hotman Paris Hutapea membeberkan berbagai kejanggalan terkait kasus saldo sebesar Rp22 miliar uang nasabah. Uang itu berada di tabungan milik atlet e-Sport Winda Lunardi dan ibundanya, Floleta.

“Kami tidak membuat tuduhan atau pernyataan khusus yang bersifat menuduh, tetapi mempergunakan hak jawab. Kenapa Maybank mempergunakan hak jawab? Karena kasus ini sudah disidik oleh Mabes Polri sejak Mei 2020. Sesudah berkasnya hampir lengkap tiba-tiba pihak pelapor membukanya ke media,” kata Hotman dalam keterangannya yang diterima Beritasatu.com, Selasa (10/11/2020).

Diketahui, Winda bersama kuasa hukumnya menyambangi kantor Bareskrim Polri di Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2020). Tujuannya untuk mengetahui perkembangan kasus dugaan kejahatan perbankan yang menimpanya.

Penyidik Bareskrim Polri telah menetapkan Kepala Cabang Maybank Cipulir, Jakarta Selatan, berinisial A, sebagai tersangka. Polisi saat ini sedang menelusuri aset dan aliran dana yang digunakan oleh tersangka dan penerima dana hasil kejahatan.

Hotman mengungkapkan berbagai “keanehan”. Mulai dari pembukaan rekening hingga pengelolaan rekening Winda dan ibunya, yang menurut keterangan pihak Maybank dibuka oleh tahun 2014 tersebut. Berdasarkan investigasi internal Maybank yang mengutip pengakuan tersangka A, Winda dan ibunya menandatangani blanko kosong dalam pembuatan rekening.

Hingga sekarang, buku tabungan maupun kartu ATM dipegang oleh Kepala Cabang Maybank Cipulir. Head of National Antifraud Maybank, Andiko, mengatakan Winda menerima buku tabungan dan ATM tersebut yang dibuktikan dengan adanya tanda terima buku tabungan dan ATM.

“Jadi orang masukin duit tapi dia tanda tangani kartu ATM seolah-olah sudah terima tapi yang pegang pimpinan cabang?,” ujar Hotman.

Andiko menyebut, “Nasabah tidak pernah komplen tidak pernah menyatakan atau melakukan pengaduan atas hal itu.”

Hotman menuturkan dana tabungan Winda dan ibunya berasal dari ayahnya, bernama Herman Lunardi, yang diketahui sudah mengenal lama tersangka A sebelum bekerja di Maybank. Selanjutnya, total dana disetor atas nama Winda adalah sebesar Rp17,9 miliar dan atas nama ibunya sebesar Rp5 miliar.

“Pertanyaannya adalah, Anda sebagai pemilik uang mengapa membiarkan kartu ATM Anda dipegang oleh orang lain? Itu salah satu yang lagi diselidiki oleh penyidik,” imbuh Hotman.

Hotman mengatakan pembayaran bunga kepada Winda dan Floletta ternyata dibayarkan tersangka A dari rekening bank lain kepada bukan kepada Winda maupun ibunya selaku pemilik tabungan, tetapi justru langsung ke rekening Herman. Hotman mempertanyakan kenapa pemilik rekening tidak pernah protes atas bunga yang dibayarkan dari bank lain, sedangkan pemilik rekening menabung di Maybank.

Maybank juga mengungkapkan bahwa besaran suku bunga yang berlaku dari periode 2014 sampai 2016 adalah 7% per tahun. Menurut kalkulasi Maybank, seharusnya Winda dan ibunya menerimba bunga Rp1,2 miliar. Sesuai investigasi internal Maybank, ternyata bentuk pembayaran bunga yang dilakukan oleh Kepala Cabang Maybank adalah dengan cara mentransfer Rp 573 juta kepada ayah Winda. “Ada yang protes?,” tanya Hotman kepada Andiko dan dijawab tidak.

Menurut Hotman, kasus yang menimpa Winda dan ibundanya bukanlah kasus pembobolan rekening biasa oleh pegawai bank. Hotman mengimbau penyidik untuk meneliti dan memperdalam penyidikan atas “keanehan” yang terjadi.

“Kita tidak menuduh nasabah ini melakukan perbuatan pidana, belum menuduh, makanya kita tunggu penyidikannya selesai dulu tuntas. Ini bukan kasus yang kasat mata yang jelas siapa pelakunya. Di luar pimpinan cabang sepertinya ada orang lain,” ujar Hotman.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 28 September 2022

Infografik tentang data dan tren kasus aktif Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi pada 28 September 2022

Infografik tentang data angka prevalensi Covid-19 di 10 provinsi di Indonesia pada tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Partai Demokrat Tetap Ingin AHY Ikut Pilpres 2024

Koordinator Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan partainya terbuka mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

NEWS | 29 September 2022

Puan Tanam Padi Bareng Petani dan Borong Sayur-Mayur di Bali

Dalam kunjungan kerjanya di Bali, Ketua DPR Puan Maharani meninjau lokasi pertanian di Kabupaten Badung. Ia juga ikut menanam padi bersama petani.

NEWS | 29 September 2022

Puan Maharani Tegaskan PDIP Siap Usung Calon Presiden Sendiri

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyatakan partainya siap mengusung calon presiden (capres) sendiri pada Pilpres 2024.

NEWS | 29 September 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data positivity rate Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Tim Putri BIN O2C Berpeluang ke Babak Kedua Livoli

Tim putri BIN O2C Bandung dan PLN Batam berpeluang ke babak delapan besar kompetisi bola voli Livoli Divisi I.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings