Kemhub Fokus Tingkatkan Keselamatan Moda Transportasi
Logo BeritaSatu

Kemhub Fokus Tingkatkan Keselamatan Moda Transportasi

Rabu, 11 November 2020 | 17:20 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Keselamatan bertransportasi disemua moda menjadi fokus Kementerian Perhubungan (Kemhub) yang terus ditingkatkan. Terlebih, catatan kecelakaan lalu lintas saat ini didominasi masyarakat usia produktif.

"Salah satu fokus Kemhub adalah meningkatkan keselamatan bertransportasi di semua moda baik darat, laut, udara maupun perkeretaapian. Keselamatan semua pengguna transportasi termasuk pelajar harus dijamin," kata Menteri Kemhub Budi Karya Sumadi, Rabu (11/11/2020).

Ia menekankan kepada masyarakat terutama pelajar yang menyetir kendaraannya secara mandiri untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas. Sebab, menurutnya, sekarang ini korban akibat kecelakaan lalu lintas didominasi usia produktif termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

Hal lain yang juga tidak kalah penting diperhatikan adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi. Budi mengatakan pandemi telah membuat masyarakat menjalani cara hidup baru termasuk ketika mereka hendak melakukan perjalanan.

"Untuk itulah, kita harus mempersiapkan diri dengan baik sejak keberangkatan, selama perjalanan, serta sampai tujuan. Dan Kemhub bertugas di bidang transportasi," tuturnya.

Maka dari itu, transportasi sangat penting untuk mendukung mobilitas penumpang dan distribusi barang dan jasa. Pembangunan bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, jalur kereta api, kapal dan bus pun harus terus berlanjut meski di masa pandemi.

Sejalan dengan itu, Staf Khusus Menteri Perhubungan Aditra Irawati juga mengungkapkan bahwa selama situasi pandemi, Kemhub telah menerbitkan sekitar 3 peraturan menteri untuk menjamin transportasi umum tidak menjadi tempat penularan Covid-19.

Selain itu, imbuhnya, Kemhub juga terus mengawasi semua pelaksana transportasi seperti pengelola bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan serta akan menjatuhkan sanksi bagi mereka yang melanggar.

Menurut Adita, peraturan-peraturan tersebut telah turut mengubah perilaku masyarakat secara signifikan. Buktinya hingga saat ini, ia mengaku belum menemukan baik dari satuan tugas atau kajian manapun yang menyebut kendaraan umum sebagai klaster utama penularan Covid-19.

Ia menilai, hal ini sebagai bagian dari penerapan peraturan yang konsisten dan kedisiplinan para penumpang sekaligus membuktikan kerjasama yang baik dari semua pihak. Pemerintah tidak mungkin bisa berhasil jika masyarakatnya juga tidak disiplin.

"Jadi, peraturan protokol kesehatan di transportasi akan tetap berjalan sehingga masyarakat bisa tetap beraktivitas menggunakan transportasi umum dengan aman, nyaman, dan sehat," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Waspadai Bahaya Botol Plastik Mengandung BPA

Arzeti berharap sebaiknya botol plastik air minum yang mengandung BPA segera ditarik dari peredaran.

NASIONAL | 11 November 2020

Suap Bowo Sidik, Eks Direktur Humpuss Transportasi Kimia Dituntut 2 Tahun Penjara

KPK menuntut agar Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp 100 juta terhadap Taufik Agustono.

NASIONAL | 11 November 2020

Polda Sumut Musnahkan 151,71 Kg Sabu-sabu

Polda Sumut memusnahkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 151,71 kilogram (Kg), 58.241 butir pil ekstasi, dan 81,71 kg ganja kering.

NASIONAL | 11 November 2020

Kasus Maybank, Polisi Periksa Saksi Ahli

Polisi telah menetapkan mantan Kepala Cabang Maybank Cipulir berinisial AT sebagai tersangka dan akan mencari calon tersangka lain.

NASIONAL | 11 November 2020

Warga Lereng Merapi Harus Siap Hadapi Luncuran Awan Panas

Ganjar juga memastikan kesiapan TNI, Polri, Tagana, PMI hingga relawan lainnya itu juga didukung oleh kesadaran warga sekitar Gunung Merapi yang semakin tinggi.

NASIONAL | 11 November 2020

KPK Duga Uang Hasil Korupsi Proyek di Kota Banjar Digunakan untuk Biayai Kampanye

KPK menduga, mantan anggota DPRD Kota Banjar, Rosidin menggunakan aliran uang dari kasus ini untuk biaya kampanye.

NASIONAL | 11 November 2020

Asabri Masuk Penyidikan, Polri: Kerugian Negara Tunggu Audit BPK

Polisi masih menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk menentukan kerugian dalam kasus dugaan korupsi di PT Asabri.

NASIONAL | 11 November 2020

Bahrullah Akbar Saksikan Sertijab Kepala Perwakilan BPK Banten

Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bahrullah Akbar menyaksikan acara Serah Terima Jabatan (sertijab) Kepala Perwakilan BPK Provinsi Banten.

NASIONAL | 11 November 2020

DPRD Sambut Positif Kebijakan Pemkab Klungkung

Beberapa fraksi memberi masukan berkaitan dengan sejumlah kebijakan seperti program pembuatan Mal Pelayanan Publik.

NASIONAL | 11 November 2020

BNN Apresiasi Dukungan Pegadaian Bantu Korban Narkoba

BNN mengapresiasi dukungan Pegadaian yang konsisten dalam pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR) untuk membantu korban narkoba.

NASIONAL | 11 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS