KPK Pastikan Cermati Persidangan Skandal Djoko Tjandra
Logo BeritaSatu

KPK Pastikan Cermati Persidangan Skandal Djoko Tjandra

Rabu, 11 November 2020 | 19:04 WIB
Oleh : Fana Suparman / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan terus memantau dan mencermati jalannya proses persidangan yang terkait skandal Djoko Tjandra yang menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Diketahui, skandal Djoko Tjandra yang ditangani kepolisian dan kejaksaan saat ini sedang bergulir di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Kejaksaan Agung menangani kasus dugaan suap dan pemufakatan jahat permintaan fatwa ke Mahkamah Agung (MA) yang menjerat mantan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung, Pinangki Sirna Malasari; mantan politikus Nasdem Andi Irfan Jaya dan Djoko Tjandra.

Sementara Polri menangani kasus dugaan suap penghapusan nama Djoko Tjandra dari daftar red notice Polri yang menjerat mantan Kadiv Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte; mantan Kabiro Kordinator Pengawas PPNS Bareskrim Polri, Brigjen Prasetijo Utomo; serta pengusaha Tommy Sumardi.

Selain itu, Polri juga menangani kasus dugaan pemalsuan surat yang menjerat Prasetijo, Djoko Tjandra dan mantan pengacaranya Anita Kolopaking. Kasus tersebut sedang disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"Sebagai bagian tugas tim supervisi yang telah dibentuk KPK sebelumnya, sudah tentu KPK mencermati setiap fakta-fakta yang ada di dalam proses persidangan perkara tersebut," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (11/11/2020).

Tak tertutup kemungkinan, KPK akan membuka penyelidikan jika ditemukan fakta baru atau keterlibatan pihak lain yang belum "disentuh" penegak hukum lain. Namun, untuk saat ini, kata Ali, pihaknya masih menunggu proses persidangan.

"Namun demikian, perlu juga kami sampaikan karena perkara sedang tahap pemeriksaan oleh persidangan, maka kita semua ikuti dan hormati setiap prosesnya," kata Ali.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta KPK menerbitkan surat perintah penyelidikan untuk mengusut rentetan skandal Djoko Tjandra. Permintaan ini disampaikan lantaran ICW menilai masih banyak pihak yang terlibat skandal tersebut dan belum terungkap dalam proses penanganan yang dilakukan Polri maupun Kejaksaan Agung.

"ICW beranggapan KPK harus segera bertindak dengan menerbitkan surat perintah penyelidikan terhadap perkara ini. Sebab, ICW meyakini masih banyak peran dari pihak-pihak lain yang belum terungkap secara terang benderang," kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Selasa (10/11/2020).

Dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, mencuat sejumlah pihak yang diduga turut terlibat dan belum diproses hukum. Untuk itu, ICW mendesak KPK mencermati setiap fakta-fakta yang muncul dalam proses persidangan skandal Joko Tjandra, termasuk dalam perkara dugaan suap dan pemufakatan jahat permintaan fatwa ke MA melalui Kejagung.

"ICW mendesak agar KPK memperhatikan pengakuan para saksi dalam perkara Pinangki Sirna Malasari. Ini penting untuk melihat potensi keterlibatan pihak lain dalam perkara suap pengurusan fatwa Kejaksaan Agung ke Mahkamah Agung," katanya.

Salah satu fakta yang penting dicermati KPK, yakni mengenai keterangan Rahmat yang dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan dengan terdakwa Pinangki pada Senin (9/11/2020) kemarin. Rahmat yang disebut sebagai pihak yang memperkenalkan Pinangki kepada DjokoTjandra membenarkan adanya pernyataan Pinangki mengenai sosok king maker yang akan "mengurus" agar Djoko Tjandra tidak dieksekusi.

Selain itu, Rahmat juga sempat menyinggung atasan Pinangki yang disebutnya akan mengondisikan saat dirinya dipanggil untuk diperiksa Jamwas Kejagung.

"KPK dapat memulai dengan pengakuan dari saksi Rahmat yang menyebutkan bahwa Pinangki sempat mengatakan bahwa atasannya sudah mengkondisikan perkara ini. Pertanyaan lanjutannya Siapa atasan yang dimaksud? Apakah atasan dari institusi tempat dimana Pinangki selama ini bekerja?," kata Kurnia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Muhadjir Effendy Dianugerahi Bintang Mahaputra Adipradana

Ia menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputra Adipradana atas jasa-jasanya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) periode 2016-2019.

NASIONAL | 11 November 2020

Suami Ungkap Anita Kolopaking Murung Usai Terima USD 50.000 dari Pinangki

Wyasa Santosa Kolopaking, suami Anita Kolopaking mengungkapkan hal tersebut dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (11/11/2020).

NASIONAL | 11 November 2020

KPK Tersangkakan Mantan Anggota DPR Irgan Chairul Mahfiz

Irgan dijerat dalam kasus korupsi pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBNP 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara.

NASIONAL | 11 November 2020

Ketum TP PKK Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Batam

Ketum PKK Tri Tito Karnavian mendatangi beberapa rumah warga di Batam untuk mensosialisasikan protokol kesehatan.

NASIONAL | 11 November 2020

Cak Imin: Lepi Layak Dicalonkan sebagai Bupati Cianjur

Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar percaya pada kapasitas Lepi Ali Firmansyah untuk Calon Bupati Cianjur.

NASIONAL | 11 November 2020

DPR: Resesi, Pemerintah RI Harus Jadi Pelaku Ekonomi

DPR sudah meminta kepada Pemerintah Indonesia agar mengeksekusi program-program yang sudah disetujui dengan baik.

NASIONAL | 11 November 2020

SDGs Desa Dukung Kesetaraan Gender di Desa

Lewat SDGs Desa, Mendes PDTT berupaya untuk mewujudkan kesetaraan gender di desa.

NASIONAL | 11 November 2020

Penyidikan Terhambat, Keluarga Pendeta Yeremia Tolak Autopsi

Penyidik Polda Papua saat ini sedang bernegoisasi dengan pihak keluarga.

NASIONAL | 11 November 2020

Kemhub Fokus Tingkatkan Keselamatan Moda Transportasi

Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, transportasi sangat penting untuk mendukung mobilitas penumpang dan distribusi barang dan jasa.

NASIONAL | 11 November 2020

Waspadai Bahaya Botol Plastik Mengandung BPA

Arzeti berharap sebaiknya botol plastik air minum yang mengandung BPA segera ditarik dari peredaran.

NASIONAL | 11 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS