LPSK Tawarkan Perlindungan pada Nikita Mirzani
Logo BeritaSatu

LPSK Tawarkan Perlindungan pada Nikita Mirzani

Sabtu, 14 November 2020 | 15:29 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memonitor perkembangan kasus yang menimpa artis Nikita Mirzani dan siap memberikan perlindungan apabila dibutuhkan.

"Bagi pihak yang merasa terintimidasi, bahkan mendapatkan ancaman secara langsung, LPSK meminta yang bersangkutan untuk mengajukan permohonan ke LPSK. Nanti akan kami telaah bagaimana posisi kasusnya," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (14/11/2020).

Meski menawarkan perlindungan, LPSK pun mengingatkan Polri untuk memastikan hak atas rasa aman seorang warga negara tidak terlanggar atas ancaman yang berkembang.

LPSK menyayangkan aksi intimidatif serta rencana pengepungan rumah yang dialamatkan kepada Nikita Mirzani. Menuruut Edwin Partogi, narasi bernada intimidatif dan tindakan main hakim sendiri sebaiknya dihindari karena hanya akan menimbulkan problema sosial dan hukum selanjutnya.

Apabila terdapat hukum yang dilanggar pihak lain, LPSK menyarankan semua pihak menggunakan cara yang lebih bijak dengan membawa ke kepolisian untuk diproses secara hukum.

Menurut Edwin, cara-cara kekerasan bukanlah sebuah pilihan, melainkan terdapat mekanisme mediasi dan penegakan hukum untuk menyelesaikan persoalan hukum.

Selain itu, Edwin berharap penegak hukum dapat mengambil langkah-langkah antisipatif sehingga potensi gesekan antar kelompok di tengah masyarakat dapat dicegah.

Pada sisi yang lain, meskipun kebebasan berpendapat dijamin oleh undang-undang, Edwin Partogi mengimbau seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para individu yang kerap mendapat perhatian publik, untuk memperhatikan aturan dan etika dalam menyampaikan pendapatnya di ruang publik.

"Kebebasan berpendapat juga dibatasi oleh aturan, sehingga dalam mengemukakan pernyataan ke media sosial tidak boleh serta merta melakukan penghinaan dan ujaran kebencian, apalagi bila bersinggung dengan topik yang sangat sensitif saat ini seperti Sara," kata Edwin Partogi.

Nikita Mirzani sebelumnya membuat pernyataan melalui akun Instagram pribadinya yang menyinggung penjemputan Rizieq Syihab yang menyebabkan kemacetan di sekitar Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Selanjutnya Front Pembela Islam (FPI) mendesak agar Nikita Mirzani mengklarifikasi ucapannya terkait Rizieq.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Relawan N4J All Out Menangkan Bobby-Aulia

Relawan Nusantara untuk Jokowi akan bekerja keras untuk memenangkan pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Medan, Bobby Nasution-Aulia Rachman.

NASIONAL | 14 November 2020

Relawan N4J Terus Bergerak untuk Pemenangan Bobby-Aulia

Relawan Nusantara untuk Jokowi (N4J) terus bergerak dalam rangka pemenangan Bobby Nasution-Aulia Rachman.

NASIONAL | 14 November 2020

Ketua DPD: Segera Selidiki Dugaan Perusahaan Asing Bakar Hutan di Papua

Ketua DPD AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menyoroti hasil investigasi soal perusahaan Korea Selatan yang diduga membakar hutan di Papua.

NASIONAL | 14 November 2020

Puan Maharani Dianugerahi Warga Kehormatan Korps Brimob

Ketua DPR Puan Maharani dianugerahi sebagai warga kehormatan Korps Brimob Polri.

NASIONAL | 14 November 2020

DPR: Usut Tuntas Dugaan Pembakaran Lahan di Papua

Dugaan pembakaran lahan untuk perluasan perkebunan sawit di Papua sepatutnya diusut tuntas.

NASIONAL | 14 November 2020

Azis Syamsuddin Minta Tidak Terburu-buru Membahas RUU Minuman Beralkohol

Menurutnya sebelum pembahasan, perlu sebelumnya dipertimbangkan ketentuan yang telah ditetapkan dalam UU Cipta Kerja mengenai penanaman modal.

NASIONAL | 14 November 2020

Jamin Keamanan Wisatawan, BOPLBF Gandeng RS Siloam Gelar Simulasi 3K

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) menggandeng RS Siloam menggelar Protokol Kesehatan, Keamanan, dan Keselamatan atau Protokol 3K.

NASIONAL | 14 November 2020

129 Tenaga Medis di Bengkulu Terpapar Covid-19

Kendati demikian kondisi tenaga medis yang terinfeksi Covid-19 itu dalam kondisi sehat karena kebanyakan dari mereka tidak mengalami gejala.

NASIONAL | 14 November 2020

Unhan Harus jadi Center of Excellence Segala Hal Ikhwal Pertahanan

Tidak ada negara yang bisa bertahan tanpa sebuah kekuatan militer yang handal.

NASIONAL | 14 November 2020

Mampu Lanjutkan Program Risma, Pengamat Sebut Masyarakat Akan Pilih Eri-Armuji di Pilkada Surabaya

Rasionalitas masyarakat diterjemahkan dengan memilih calon pemimpin yang dinilai mampu mengakomoir kepentingan mereka.

NASIONAL | 14 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS