Sekolah Tatap Muka di Ternate Dibuka, Banyak Siswa Tak Pakai Masker dan Jaga Jarak
Logo BeritaSatu

Sekolah Tatap Muka di Ternate Dibuka, Banyak Siswa Tak Pakai Masker dan Jaga Jarak

Senin, 16 November 2020 | 19:12 WIB
Oleh : Sahrudin Nurdin / CAH

Ternate, Beritasatu.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, kembali membuka aktivitas proses belajar mengajar di sekolah, Senin (16/ 11/2020) setelah kurang lebih sembilan bulan ditutup akibat ancaman pandemi covid- 19. Dalam tatap muka dan proses belajar mengajar berlangsung, pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan covid- 19 diantara para siswa.

Sayangnya, masih terdapat banyak siswa tak menggunakan masker serta tak menjaga jarak saat berada di lingkungan sekolah.

Hal ini terpantau di sekolah dasar (SD) negeri 12 dan 13 yang berada di kelurahan Tanah Tinggi, Kota Ternate Selatan. Di hari pertama masuk sekolah, para siswa diantar oleh orang tua mereka dan langsung melakukan tatap muka serta menjalankan aktivitas proses belajar mengajar di ruangan kelas masing-masing.

Selama proses belajar mengajar berlangsung, pihak sekolah sendiri menerapkan protokol kesehatan kepada siswa, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan mengatur jarak saat belajar, guna mencegah penularan covid- 19 diantara siswa.

Pada proses belajar mengajar berlangsung di dalam ruangan kelas, biasanya siswa duduk berdampingan. Namun kini jarak mereka diatur. Satu siswa menggunakan dua meja yang biasanya diguna dua orang, para siswa juga diawasi secara ketat oleh sejumlah guru yang mengajar.

Salah satu siswa, Alisya Naura mengaku, dirinya merasa senang setelah kembali masuk sekolah dan bertemu dengan teman-temannya, Ia lebih senang menjalankan proses belajar mengajar di sekolah dibanding di rumahnya yang selama 9 bulan dilalui akibat pandemi covid-19.

”Sangat senang karena bisa masuk sekolah lagi, bisa belar langsung dengan guru, juga saling ketemu dengan teman-teman di sekolah,” ucap Alisyah.

Meski telah diterapkan protokol kesehatan saat belajar mengajar, masih terdapat banyak siswa tak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak saat sedang berada di luar kelas. Bahkan pihak sekolah sendiri tidak menerapkan pemeriksaan suhu tubuh saat para siswa masuk sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate, Ibrahim Muhammad menjelaskan, pembukaan sekolah yang dilakukan berdasarkan rekomendasi dari gugus tugas Kota Ternate, atas petunjuk regulasi dari pemerintah pusat dimana Kota Ternate saat ini sudah masuk dalam zona kuning dari pandemi covid- 19.

“Kami berharap semua sekolah mematuhi penerapan protokol kesehatan secara ketat, semua kepala sekolah mematuhi itu, termasuk meminta persetujuan dari orang tua siswa terhadap anaknya, agar semua siswa dan seluruh keluarga sekolah terhindar dari covid- 19. Secara umum kita buka tetapi mulai hari ini dan dua hari kedepan dari hasil pantau jika ada sekolah yang tidak tertip maka saya bisa mengambil langkah kembali menutup sekolah itu dan belajar mengajar kita kembalikan ke baljar jarak jauh,” tegasnya.

Sementara itu, Satuan Gugus Tugas covid- 19 Kota Ternate, sangat menyayangkan masih terdapat adanya sekolah yang mengabaikan penerapan protokol kesehatan saat dilakukan peninjauan di sekolah. Padahal sebelumnya, pihak Satgas sendiri bersama pihak sekolah telah melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan sebelum dibukanya sekolah tatap muka.

Kondisi ini diharapkan pihak kepala sekolah dan guru agar kerjasama yang baik agar sehingga para siswa tidak mengabaikan protokol covid-19 selama siswa berada di lingkungan sekolah.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Suami Ungkap Pinangki Rahasiakan Pertemuan dengan Djoko Tjandra

AKBP Napitupulu Yogi Yusuf mengungkapkan bahwa istrinya, jaksa Pinangki Sirna Malasari, merahasiakan pertemuannya dengan Djoko Tjandra.

NASIONAL | 16 November 2020

Pencopotan Kapolda Metro Jaya dan Jabar Disebut Bentuk Ketegasan Kapolri

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry menyebut pergantian Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat (Jabar), bentuk ketegasan Kapolri.

NASIONAL | 16 November 2020

Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Sumut Meningkat

Menurut Whiko Irwan, angka kesembuhan tertanggal 15-16 November 2020, sebesar 81,84 persen meningkat 0,06 poin dibandingkan minggu sebelumnya 81,78 persen.

NASIONAL | 16 November 2020

Kemdes PDTT Targetkan 10.000 Desa Tertinggal Jadi Desa Berkembang

Kemdes PDTT telah menetapkan target capaian yakni 5.000 desa berkembang menjadi mandiri dan 10.000 desa tertinggal menjadi berkembang.

NASIONAL | 16 November 2020

Kabareskrim: Tegakkan Hukum Pada Pelanggar Protokol Kesehatan

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi yang dinilai abai dalam melaksanakan perintah pimpinan terkait kerumunan massa

NASIONAL | 16 November 2020

Kemdagri Minta Pemkab Manggarai Barat Tindak Tegas Pelanggar Prokes

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Adwinistrasi Kewilayahan (Bina Adwil) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menindak tegas pelanggar protokol kesehatan.

NASIONAL | 16 November 2020

Copot Kapolda Metro dan Jabar, Kapolri Juga Ganti 6 Kapolda Lain

Total ada delapan Kapolda yang diganti sesuai dengan ST/3222/XI/KEP/2020 yang ditandatangani Asisten SDM Irjen Yudi Hermawan.

NASIONAL | 16 November 2020

Menangi Pilkada Surabaya, Eri-Armuji Akan Mantapkan Seluruh Capaian Risma

Puti Guntur Soekarno ingin memastikan kemenangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut 1, Eri Cahyadi-Armuji.

NASIONAL | 16 November 2020

7.784 Nakes di Bengkulu Diprioritaskan Vaksinasi Covid-19

Meski jatah vaksin Covid-19 untuk Bengkulu, sampai kini belum jelas dari Kemkes, tapi nakes yang kita prioritaskan mendapatkan vaksinasi.

NASIONAL | 16 November 2020

Jokowi: Keselamatan Rakyat Menjadi Hukum Tertinggi

Perintah tersebut dinyatakan Jokowi menyusul adanya kegiatan yang dilakukan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab yang mengundang kerumunan massa.

NASIONAL | 16 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS