Media yang Bebas dan Bertanggung Jawab Kunci Lawan Covid-19
Logo BeritaSatu

Media yang Bebas dan Bertanggung Jawab Kunci Lawan Covid-19

Kamis, 19 November 2020 | 22:19 WIB
Oleh : Zumrotul Muslimin / ZTM

Jakarta, Beritasatu.com - Selain mewujudkan sebuah demokrasi yang efektif, kebebasan media juga sangat diperlukan untuk menekan jumlah korban selama pandemi Covid-19.

Hal ini terungkap dalam Konferensi Global Kebebasan Media yang diselenggarakan secara virtual oleh Kanada dan Botswana. Dalam konferensi ini, ada tiga hal yang bisa dilakukan media.

Pertama, media berperan sebagai “pengawas” dari jalannya pemerintahan, menganalisa, mengevaluasi, dan menginformasikan kepada publik tentang tugas, tantangan dan langkah yang diambil pemerintah mengatasi pandemi. Untuk memainkan peran ini, media harus diberikan kebebasan agar masyarakat percaya terhadap pemberitaan sebuah media.

Kedua, media mengemban tanggung jawab publik yang tinggi terhadap kesehatan masyarakat, media bertugas memberikan pesan dan mendukung praktik kesehatan publik yang akan menyelamatkan nyawa.

Ketiga, ketika pada akhirnya vaksin Covid-19 siap didistribusikan, media harus berusaha dan waspada terhadap informasi yang salah, agar terhindar dari clickbait yang menyesatkan hingga dengan sengaja menyebar berita palsu.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan kebebasan media adalah sumber kehidupan demokrasi dan melindungi hak asasi manusia.

"Media yang bebas, mandiri, dan bertanggung jawab adalah senjata ampuh memerangi Covid-19. Selama pandemi ini, kebebasan media adalah pondasi penting untuk keberhasilan kampanye kesehatan dan keselamatan publik," ungkap Jenkins.

Inggris, menurut Jenkins, tetap berkomitmen bekerja sama dengan Indonesia mempertahankan kebebasan media dan meningkatkan keselamatan jurnalis. Dia berharap segera menggelar serangkaian kegiatan Webinar yang membahas topik-topik utama, seperti bagaimana media mendukung langkah kesehatan masyarakat dan peluncuran vaksin.

"Inggris, sebagai pelopor konferensi Kebebasan Media Global pertama di dunia tahun lalu dan menduduki posisi sebagai pemimpin Koalisi Kebebasan Media bersama Kanada, telah menyoroti isu kebebasan media di masa pandemi selama Konferensi Global Kebebasan Media yang diadakan pada 16 November lalu," ujar Jenkins.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Fahri Hamzah: Isu Politik Dinasti Sengaja Diembuskan Rival Bobby Nasution

Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah, menyebutkan isu politik dinasti itu sengaja diembuskan rival Bobby Nasution di Pilwalkot Medan.

NASIONAL | 19 November 2020

Berinovasi, Solusi Menjawab Tantangan Pandemi Covid-19

pada kondisi penuh ketidakpastian, inovator atau wirausahawan harus terpanggil untuk ikut serta dalam mengatasi perubahan situasi yang tidak hanya cepat namun juga kompleks

NASIONAL | 19 November 2020

Nadiem Luncurkan Bantuan Subsidi Upah untuk Guru Non-PNS

Mendikbud ‚ÄčNadiem Makarim meluncurkan subsidi upah untuk membantu ujung tombak pendidikan yang telah berjasa di masa pandemi Covid-19.

NASIONAL | 19 November 2020

Wagub Sumut Turun Tangan Kampanye Bobby-Aulia

Musa Rajekshah sengaja mengajukan cuti, mulai Kamis (19/11/2020) hingga Sabtu (21/11/2020), khusus untuk mengampanyekan Bobby Nasution - Aulia Rachman.

NASIONAL | 19 November 2020

Peringati GIM, Perpustakaan PIP Semarang Bagikan Cendera Mata

Perpustakaan PIP Semarang selalu mendorong para taruna taruni dan semua civitas academica untuk gemar membaca.

NASIONAL | 19 November 2020

Hakim Ultimatum 2 Eks Sespri Irjen Napoleon Lantaran Ubah Keterangan di BAP

Dalam BAP Fransiscus menyebut Prasetijo menemui Napoleon dengan membawa paper bag pada 28 April 2020.

NASIONAL | 19 November 2020

Pemerintah Terus Dukung Wirausahawan Usaha Mikro

Program bantuan presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) senilai Rp 2,4 juta kepada pelaku UMKM memberi hasil positif untuk mempertahankan bahkan mengembangkan usaha para pelakunya

NASIONAL | 19 November 2020

Identitas Jasad Ditemukan Tercor di Rumah Kontrakan Terungkap

Pada tubuh korban ditemukan sejumlah luka, antara lain cedera memar di dada serta sejumlah gigi rontok akibat pukulan benda tumpul.

NASIONAL | 19 November 2020

Warga Depok Geger Ditemukan Mayat Tercor di Rumah Kontrakan

Penemuan mayat ini pertama kali ditemukan sang pemilik kontrakan yang curiga melihat ubin kamar berbeda warna.

NASIONAL | 19 November 2020

Usut Pelanggaran Protokol Kesehatan, Polri: Bentuk Kehadiran Polisi

Mabes Polri menegaskan jika urusan penegakan protokol kesehatan Covid-19 bukan hanya urusan pemerintah daerah.

NASIONAL | 19 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS