Tinjau Venue PON XXI 2024 di Sumut, Ini Pesan Menpora

Tinjau Venue PON XXI 2024 di Sumut, Ini Pesan Menpora

Sabtu, 21 November 2020 | 18:13 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Medan, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap pembangunan Sumatera Utara (Sumut) Sport Center sebagai venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 memperhatikan segi pemeliharaan pasca penyelenggaraan PON.

"Semangat dari Pemprov Sumut tentu kita apresiasi. Kempora mengapresiasi apa yang disiapkan dengan sungguh-sungguh oleh Pemprov Sumut dan sekaligus antisipasi pemeliharaan pasca PON-nya sudah disiapkan juga," kata Zainudin saat meninjau pembangunan Sumut Sport Center di Deli Serdang, Jumat (20/11/2020).

Zainudin mengingatkan, satu masalah yang sering kali muncul setelah penyelenggaraan PON yakni pemeliharaan fasilitas. Fasilitas yang sudah dibiayai triliunan dari APBD dan APBN kurang terurus dengan baik.

"Karena memang pembiayaan maintenance ini mahal. Sehingga, daerah dituntut harus ada inovasi dan kreasi untuk membiayai itu, supaya tetap hidup. Di beberapa tempat, banyak terlantar venue dan penginapan atlet yang sebelumnya digunakan untuk PON, selanjutnya menjadi beban daerah. Saya ingatkan Pemprov Sumut dan Aceh agar diantasipasi dan disiapkan lebih awal," kata Zainudin.

"Alhamdulillah, tadi gambarannya Sumut Sport Center ini juga sudah didampingi oleh area-area komersial terpadu, yang tentu bisa mensubsidi dalam rangka maintenance fasilitas pasca PON nanti. Seperti, rumah sakit kelas internasional yang justru bisa menghasilkan devisa karena mengurangi pengeluaran devisa yang sebelumnya terpakai untuk ke RS negara tetangga," katanya.

Menpora menjelaskan pemeliharaan venue harus didesain sejak awal.

"Sebab, semangat awal menuju even luar biasa tetapi setelah itu biasanya terlantar. Area seluas 300 ha bukan area kecil. Komplek Olahraga di GBK Jakarta saja kurang lebih hanya 120 ha," kata Zainudin.

Kadispora Sumut Bahar Siagian menjelaskan, Sumut Sport Center akan dibangun di area seluas 300 ha di Desa Sena, Batang Kuis, Deli Serdang. Venue ini akan menjadi ikon kebanggaan Sumut yang ke-4.

Konsep Sumut Sport Center, lanjut Bahar, akan terbagi menjadi tiga zona. Zona pertama adalah zona olahraga yang meliputi venue yang mengelilingi stadion utama. Kedua adalah zona penunjang di mana masyarakat bisa berekreasi. Zona ini akan menghadirkan plaza, teater boulevard, masjid dan area bermain.

"Zona terakhir yakni zona komersial yang akan dibangun tempat meeting, convention hall dan exhibition hall, mall, hotel dan RS internasional," ujar Bahar.

"Kenapa kita bagi beberapa zona, kita berkaca dari daerah lain yang membangun kawasan olahraga untuk eventnasional dan internasional tapi setelahnya mati suri tidak terawat karena biaya perawatannya tinggi," tegasnya.

Untuk itu, tambah Bahar, zona komersial dan pendukung lainnya bisa berkontrisbusi untuk merawat semua venue yang ada yang juga sudah terakomodir untuk NPC atau untuk atlet berkebutuhan khusus.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

FPB Dorong Aparat Tegas kepada Kelompok Radikal Ancam Persatuan Bangsa

Ketua Umum FPB Ades Kariadi mendorong pangdam dan kapolda seluruh Indonesia kompak mengawal wilayahnya dari upaya kelompok radikal pemecah belah rakyat.

NASIONAL | 21 November 2020

Kemdagri: FPI Ormas Tidak Terdaftar

Kapuspen Kemdagri Benni Irwan mengemukakan Front Pembela Islam (FPI) sebagai organisasi massa (ormas) yang tidak terdaftar di Kemdagri.

NASIONAL | 21 November 2020

Polda Jawa Barat Tegaskan Tidak Izinkan Acara Pemicu Kerumunan

Polda Jawa Barat menegaskan tak bakal mengizinkan acara yang menyebabkan kerumunan.

NASIONAL | 21 November 2020

Peran Orang Tua Penting dalam Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

Menurut Mendagri Tito Karnavian, orang tua memegang peran penting dalam mengajarkan anaknya disiplin menerapkan protokol kesehatan.

NASIONAL | 21 November 2020

Jadi Pencontohan Pulau Wisata, Lanjukang Dilengkapi Berbagai Fasilitas

Pemerintah berharap, dengan pembenahan ini makin banyak wisatawan datang ke Lanjukang, sehingga dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga sekitar.

NASIONAL | 21 November 2020

Sekolah Dibuka 2021, Mendagri Minta Sosialisasi Protokol Kesehatan Masif

Mendagri meminta agar diskominfo dan humas dari setiap daerah untuk mengedukasi orang tua agar anak-anaknya patuh terhadap protokol kesehatan.

NASIONAL | 21 November 2020

Sejumlah Pejabat Pemkab Teluk Wondama Terpapar Covid-19

Sejumlah pejabat pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, terkonfirmasi positif Covid-19 dan satu di antaranya meninggal dunia.

NASIONAL | 21 November 2020

Keterbukaan Informasi Cegah Eksklusifisme dan Intoleransi

Keterbukaan informasi mencegah eksklusifisme, prasangka, intoleransi dan sikap radikalisme.

NASIONAL | 21 November 2020

Panglima TNI: Media Sosial Dijadikan Media Propaganda

Aksi separatisme tidak hanya berupa pemberontakan bersenjata, tetapi sudah berkembang melalui kampanye internasional.

NASIONAL | 21 November 2020

Pedagang Makanan Keliling Picu Klaster Baru Covid-19 di Yogyakarta

Satu keluarga pedagang makanan keliling menjadi pemicu klaster Covid-19 baru di Yogyakarta.

NASIONAL | 21 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS