Dinas TPH Sumut Distribusikan Bantuan Alat Pertanian ke Kabupaten dan Kota
Logo BeritaSatu

Dinas TPH Sumut Distribusikan Bantuan Alat Pertanian ke Kabupaten dan Kota

Senin, 23 November 2020 | 14:36 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / JEM

Medan, Beritasatu.com - Pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumatera Utara (Sumut) mendistrsibusikan paket bantuan alat pertanian yang bersumber dari dana refocusing APBD Sumut Tahun Anggaran 2020 Tahap II pada minggu ini.

"Bantuan alat pertanian akan didistribusikan mulai Minggu depan karena berkas persyaratan administrasinya telah selesai diproses," ungkap Kepala Dinas TPH Sumut, Dahler Lubis, Senin (23/11/2020) malam.

Dikemukakan, bantuan alat pertanian dimaksud berupa cangkul, garu, parang, kereta sorong (angkong), hand sprayer, perangkap lalat buah, dan likat kuning dengan jumlah mencapai puluhan ribu unit yang akan dibagikan kepada 32 Dinas Pertanian kabupaten/kota di wilayah Sumut. Khusus bantuan alat pertanian, pihaknya menyerahkannya kepada pihak Dinas Pertanian setempat untuk kemudian dibagikan kepada para petani.

"Kita hanya mendistribusikan bantuan alat pertanian ke Dinas Pertanian kabupaten/kota. Selanjutnya, pihak Dinas Pertanian setempat yang membagikannya ke para petani," tuturnya.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas TPH Sumut, Jonni Akim Purba, yang dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp, menyatakan, sebanyak 16 ribu cangkul, 7.000 garu, 6.000 parang, 1.181 kereta sorong, 1.200 unit hand sprayer, 14.286 unit perangkap lalat buah dan 35.788 unit likat kuning, mulai didistribusikan ke 32 kabupaten/kota, Senin (23/11/2020).

Dijelaskannya, penerima cangkul terbanyak berasal dari Kabupaten Mandailing Natal dengan jumlah mencapai 900 unit serta terkecil di Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunung Sitoli, masing-masing sebanyak 250 unit.

Begitu juga untuk garu, Kabupaten Madina mendapatkan bantuan sebanyak 500 unit, serta terkecil diterima Kota Binjai, Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Padangsidimpuan, Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan dengan 100 unit.

"Minggu ini pemberkasan sebagai syarat administrasi telah selesai dikerjakan, sehingga mulai hari Senin (23 Nopember 2020, red), sudah kita distribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara," paparnya.

Sementara, Kepala Bidang Pangan Dinas TPH Sumut, Juwaeni, membenarkan gencarnya pendistribusian paket bantuan benih jagung berikut pupuk ke kabupaten/kota penerima. Menurutnya, beberapa tim kecil beranggotakan minimal dua staf bidang pangan disebar untuk melakukan pendistribusian.

"Kemarin (Kamis, 19 Nopember 2020), kita mendistribusikan pupuk NPK ke wilayah Kabupaten Serdangbedagai. Sebelumnya, bantuan juga telah didistribusikan ke wilayah Tanah Karo dan Langkat," ujarnya melalui aplikasi WhatsApp.

Hal senada dikatakan Kepala Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Bahruddin Siregar. Dalam hal pendistribusian bibit bawang merah dan cabai merah berikut saprodi, pihaknya hanya menyisakan beberapa kabupaten yang jaraknya berdekatan dengan Kota Medan.

"Untuk kabupaten/kota yang jaraknya jauh dari Kota Medan, seperti wilayah Kepulauan Nias dan Kabupaten Madina, bantuan sudah disalurkan," tukasnya, usai Sholat Jumat di Masjid Azhar Dinas TPH Sumut.

Bahruddin mengklaim, pada Jumat (20/11/2020), tim kecil Bidang Hortikultura juga mendistribusikan paket bantuan bawang merah ke Kabupaten Tapsel dan cabai merah ke wilayah Langkat.

"Tim yang mendistribusikan paket bantuan bawang merah ke Tapsel itu, sebelumnya telah ke Humbang Hasundutan, Mandailing Natal dan Sidimpuan. Jadi, sekalian jalan mengarah pulang ke Medan," sebutnya.

Distribusi juga dilakukan pada paket bantuan bibit cabai merah ke Kabupaten Simalungun dan Langkat. Kepala Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adly, yang mendistribusikan paket bantuan cabai merah di dua kabupaten tersebut membenarkannya.

Di Kabupaten Simalungun, pihaknya menyerahkan 120 sachet bibit cabai merah, 30 ton pupuk organik, 250 gulung mulsa, 1,5 ton NPK, 100 liter pupuk hayati cair dan 50 alat perangkap hama untuk lima poktan di empat kecamatan.

Lima poktan dimaksud, yakni Jandi Raya Desa Raya Haluan kecamatan Dolok Masagal, Poktan Sabar Tani Desa Purba Dolok dan Poktan Bayu Tongah Desa Purba Tongah di Kecamatan Purba, Poktan Sariah Desa Saran Padang Kecamatan Dolok Silau dan Poktan Lega Hati Desa purbatua Etek Kecamatan Silimakuta.

"Paket bantuan cabai merah di Kabupaten Simalungun untuk areal pertanaman seluas 10 hektar," paparnya.

Untuk Kabupaten Langkat, Adly mengaku mendistribusikannya ke Poktan Subur Tani Desa Mekar Jaya Kecamatan Wampu, Poktan Sinar Tani Desa Tanjung Jati, Poktan Bina Tani Desa Sambirejo, dan Poktan Tunas Baru Desa Kwala Begumit di Kecamatan Binjai, serta Poktan Sumber Tani Desa Harapan Jaya Kecamatan Sei Lepan.

"Di Kabupaten Langkat, paket bantuan untuk areal seluas lima hektar, terdiri atas 60 sachet bibit cabai merah, 15 ton pupuk organik dan 125 gulung mulsa, 750 kilogram NPK, 50 liter pupuk hayati cair dan 25 alat perangkap hama," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

12 Petugas KPPS di Jambi Positif Covid-19

Belum ditambah sedikitnya 119 orang petugas KPPS di Provinsi Jambi yang sudah menjalani rapid test (tes cepat) Covid-19 pekan lalu dinyatakan reaktif.

NASIONAL | 23 November 2020

Buka Rakernas X PMKRI, Jokowi: Jangan Biarkan Upaya Rusak Toleransi Antarsuku, Ras, dan Agama

Menurut Jokowi, PMKRI telah berpartisipasi aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui berbagai aktivitasnya.

NASIONAL | 23 November 2020

Ketua Satgas Imbau Massa Kerumunan Rizieq Lakukan Tes Swab Gratis

Doni Monardo mengimbau massa berada dalam kerumunan Rizieq Syihab agar melakukan test swab gratis.

NASIONAL | 23 November 2020

Hakim Putuskan Lanjutkan Sidang Irjen Napoleon

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta memutuskan tidak menerima eksepsi atau nota keberatan mantan Kadiv Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte.

NASIONAL | 23 November 2020

Pakar: Intelijen Kejagung Miliki Peran Amankan Pembangunan Strategis di Indonesia

Fungsi inteligen dalam konteks Kejaksaan Agung mencegah dini, mendeteksi dini dari ancaman terhadap proyek strategis.

NASIONAL | 23 November 2020

Reuni Smandu 90 Ambon Pecahkan Rekor Muri Penanaman Pohon Terbanyak

Penanaman 5.530 mangrove digelar dalam teuni SMA Negeri 2 Ambon dalam rangka hari pohon sedunia, di Pantai Desa Waiheru di Kota Ambon, pada Sabtu (21/11/2020).

NASIONAL | 23 November 2020

TPDI: Presiden Dapat Berhentikan Kepala Daerah Tanpa Proses Politik di DPRD

Secara hukum pemerintah pusat atau presiden dapat memberhentikan kepala daerah yang melanggar sumpah jabatannya.

NASIONAL | 23 November 2020

Jalan Penghubung Tiga Kabupaten di Sumut Amblas Akibat Longsor

Jalan penghubung milik pemerintah provinsi ini amblas akibat tingginya curah hujan di Kecamatan STM Hulu dengan Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang.

NASIONAL | 23 November 2020

Kota Malang Siap Berlakukan Sekolah Tatap Muka

Ada pembatasan siswa secara bergiliran atau sistem separuh kelas.

NASIONAL | 23 November 2020

Presiden Minta Cuti Bersama Akhir Tahun Dikurangi

Presiden Jokowi meminta agar masa berlaku cuti bersama pada akhir tahun dikurangi.

NASIONAL | 23 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS