5 Irjen Berpeluang Jadi Kepala BNN
Logo BeritaSatu

5 Irjen Berpeluang Jadi Kepala BNN

Rabu, 25 November 2020 | 16:57 WIB
Oleh : Gardi Gazarin / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Presidium IPW Neta S Pane menyebutkan sedikitnya ada lima jenderal bintang dua berpangkat Irjen yang akan bersaing ketat menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Heru Winarko yang pensiun pada 1 Desember 2020.

Mereka adalah Kapolda Riau Irjen Agung Setya, Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil, mantan Kapolda Bali Petrus Golose, Korsahli Kapolri Irjen Nana, dan Kapolda Jabar Irjen Dofiri.

"IPW melihat, persaingan ketat kelima jenderal ini untuk menjadi Kepala BNN tak terlepas dari makin riuhnya bursa Kapolri seiring akan pensiunnya Kapolri Idham Azis pada akhir Januari 2021" ujar Neta kepada Beritasatu.com, Rabu (25/11/2020).

Menurut Neta di antara syarat untuk bisa masuk dalam bursa calon Kapolri adalah harus menjadi jenderal bintang tiga (Komjen), dan menjadi Kepala BNN merupakan salah satu tangga untuk masuk dalam bursa pencalonan Kapolri.

Dalam waktu dekat akan ada dua posisi Komjen yang pensiun. Yakni Komjen Heru Winarko kelahiran Jakarta, 1 Desember 1962. Heru adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 1 Maret 2018 memegang jabatan sebagai Kepala BNN.

Lalu Komjen Didid Widjanardi kelahiran Surakarta 14 Januari 1963. Didid adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 3 Maret 2020 memegang jabatan sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional.

"Seiring akan pensiunnya Heru diperkirakan pada akhir pekan ini Polri akan kembali melakukan mutasi besar," kata Neta.

Gerbong rotasi ini adalah tahap pertama untuk menyongsong suksesi Kapolri di akhir Januari 2021.Diperkirakan gerbong rotasi kedua akan terjadi di Minggu pertama Januari.

Dalam gerbong rotasi pertama akan ada lima jenderal bintang dua yang akan bersaing ketat untuk masuk menjadi Kepala BNN.

Dari lima jenderal bintang dua itu, IPW melihat hanya ada dua jenderal yang paling kuat sebagai calon Kepala BNN, yakni Irjen Agung Setya dan Irjen Petrus Golose. Agung adalah nama baru dalam bursa calon jenderal bintang tiga di Polri. Namanya muncul setelah Presiden Jokowi tertarik dengan program kerjanya selama menjadi Kapolda Riau.

Sedangkan Petrus Golose adalah Kapolda paling lama menjabat dalam sejarah Polri. Petrus menjabat selama empat tahun lebih menjadi Kapolda Bali. Beberapa waktu lalu Petrus dimutasi dalam rangka persiapan jabatan di luar Polri. Namanya sempat disebut-sebut sebagai calon kuat Kepala BNPT namun dia kalah bersaing dengan teman satu angkatannya, Boy Rafli.

Tampilnya jenderal bintang dua menjadi Kepala BNN di awal Desember ini tentu memunculkan persaingan baru dalam bursa calon Kapolri.

Selama ini dari 14 jenderal bintang tiga di Polri, IPW melihat hanya ada empat jenderal bintang tiga yang menjadi calon kuat untuk masuk bursa kapolri.

Mereka adalah Wakapolri Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Agus Andrianto, dan Kepala BNPT Boy Rafli Amar.

"Jika 1 Desember nanti ada jenderal bintang dua yang masuk menjadi Kepala BNN, yang bersangkutan diperkirakan juga bakal meramaikan bursa calon Kapolri," pungkas Neta.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jateng Jadi Provinsi Terbaik Keterbukaan Informasi Publik

Provinsi Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi paling informatif nasional, setelah meraih penghargaan keterbukaan informasi publik 2020, Rabu (25/11/2020).

NASIONAL | 25 November 2020

Jateng Dapat Alokasi 21 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menerima 21.525.000 dosis vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat.

NASIONAL | 25 November 2020

Petugas Pilkada di Jambi Terpapar Covid-19 Terus Bertambah

Dikatakan, pihaknya akan segera melakukan penggantian seluruh petugas KPPS yang dinyatakan positif Covid-19 di daerah tersebut.

NASIONAL | 25 November 2020

API Apresiasi Jaksa Agung Tuntaskan Berkas Kasus Impor Tekstil

Kejaksaan Agung telah melimpahkan berkas lima orang tersangka kasus dugaan korupsi importasi tekstil ke Pengadilan Tipikor Jakarta.

NASIONAL | 25 November 2020

Ribuan Alat Pertanian Dibagikan ke Petani di Sumatera Utara

Heru mengaku masih berada di Kabupaten Asahan untuk mendistribusikan paket bantuan alat pertanian tersebut, setelah dari Kabupaten Batu Bara.

NASIONAL | 25 November 2020

Sekolah di Kota Jambi Siap Laksanakan KBM Tatap Muka

Seluruh sekolah di Kota Jambi siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka mulai Januari 2021.

NASIONAL | 25 November 2020

PTPN III Lakukan Transformasi Strategis dengan Program Prioritas

"Inilah peran yang akan terus kami emban sebagai BUMN," kata Imelda.

NASIONAL | 25 November 2020

Bobby Nasution Siapkan Konsep Strategis Tingkatkan Iklim Investasi di Medan

Konsep yang dipersiapkan ini merupakan bagian dari program visi dan misi pasangan Bobby - Aulia untuk membangun Kota Medan.

NASIONAL | 25 November 2020

Nikmati Sate Kupak, Bobby Berbaur dengan Warga Kecil

“Aku suka sekali dengan Om Bobby Nasution, setelah diberitahu tentang Om Bobby,” ucap Ayu.

NASIONAL | 25 November 2020

Puan Berharap Pengangkatan 1 Juta Guru Terealisasi 2021

Ketua DPR, Puan Maharani, berharap pengangkatan satu juta guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat terealisasi pada 2021.

NASIONAL | 25 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS