Bangun Sikap Adaptif dan Inovatif, YPA-MDR Selenggarakan Forum Komunikasi Sekolah Binaan
Logo BeritaSatu

Bangun Sikap Adaptif dan Inovatif, YPA-MDR Selenggarakan Forum Komunikasi Sekolah Binaan

Rabu, 25 November 2020 | 21:47 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam nuansa Hari Guru Nasional yang diperingati pada 25 November seraya tindak nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim (YPA-MDR) menyelenggarakan Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) ke- VII dengan mengusung tema “Bangun Sikap Adaptif dan Inovatif, Hadapi Era Disruptif, Siapkan Generasi Cerdas” pada 24-25 November 2020.

Berbeda dengan tahun lalu, acara kali ini diselenggarkan secara virtual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Seiring dengan bertambahnya daerah binaan YPA-MDR dan mengingat situasi dan kondisi global yang dinamis maka sikap adaptif dan inovatif menjadi penting.

Untuk itu Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) sangat perlu dan penting untuk diselenggarakan demi terjalin komunikasi dua arah dalam meningkatkan sinergi yang baik antara YPA-MDR, pemerintah, dan sekolah.

Ketua Pengurus YPA-MDR , Herawati Prasetyo mengatakan, “Menapaki tahun ketujuh, kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah dan forum untuk mendorong peningkatan kualitas dan prestasi sekolah binaan sehingga kemajuan pendidikan di suatu wilayah menjadi bechmark atau model di wilayah yang lainnya bahkan di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) dan pada gilirannya menjadi 'Sekolah Kebangggaan Bangsa'."

“Pada kesempatan ini juga kita akan melakukan evaluasi pencapaian terhadap komitmen sekolah binaan yang telah dibuat tahun lalu dan juga pemaparan Komitmen yang akan dilakukan oleh sekolah binaan di tahun 2021," tambahnya.

Komitmen tersebut, papar Herawati, merupakan tanggung jawab sekolah yang harus dicapai selama satu tahun ke depan, sehingga harus disusun dan diimplementasikan dengan benar dan dapat didukung juga oleh pemerintah daerah dan komite sekolah binaan.

"Harapan kami, seluruh komitmen tersebut dapat meningkatkan kinerja, reputasi dan prestasi sekolah binaan sekaligus pencapaian prestasi pemerintah daerah di dunia pendidikan,” ungkapnya.

Dalam acara ini YPA-MDR menghadirkan berbagai narasumber inspiratif yaitu keynote speech dari Koordinator Hukum, Tatalaksana dan Kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Suhartono Arham, Henny Supolo selaku ketua dewan pengurus Yayasan Cahaya Guru, dan pegiat seni dan kependidikan Dian Sastrowardoyo.

Pada kesempatan yang sama, YPA-MDR juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada sekolah binaan di antaranya Kepala Sekolah Inspiratif, Guru Inspiratif, Siswa Inspiratif, Implementasi Webinar Terbaik, Sekolah dengan K3 Terbaik, Komite Sekolah Produktif, dan Rumah Pintar serta Juara Umum Sekolah Binaan.

Kategori Juara umum diberikan oleh YPA-MDR kepada Sekolah Binaan memenuhi semua aspek dalam pilar pembinaan yang dilakukan.

YPA-MDR mengajak semua pihak yang terkait untuk turut mewujudkan generasi muda yang mandiri dan mampu membangun daerahnya. Sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara” sebagaimana cita-cita para pendiri Astra yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mendikbud: Pembukaan Sekolah Tatap Muka Harus Keputusan Bersama

Mendikbud menjelaskan keputusan untuk membuka sekolah tatap muka harus mendapatkan keputusan bersama dari pemerintah daerah, kepala sekolah dan Komite Sekolah.

NASIONAL | 25 November 2020

Guru Honorer Sahril Mengabdi 10 Tahun dengan Gaji Rp 200.000/Bulan

Sahril Jalil tak patah arang dan tetap semangat menjalankan tugasnya, meski berpenghasilan Rp 200 ribu per bulan.

NASIONAL | 25 November 2020

Tak Terima Gaji, Guru Honorer di Bekasi Berdagang Makanan Siap Saji

Guru tersebut bernama Fahria Zulfa, guru honorer TK RA Attaqwa 33, Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

NASIONAL | 25 November 2020

Di WEF, Jokowi Tegaskan Komitmen RI akan Perubahan Iklim

Presiden Jokowi secara terbuka mengungkapkan bahwa Indonesia terus berkomitmen untuk menuju ekonomi lebih hijau dan berkelanjutan.

NASIONAL | 25 November 2020

OTT Menteri Kelautan, ICW Ingatkan KPK Mitigasi Risiko Serangan Balik

KPK diingatkan terhadap risiko serangan balik dari operasi tangkap tangan tersebut.

NASIONAL | 25 November 2020

Presiden Jokowi Serahkan DIPA Kempupera 2021 Sebesar Rp 149,81 T

Kempupera menerima Pagu Anggaran Tahun 2021 sebesar Rp 149,81 triliun atau bertambah Rp 34,23 triliun dari pagu indikatif Tahun Anggaran 2021.

NASIONAL | 25 November 2020

Pengamat: OTT Menteri Kelautan, Prestasi KPK

OTT KPK terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dipandang sebagai satu prestasi besar dari KPK.

NASIONAL | 25 November 2020

Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19 Perlu Persiapan Matang

Rencana penerapan tatap muka di sekolah memerlukan persiapan yang matang dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

NASIONAL | 25 November 2020

Anita Ungkap Djoko Tjandra Marah dengan Action Plan Pinangki

Anita menyebut Djoko Tjandra marah dengan action plan yang diajukan Pinangki dan mantan politikus Nasdem Andi Irfan Jaya.

NASIONAL | 25 November 2020

Wings Air Ambil Alih Rute Kupang–Ruteng

Wing Air akhirnya mengambil alih rute Kupang-Ruteng yang ditinggal Trans Nusa. Maskapai yang terakhir ini berhenti beroperasi.

NASIONAL | 25 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS