Polda Banten Kerahkan 3.500 Personel Gabungan Amankan Pilkada Serentak
Logo BeritaSatu

Polda Banten Kerahkan 3.500 Personel Gabungan Amankan Pilkada Serentak

Rabu, 25 November 2020 | 23:05 WIB
Oleh : Laurens Dami / CAH

Serang, Beritasatu.com - Kepolisian Daerah (Polda) Banten mengerahkan sebanyak 3.500 personel gabungan untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Personel gabungan tersebut terdiri dari anggota Polri, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Ada tiga daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak, yang berada di bawah kewenangan Polda Banten dan Kodam III/Siliwangi yakni Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. Sedangkan Kota Tangerang Selatan berada di bawah kewenangan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, kerawanan pada perhelatan Pilkada mulai dari pelaksanaan proses pendaftaran, kampanye, pemungutan suara, sampai dengan penghitungan suara hingga penetapan calon. Sehingga pada setiap tahap proses tersebut harus dilakukan pengamanan dalam rangka mewujudkan pilkada yang aman kondusif dan tidak terjadi konflik antar pendukung.

“Semuanya kita lihat dari perkembangan situasi bahwa masih dalam situasi yang terkendali. Jadi kita akan menjaga stabilitas keamanan itu sesuai dengan tugas masing-masing,” kata Pangdam saat memimpin apel kesiapsiagaan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Alun-alun Kota Serang, Rabu (25/11/2020).

Pangdam, mengatakan sejauh ini pemerintah telah mengeluarkan anggaran besar untuk penanganan Covid-19. Dia berharap seluruh masyarakat maupun peserta Pilkada untuk menaati protokol kesehatan untuk mengurangi jumlah kasus Covid-19.

“Kalau sudah diingatkan tidak mengikuti, polisi, Satpol PP akan mengambil tindakan dan di-back up oleh TNI. Ya kita bubarian karena itu sudah melanggar protokol kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar menyampaikan gangguan paling rawan dalam perhelatan Pilkada tahun ini adalah kesehatan.

“Rawan terjadi kerumunan sehingga potensi penyebaran Covid-19 pada saat pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan suara sangat besar. Ancaman kita saat berhimpun menyaksikan perhitungan. Makanya masyarakat tunggu hasilnya di rumah saja,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Imani Janjikan Pemerataan Pembangunan di Supiori

Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre memastikan pemerataan pembangunan di Kabupaten Supiori, Papua.

NASIONAL | 25 November 2020

Ngabalin Ceritakan Detik-detik Penangkapan Menteri Edhy Prabowo

KPK melakukan OTT terhadap 17 orang termasuk Menteri KKP Edhy Prabowo dan istrinya Iis Rosita Dewi terkait dugaan kasus korupsi penetapan calon eksportir benih

NASIONAL | 25 November 2020

Menteri Agama: Perayaan Natal Dilakukan dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Menteri Agama Fachrul Razi mengingatkan rumah ibadah untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat ketika melangsungkan perayaan Natal.

NASIONAL | 25 November 2020

DEEP Dorong DKPP Segera Jadwalkan Sidang Etik KPU dan Bawaslu Ogan Ilir

DKPP diminta segera menuntaskan dan memproses seluruh aduan dugaan pelanggaran etik penyelenggara pemilu di Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

NASIONAL | 25 November 2020

Kemdikbud: Perguruan Tinggi Vokasi Hasilkan SDM Sesuai Kebutuhan Industri dan Dunia Usaha

Lulusan vokasi dibekali dengan sertifikat kompetensi yang akan menjadi modal ketika memasuki dunia kerja.

NASIONAL | 25 November 2020

Bawaslu Temukan 10 Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye di Medan

Dari 10 pelanggaran, 8 diantaranya dilakukan pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

NASIONAL | 25 November 2020

LAN Raih Predikat Badan Publik Informatif 2020

LAN meraih predikat sebagai Badan Publik dengan kualifikasi "informatif" yang merupakan pencapaian tertinggi dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik

NASIONAL | 25 November 2020

Beras Sejahtera dan RLH Jadi Program Primadona Imani di Pilbup Supiori

Program Rastra dan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) kembali jadi perhatian pasangan calon Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre di Pilbup Supiori.

NASIONAL | 25 November 2020

Bangun Sikap Adaptif dan Inovatif, YPA-MDR Selenggarakan Forum Komunikasi Sekolah Binaan

YPA-MDR menyelenggarakan FKSB ke-VII dengan mengusung tema “Bangun Sikap Adaptif dan Inovatif, Hadapi Era Disruptif, Siapkan Generasi Cerdas”.

NASIONAL | 25 November 2020

Mendikbud: Pembukaan Sekolah Tatap Muka Harus Keputusan Bersama

Mendikbud menjelaskan keputusan untuk membuka sekolah tatap muka harus mendapatkan keputusan bersama dari pemerintah daerah, kepala sekolah dan Komite Sekolah.

NASIONAL | 25 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS