Ditjen Hubdat Terus Berupaya Tingkatkan Transportasi Jalan Berkeselamatan
Logo BeritaSatu

Ditjen Hubdat Terus Berupaya Tingkatkan Transportasi Jalan Berkeselamatan

Kamis, 26 November 2020 | 14:01 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Riau, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemhub) terus berupaya meningkatkan transportasi jalan yang berkeselamatan.

Hal ini ditunjukan dengan digelarnya Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPAJ) Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Tahun 2020 di Hotel Novotel, Riau, Rabu (25/11/2020).

Sesditjen Hubdat Marta Hardisarwono menjelaskan Ditjen Hubdat telah berkomitmen untuk melaksanakan pengelolaan dan penyelenggaraan transportasi darat yang tertib dan selamat melalui penegakan hukum yang modern, transparan, dan berintegritas. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas PPNS bidang LLAJ.

Marta mengatakan, rakernis ini menunjukkan adanya komitmen yang kuat dalam mendukung peran PPNS dalam menjawab tantangan yang semakin dinamis di lapangan.

“Seperti permasalahan strategis yang menyangkut restrukturisasi bidang hukum khususnya terkait implementasi Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ dimana diperlukannya paradigma baru dalam memandang penyelenggaraan transportasi darat,” jelas Marta dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Kamis (26/11/2020).

Berdasarkan UU 22/2009 tentang LLAJ, telah diatur ketentuan mengenai pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan dan penindakan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan yang memerlukan kejelasan penerapan di lapangan melalui pengaturan dalam peraturan pemerintah.

“Pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan pada dasarnya bertujuan untuk mendorong terciptanya kepatuhan dan budaya berlalu lintas, memastikan terpenuhinya persyaratan teknis dan persyaratan laik jalan kendaraan bermotor," kata Marta.

"Serta memastikan terpenuhinya kelengkapan dokumen registrasi dan identifikasi pengemudi dan kendaraan bermotor serta dokumen perizinan dan kelengkapan kendaraan bermotor angkutan umum, serta mendukung pengungkapan perkara tindak pidana,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Marta berharap dengan diadakannya rakernis ini dapat meningkatkan kinerja PPNS dalam rangka menyamakan visi, misi dan gerak serta langkah dalam melaksanakan amanat UU 22/2009.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Menpora Minta Lintasan Atletik NTB Direnovasi Agar Lahirkan Penerus Zohri

Menpora Zainudin Amali meminta agar lintasan atletik di Nusa Tenggara Barat (NTB) direnovasi untuk menghasilkan penerus pelari Lalu Muhammad Zohri.

NASIONAL | 26 November 2020

Belum Ada Petugas KPPS di Sumut Terkonfirmasi Covid-19

Herdensi menegaskan, KPU Sumut tetap melakukan pengawasan secara ketat terhadap petugas KPPS.

NASIONAL | 26 November 2020

Kejaksaan Sita Aset Mantan Kadis Kelautan dan Perikanan di Sulbar

Penyitaan dilakukan berkaitan dengan dugaan tindak pidana korupsi atas penyalahgunaan sewa ekskavator di DLH Pasangkayu pada 2017-2018.

NASIONAL | 26 November 2020

Pesta Pernikahan Langgar Protokol Kesehatan di Bengkulu Bakal Dibubarkan

"Sikap tegas ini kita lakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona di Bengkulu," kata Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno.

NASIONAL | 26 November 2020

Pemprov Bengkulu Berkerja Sama Unib Latih Relawan Nakes Tangani Pasien Covid-19

Pemprov Bengkulu telah mengalokasikan anggaran untuk pelatihan tenaga kesehatan di APBD Bengkulu tahun 2021.

NASIONAL | 26 November 2020

Ini Alasan KPK Melepas Istri Edhy Prabowo

KPK baru menemukan alat bukti untuk tujuh tersangka.

NASIONAL | 26 November 2020

Tahan Edhy Prabowo, KPK Ingatkan Sumpah Jabatan Menteri

Pejabat publik saat dilantik telah bersumpah di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

NASIONAL | 26 November 2020

TNI AD Gelar Latihan Tempur di Baturaja

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memantau langsung Lat Ancab Kartika Yudha 2020

NASIONAL | 26 November 2020

Olly Tekankan Pentingnya Pembangunan Kawasan Industri Mongondow

Olly menjelaskan, Kimong merupakan program yang sepenuhnya dipersembahkan untuk masyarakat Sulut dan generasi muda milenial.

NASIONAL | 26 November 2020

Agrowisata Kampung Susu Lawu Resmi Jadi Lokasi Wisata Baru di Magetan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan bersama Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa meresmikan destinasi wisata baru Agrowisata Kampung Susu Lawu (KSL), yang terletak di Dusun Singolangu Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Destinasi wisata tersebut diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar.

NASIONAL | 26 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS